Review Cozmeed Delanova 1: Mantap Kali Itu!

COZMEED DELANOVA 1

Hai kawan paradizee. Pada kesempatani kali ini saya akan mencoba mereview sebuah daypack dari Cozmeed yakni Cozmeed Delanova 1. Daypack ini merupakan tas yang saya gunakan sehari-hari (kuliah) dan sesekali saya pakai saat berpergian.

Cozmeed Delanova 1 sudah saya pakai sejak September 2015 dan sekarang tepat pada artikel ini dibuat, umur tas tersebut sudah hampir 2 tahun. Tas ini dibanderol dengan harga Rp. 249.000,-. Tetapi dulu saya  membelinya dengan harga Rp. 212.500,- karena pada waktu itu ada program diskon ‘September Ceria’. Lumayanlah diskon 15%.

Sekedar info, tas ini sudah include cover bag pada paket penjualannya. Sudah dapat harga murah, dapet cover bag gratis lagi. Mantap kali. Tas punya saya ini berwarna hitam-silver. Warna yang menurut saya netral dan tidak cepat kotor.  Kualitas dari coverbagnya pun juga lumayan bagus. Sebuah hal yang bagus.

Pertama-tama saya akan membahas dari sisi desain. Menurut saya desain tas ini cukup bagus. Perpaduan warna dan silver pada tas yang saya miliki juga bagus, kalem dan tidak norak. Sekedar saran kalau mau membeli tas ini, ada baiknya periksa coverbagnya warna apa. Kebetulan coverbag saya juga warna hitam, meskipun sekarang cover bagnya sudah tidak ada.

Beralih ke sisi kompartemen. Tas ini memiliki 3 buah kompartemen. Dibagian paling depan sendiri terdapat sebuah resleting vertikal yang di dalamnya terdapat kompartemen untuk menyimpan barang-barang kecil. Lanjut ke kompartemen yang kedua, kompartemen yang ini lebih besar dari pada yang pertama. Biasanya saya menyimpan alat tulis, powerbank, flashdisk, harddisk, dan perintilan lainnya pada kompartemen yang kedua. Lanjut ke kompartemen yang ketiga, kompartemen ini merupakan kompartemen utama dalam tas ini. Pada kompartemen ini terdapat sebuah tempat untuk menaruh laptop. Kelihatannya bisa digunakan untuk menaruh laptop hingga ukuran 15.6 inch. Ruang pada kompartemen utama ini cukup besar dan lega. Biasanya saya menaruh buku-buku, map, jaket, bahkan sandal pun masih muat. Sayangnya di kompartemen utama ini bukaan resletingnya tidak full sampai ke bagian bawah tas alias bukaannya tidak lebar-lebar amat. Menurut perkiraan saya, tas ini memiliki ukuran sekitar 20-25 liter.

Di bagian samping kiri dan kanan tas ini terdapat kantong kecil yang terbuat dari bahan jaring-jaring dan bisa digunakan untuk menaruh satu botol air mineral 1,5 liter. Tetapi kantong tersebut lebih sering saya gunakan untuk menaruh rokok dan korek.  Geser ke bagian atas kantong terdapat sebuah strap yang dilengkapi dengan buckle. Jadi di bagian kiri dan kanan tas ini terdapat strap dan buckle yang berfungsi untuk mengatur ‘ketebalan’ tas. Di sela-sela strap tersebut juga terdapat tali elastis yang bisa kita manfaatkan untuk mencantolkan sesuatu.

COZMEED DELANOVA 1
Waktu dipakai ke Penanjakan (Warna hitam-silver)

Setelah membahas kompartemen, sekarang beralih ke sisi backsystem. Backsystem pada tas ini terdiri dari busa-busa yang cukup tebal, namun tidak semua bagiannya dilapisi oleh busa. Di bagian tengah tidak dilapisi oleh busa. Tampaknya cozmeed bagian tengah yang tidak dilapisi busa tersebut digunakan untuk jalur keluar masuknya udara agar pengguna tidak mengalami derah saat memakai tas ini. Di bagian cangklongannya juga terdapat busa yang cukup tebal. Saat menggunakan tas ini memang backsystemnya terasa empuk sekali dan mantap. Saya juga tidak merasakan gerah ketika menggunakan tas ini. Oh iya, pada backsystem tas ini terdapat semacam papan tipis. Jadi tas ini tidak bisa ditekuk-tekuk.  Saat membawa bawaan yang lumayan berat tas ini juga masih enak digunakan, tidak ada rasa sakit di pundak. Untuk backsystem, harus saya akui tas ini memang top markotop.

coameed delanova 1
Waktu dipakai ke Coban Jodo

Selama menggunakan tas ini saya merasa puas dan nyaman. Selain saya gunakan untuk kuliah sehari-hari, tas ini juga sering saya bawa main. Pernah juga saya membawa tas ini ke Coban Jodo dan Penanjakan. Rasanya nyaman-nyaman saja menggunakan tas ini. Tetapi namanya barang pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, ada beberapa kelemahan dari tas ini antara lain berat kosong dari tas ini lumayan berat untuk ukuran daypack (menurut saya loh ya), tas tidak bisa ‘berdiri sendiri’ karena sisi bawah tas ini melengkung. Selain itu karena sudah 2 tahun pemakaian, perlahan warna dari tas ini mulai agak pudar. Wajar lah yaaa.

Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa follow IG & Twitter kami di @myparadizee dan like fanspage kami @myparadizee (juga). Share artikel ini jika dirasa memberikan manfaat, terima kasih.

About Muhammad Iqbal Maulana

Sedikit mengeluh dan banyak berbagi. Untuk kepentingan kerjasama, buka halaman Kerjasama dan Review

View all posts by Muhammad Iqbal Maulana →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *