Segitiga Ranu di Kaki Gunung Lemongan Lumajang

Ranu artinya danau. Di Jawa Timur, sebutan ranu untuk sebuah danau cukup banyak terutama di daerah sekitar Pegunungan Tengger. Ranu Kumbolo adalah salah satu nama ranu yang paling hitz. Tapi tahukah kalian, masih banyak ranu lain yang tidak kalah indah.

Tepat di kaki Gunung Lemongan (1676 Mdpl) ada 3 buah ranu yang cukup indah dan masih asri tentunya, yakni Ranu Bedali, Ranu Klakah dan Ranu Pakis yang terletak di Kabupaten Lumajang. Letak ketiganya cukup berdekatan satu sama lain alias dalam satu kawasan. Berikut ini penjelasan tentang masing-masing ranu:

1. Ranu Bedali

ranu bedali
Credit: Kompasiana.com
Ranu Bedali adalah sebuah danau di Kecamatan Ranuyoso, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Tempat ini merupakan salah satu tempat wisata alami. Ranu Bedali berada sekitar 15 km di sebelah utara kota Lumajang. Ranu Bedali merupakan rangkaian dari tiga danau yaitu Ranu Bedali, Ranu Klakah dan Ranu Pakis. Sebagai rangkaian kawasan Segitiga Ranu, dengan jarak 7 Km dari Ranu Pakis atau 6 Km dari Ranu Klakah. Objek wisata Ranu bedali ini mempunyai keinggian 700 Mdpl  dengan luas danau 25 Ha dan kedalaman 28 Meter.

2. Ranu Klakah

ranu klakah
Credit: ayoberkunjung14.blogspot.com
Ranu Klakah adalah sebuah danau yang terletak di Kecamatan Klakah, Lumajang, Jawa Timur. Letaknya sekitar 10 Km di sebelah utara Kota Lumajang. Danau ini berada pada ketinggian 900 Mdpl, dengan luas 22 Ha dan kedalaman 28 Meter. Ranu Klakah oleh masyarakat setempat dipergunakan sebagai tempat budidaya ikan mujair dan ikan nila. Tempat ini memiliki udara yang segar, sejuk dan alami.
 

3. Ranu Pakis

Credit: Tripmondo.com
Ranu Pakis adalah sebuah danau terletak di Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Ranu Pakis berada di ketinggian sekitar 600 Mdpl dengan luas 50 hektar dan kedalaman sekitar 26 meter.

About Muhammad Iqbal Maulana

Sedikit mengeluh dan banyak berbagi. Untuk kepentingan kerjasama, buka halaman Kerjasama dan Review

View all posts by Muhammad Iqbal Maulana →

One Comment on “Segitiga Ranu di Kaki Gunung Lemongan Lumajang”

  1. Segitiga ranu tersebut memang cakep sih,cuma sayang pengelolaannya aja masih kurang diperhatikan. Baru kemarin ranu bedali di”permak” dikit, sedangkan untuk ranu klakah sama ranu pakis masih setali tiga uang. Padahal sayang banget,yg lebih diperhatikan di lumajang justru tempat yg sudah hits seperti b29 ,bukan tempat yg belum hits yang seharusnya diberi inovasi bagaimana caranya biar jadi hits dan dikenal banyak oleh masyarakat luas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *