Ternyata 4 Gunung Ini Kecil-kecil Cabe Rawit

Jangan menilai sesuatu hanya dari satu sudut pandang saja, hal ini juga berlaku di gunung. Jangan menilai gunung hanya dari ketinggiannya. Tinggi atau rendahnya gunung tidak selalu menjadi faktor apakah gunung itu sulit didaki atau tidak. Ada kok, gunung yang tidak terlalu tinggi (1000 Mdpl-an) tetapi mempunyai tingkat kesulitan trek yang tidak kalah dengan gunung-gunung yang tinggi (3000 Mdpl-an). Gunung yang seperti itu seperti cabe rawit. Berikut ini adalah daftar 4 gunung yang ternyata kecil-kecil cabe rawit:

1. Gunung Penanggungan (1657 Mdpl)

gunung penanggungan
Credit: batcaveminis.blogspot.com

Gunung ini mempunyai trek pendakian yang tidak mengenal kata mlipir alias hampir tidak ada bonus jalan datarnya. Di awal pendakian kita akan disambut dengan trek turunan, namun setelah itu tanjakan sudah melambai-lambai di depan mata. Trek dari puncak bayangan (tempat camp) ke puncak juga tidak kalah sulitnya dimana jalur pendakian berada pada vegetasi terbuka dengan kemiringan yang lumayan curam. Tanjakan dari puncak bayangan s/d puncak cukup menguras tenaga. Jika kondisi angin kencang atau treknya licin, kita perlu berhati-hati supaya tidak terpeleset.

Baca selengkapnya: Gunung Penanggungan (1657 Mdpl)

2. Gunung Kelud (1731 Mdpl) 

gunung kelud
View Jalur naga dan  Puncak Kelud

Di awal pendakia sampai pos 3 (tempat camp), trek pendakian terkesan biasa-biasa saja karena treknya mlipir menyusuri punggungan gunung. Trek yang sesungguhnya ialah trek dari pos 3 ke puncak/kawah. Dari pos 3, kita akan disambut turunan yang cukup curam. Kemudian kita kembali menyusuri punggungan gunung atau biasa disebut dengan jalur naga. Setelah menuyusuri jalur naga, kita akan dihadapkan dengan tanjakan curam dengan tebing berbatu. Nah tebih ini lah yang harus kita panjat untuk mencapai puncak Kelud.

Baca selengkapnya: Gunung Kelud (1731 Mdpl)

Baca juga: Catper: Bukan Gunung Gemes! Mt. Kelud (1731 Mdpl) Via Tulungrejo

3. Gunung Lemongan (1671 Mdpl) 

gunung lemongan
Credit: bolehtanya.com

Gunung ini mempunyai trek pendakian yang lumayan curam. Diperjalanan kita akan melewati ‘watu telek’ dan ‘tanjakan putus asa’. Watu telek ini berupa batuan vulkanik yang cukup luas tetapi hati-hati karena batuannya cukup tajam. Sedangkan di tanjakan putus asa ini  berupa tanjakan berpasir dan berbatu yang siap membuat para pendaki putus asa.

Baca selengkapnya: Gunung Lemongan Lumajang (1671 Mdpl)

4. Gunung Ringgit (1250 Mdpl) 

gunung ringgit
Credit: seniberjalan.com

Meskipun tingginya ‘cuma’ 1250 Mdpl, tetapi gunung ini tidak boleh diremehkan. Starting point pendakian gunung ini berada di ketinggian hampir <100 Mdpl. Di perjalanan menuju puncak kita akan dihadapkan dengan trek dengan kemiringan yang cukup curam dan bahakan ada yang mempunyai kemiringan 90 derajat.

Baca selengkapnya: Gunung Ringgit Situbondo (1250 Mdpl)

Itulah gunung-gunung yang menurut paradizee ‘kecil-kecil cabe rawit’. Jika kalian tertarik untuk mendakinya ya silahkan saja, tetapi capek ditanggung sendiri ya :p

Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa follow IG & Twitter kami di @myparadizee dan like fanspage kami @myparadizee (juga). Share artikel ini jika dirasa memberikan manfaat, terima kasih.

About Muhammad Iqbal Maulana

Sedikit mengeluh dan banyak berbagi. Untuk kepentingan kerjasama, buka halaman Kerjasama dan Review

View all posts by Muhammad Iqbal Maulana →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *