Waduk Bajulmati: Raja Ampat ‘Wannabe’ di Perbatasan Banyuwangi-Situbondo

Jika kalian berwisata ke daerah Banyuwangi, apa tujuan wisata yang terlintas di pikiran kalian? Kawah Ijen, Pantai -pantai ata Taman Nasional Baluran? Jika kalian memikirkan Taman Nasional Baluran, maka tidak ada salahnya untuk mampir ke objek wisata yang satu ini. Tempat itu adalah Waduk Bajulmati.

Waduk Bajulmati terletak di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Situbondo, tepatnya di Watukebo, Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi. Pintu masuk waduk ini berada di pinggir jalan raya Situbondo – Banyuwangi. Jika kalian dari arah Situbondo maka pintu masuknya berada di kanan jalan, sekitar 3 km sebelum pintu masuk (kantor) TN Baluran. Sebaliknya jika dari arah Banayuwangi maka pintu masuknya berada di kiri jalan, sekitar 3 km sesudah pintu masuk (kantor) TN Baluran.

Biaya yang dikeluarkan untuk mengunjungi Waduk Bajulmati hanya biaya untuk kendaraannya saja, yakni Rp. 5.000,-/sepeda motor dan Rp. 10.000,-/mobil.

Di tempat ini terdapat sebuah pendopo dengan patung penari gandrung di atapnya. Ya cukup baguslah untuk spot foto. Tetapi spot foto yang paling bagus ada di waduknya itu sendiri. Disini kita bisa menikmati panorama waduk  yang di apit dengan bukit-bukit kecil, panorama Gunung Ijen, Merap dan Baluran juga bisa dilihat disini. Selain panorama-panorama tersebut, ada satu hal yang menurut saya unik yaitu gundukan tanah di tengah waduk yang mirip-mirip seperti pulau. Jika dilihat dari atas, maka akan terlihat seperti gugusan pulau di raja ampat. Mirip loh ya, tapi ya gak identik!

waduk bajulmati
View Gunung Baluran
waduk bajulmati
View yg seperti Raja Ampat :p

Oh iya, jika kalian sedang melakukan perjalanan ke Bali via Situbondo, tidak ada salahnya untuk mengunjungi Waduk Bajulmati ini.

Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi waduk ini adalah pagi dan sore hari, karena cuaca sudah tidak begitu panas. Jika berkunjung sore hari kalian juga bisa menikmati sunset disini.

Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa follow IG & Twitter kami di @myparadizee dan like fanspage kami @myparadizee (juga). Share artikel ini jika dirasa memberikan manfaat, terima kasih.

About Muhammad Iqbal Maulana

Sedikit mengeluh dan banyak berbagi. Untuk kepentingan kerjasama, buka halaman Kerjasama dan Review

View all posts by Muhammad Iqbal Maulana →

4 Comments on “Waduk Bajulmati: Raja Ampat ‘Wannabe’ di Perbatasan Banyuwangi-Situbondo”

  1. Waaaa kemaren gue lewat siniii. Cuma karena udah gak sabar banget ke Baluran jadinya bablas aja. Padahal ada rasa ingin mampir. Tapi yaudah lah yaaa.

    Ih keren banget kalau gersag gitu, malah jadi inget Sumbawa xD

  2. Masya Allah bagus bet tempatnya, boleh nih buat list2an kalau raja ampat yg ori belum kesampaian wkwk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *