Ranu Tompe: Danau Misterius yang Tersebunyi di Kaki Gunung Semeru

Sumber: id.wikipedia.org

Secara administratif, Ranu Tompe terletak di Desa Desa Burno, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Ranu Tompe masuk dalam wilayah wilayah kerja Resor Pengelolaan Taman Nasional (RPTN) Seroja, Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah III, Bidang Pengelolaan Taman Nasional Wilayah II.

Ranu Tompe berada di ketinggian 1.733 mdpl dengan suhu udara antara 10,5 hingga 14oC. Ranu Tompe berada di tempat yang terisolir dan jauh dari akses manusia. Sebenarnya keberadaan Ranu Tompe sudah pernah diketahui oleh masyarakat Tengger sejak sekitar tahun 1980-an. Namun, masyarakat yang mengetahuinya enggan menjamah danau itu karena dianggap sebagai wilayah yang angker. Barulah pada tanggal 4 sampai 13 Oktober 2013, Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTNBTS) melakukan ekspedisi mencari lokasi Ranu Tompe yang selama ini belum pernah didokumentasikan wujudnya.

Dari hasil ekspedisi tersebut, ternyata kawasan Ranu Tompe merupakan tempat tinggal dari berbagai hewan dan tumbuhan yang dilindungi. Selain itu, di sekitar Ranu Tompe juga ditemukan bekas cakaran macan, yang diduga kawasan Ranu Tompe merupakan habitat macan tutul.

Pihak Taman Nasional Bromo Tengger Semeru sepakat untuk tidak membuka jalur rute wisata ke Ranu Tompe untuk melindungi keaslian keanekaragaman hayati yang banyak dihuni spesies langka. Dan hanya memberi akses untuk tujuan riset atau penelitian dengan izin khusus

Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa follow IG & Twitter kami di @myparadizee dan like fanspage kami @myparadizee  (juga). Share artikel ini jika dirasa memberikan manfaat, terima kasih.

Sumber:

About Muhammad Iqbal Maulana

Sedikit mengeluh dan banyak berbagi. Untuk kepentingan kerjasama, buka halaman Kerjasama dan Review

View all posts by Muhammad Iqbal Maulana →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *