11 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Indah dan Wajib Kalian Kunjungi!

Banyuwangi merupakan sebuah kabupaten yang berada di Pulau Jawa, tepatnya berada dalam wilayah Provinsi Jawa Timur. Banyuwangi seringkali dikenal dengan sebutan ‘sunrise of java’ karena letaknya yang berada di ujung timur Pulau jawa dan berbatasan langsung dengan Selat Bali.

Kabupaten Banyuwangi menyimpan banyak potensi pariwisata di dalamnya, mulai dari kesenian, tradisi, air terjun, gunung hingga pantai-pantainya yang indah. Pantaslah jika pada awal tahun 2016 lalu Organisasi Pariwisata Dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNWTO) menganugerahi Banyuwangi penghargaan UNWTO Awards for Excellence and Innovation in Tourism.

Pada artikel kali ini saya akan coba membagikan 11 objek/tempat wisata di Banyuwangi yang wajib kamu kunjungi. Tanpa lama lagi, berikut ini daftarnya:

1. Kawah Ijen
kawah ijen
View Kawah Ijen

Gunung Ijen atau yang lebih dikenal dengan Kawah Ijen merupakan sebuah gunung berapi aktif yang berada di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Di kalangan para travelers, Gunung Ijen lebih populer dengan sebutan Kawah Ijen. Kawah Ijen merupakan sebuah danau kawah yang bersifat asam dengan luas 5.466 hektar da kedalaman mencapai 200 meter.  Setiap dini hari sekitar pukul 02.00 hingga 04.00, di sekitar kawah dapat dijumpai fenomena blue fire atau api biru, yang merupakan keunikan tempat ini, karena pemandangan alami ini hanya terjadi di dua tempat di dunia yaitu Islandia dan Ijen (Indonesia).

Baca juga: Jalur Pendakian Kawah Ijen, Lengkap dengan Panduan Transportasi dan Tips

2. Taman Nasional Baluran
baluran
Sumber: blog.airyrooms.com

Taman Nasional Baluran terletak di Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Propinsi Jawa Timur dengan batas-batas wilayah sebelah utara Selat Madura, sebelah timur Selat Bali, sebelah selatan Sungai Bajulmati, Desa Wonorejo dan sebelah barat Sungai Klokoran, Desa Sumberanyar. Nama dari Taman Nasional ini diambil dari nama gunung yang berada di daerah ini, yaitu Gunung Baluran.

Africa van Java, begitulah sebutan yang tepat bagi Taman Nasional Baluran karena keindahan padang savananya (savana Bekol) yang mirip dengan padang savanna di Benua Afrika. Selain itu, taman nasional ini juga terdapat sebuah pantai yang bernama Pantai Bama dan sebuah gunung yakni Gunung Baluran.

3. Waduk Bajulmati

Waduk Bajulmati terletak di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Situbondo, tepatnya di Watukebo, Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi. Pintu masuk waduk ini berada di pinggir jalan raya Situbondo – Banyuwangi. Jika kalian dari arah Situbondo maka pintu masuknya berada di kanan jalan, sekitar 3 km sebelum pintu masuk (kantor) TN Baluran. Sebaliknya jika dari arah Banyuwangi maka pintu masuknya berada di kiri jalan, sekitar 3 km sesudah pintu masuk (kantor) TN Baluran. Waduk Bajulmati menawarkan pemandangan layaknya berada di Raja ampat, karena di waduk ini terdapat pulau-pulau kecil di pinggir waduk.

Baca juga: Waduk Bajulmati: Raja Ampat ‘Wannabe’ di Perbatasan Banyuwangi-Situbondo

4. Pantai Pulau Merah

pantai pulau merah

Pantai Pulau Merah terletak di Desa Sumber Agung,  Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Pantai ini merupakan salah satu ikon pariwisata di Kabupaten Banyuwangi dan sudah terkenal  dikalangan wisatawan/travelers. Pantai Pulau Merah terdiri dari hamparan pasir putih dengan panjang garis pantai +/- 3 km dengan bentuk melengkung. Ombak di pantai ini cukup tenang karena letaknya berada di Teluk Pancer. Di sebelah timur pantai ini terdapat sebuah bukit dengan ketinggian 200-300 meter yang bisa dicapai ketika air laut sedang surut.

Baca juga: Pantai Pulau Merah: Suguhan Panorama Indah dan Cocok untuk Menikmati Sunset

5. Pantai Wedi Ireng

pantai wedi ireng

Pantai Wedi Ireng terletak di Dusun Pancer, Desa Sumber Agung,  Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Namanya mungkin tak setenar Pantai Pulau Merah ataupun Teluk Ijo, namun pantai ini menawarkan pemandangan yang tak kalah indahnya dari kedua pantai tersebut.  Hamparan pasir putih dan deburan ombak yang ‘tenang’ siap menyambut kedatanganmu di pantai ini.

Untuk menuju ke pantai ini dibutuhkan perjuangan ekstra karena aksesnya terbilang cukup sulit, dimana kita harus melewati perkebunan dengan trek tanah padat. Enaknya ke Pantai Wedi Ireng yakni ketika sepi pengunjung, jadi pantai ini serasa milik sendiri (private beach).

6. Teluk Ijo
teluk ijo
Sumber: blog.reservasi.com

Teluk Ijo berada di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, sekitar 90 km dari Kota Banyuwangi dan selama kurang lebih dua jam perjalanan. Pantai ini berada dalam wilayah Taman Nasional Meru Betiri.

Dinamakan Teluk Ijo karena di perairan dangkalnya terdapat alga yang memantulkan warna hijau di permukaan air. Lokasi pantainya memang cukup tersembunyi, oleh karena itu untuk mengaksesnya kalian butuh perjuangan ekstra dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak yang terbilang curam dan menembus hutan. Namun perjuangan itu akan terbayar ketika kalian melihat keindahan pantainya. DI dekat pantai juga terdapat air terjun sehingga menjadikan pantai ini terasa istimewa.

7. Pantai Plengkung (G-Land)
pantai plengkung
Sumber: yuana-berita.blogspot.co.id

Pantai Plengkung berada dalam kawasan Taman Nasional alas Purwo dan merupakan salah satu spot surfing terbaik di Asia Tenggara. Pantai ini juga dikenal dengan sebutan G-Land karena jika dilihat dari citra satelig, pantai ini berbentuk seperti huruf g terbalik. Pantai Plengkung merupakan objek wisata yang wajib dikunjungi jika kalian hobi dengan surfing.

8. Sabana Sadengan

sabana sadengan

Selain Sabana Bekol yang berada di Taman Nasional Baluran, terdapat sebuah sabana lagi yang tak kalah indahnya dan menyuguhkan pemandangan layaknya sedang berada di Afrika. Sabana itu adalah Sabana Sadengan yang berada di Taman Nasional alas Purwo. Sabana ini merupakan habitat asli dari rusa, banteng hingga babi hutan, jadi disini kalian bisa melihat hewan-hewan liar tersebut. Di Sabana ini juga terdapat pos pengamatan berlantai 3 yang bisa kalian gunakan untuk melihat hewan-hewan liar yang ada. Waktu terbaik untuk berkunjung ke Sabana Sadengan adalah pada pagi hari antara pukul 06.00 WIB – 09.00 WIB atau sore hari antara pukul 15.30 WIB – 17.00 WIB. Bagi yang masih penasaran, kalian bisa membaca catatan perjalanan teman saya pada link di bawah.

Baca juga: Ngintip Makhluk Telanjang di Sadengan

9. Pantai Watu Dodol

pantai watu dodol

Pantai Watu Dodol terletak di Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi. Lokasi berada di pinggir jalan raya Situbondo – Banyuwangi atau lebih tepatnya 2 km sebelum Pelabuhan Ketapang. Penanda bawah kalian sudah memasuki kawasan Pantai Watu Dodol adalah patung gandrung dipinggir jalan raya. Nama Watu Dodol berasal dari batu besar yang berada di tengah ruas jalan raya dengan diameter sekitar 15 meter dan tinggi sekitar 10 meter. Pantai ini menghadap ke Pulau Bali, jadi dari pantai ini kalian bisa melihat Pulau Bali dengan jelas. Selain itu, kalian juga bisa melihat aktvitas penyebrangan kapal feri Gilimanuk – Ketapang dari pantai ini.

10. Hutan Pinus Songgon
hutan pinus songgon
Sumber: travel.kompas.com

Tidak hanya menawarkan keindahan pantai dan Kawah Ijen saja, Banyuwangi juga mempunyai sebuah hutan pinus yang terletak di Kecamatan Songgon. Kawasan wisata hutan pinus Songgon mempunyai luas 7 hektar. Di hutan pinus ini kalian bisa menemukan hiasan lampion yang bergelantungan di antara batang pohon dan spot-spot selfie. Pokoknya instagramable banget deh!

11. Air Terjun Telunjuk Raung
telunjuk raung
Sumber: www.tempat.co.id

Air Terjun Telunjuk Raung terletak di Dusun Mangaran, Desa Sumberarum,Kec.Songgon, Banyuwangi. Sekitar 40 Km dari pusat Kota Banyuwangi dan dapat ditempuh dalam waktu 1,5 jam perjalanan. Untuk menuju ke lokasi air terjun, kalian harus berjalan kaki terlebih dahulu. Jangan khawatir kecapekan karena sepanjang perjalanan kalian akan disuguhi pemandangan yang memanjakan mata.

Air Terjun Telunjuk Raung memiliki tinggi sekitar 40 meter dengan aliran air yang tergolong tidak terlalu deras. Jadi kalian bisa dengan aman bermain air di dekat air terjunnya.

Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa follow IG & Twitter kami di @myparadizee dan like fanspage kami @myparadizee  (juga). Share artikel ini jika dirasa memberikan manfaat, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!