Pulau Sarinah: Pulau Baru yang Terbentuk dari Lumpur Lapindo

Masih ingatkah kalian akan semburan lumpur panas di Desa Renokenongo, Kecamatan Porong pada tahun 2006 silam? Hingga kini aliran lumpur panas itu tidak kunjung berhenti. Berbagai upaya dilakukan untuk membuang semburan lumpur panas tersebut yang semakin hari semakin bertambah banyak. Salah satu upayanya yakni dengan membuang lumpur ke aliran Sungai Porong.

Pulau Sarinah (Sumber: hipwee.com)

Pembuangan lumpur ke aliran Porong  menimbulkan sendimentasi di daerah muara sungai Porong tepatnya di Desa Tlocor, Kecamatan Jabon.  Lama-kelamaan hasil sendimentasi tersebut membentuk sebuah pulau baru di daerah tersebut yang diberi nama Pulau Sarinah. Pulau ini sekarang memiliki luas sekitar 80 hektar.

Karena terbentuk dari sendimentasi lumpur panas, maka tidak mengherankan jika pada awalnya di pulau ini tidak ada tumbuhan yang hidup. Namun akhirnya warga berinisiatif untuk menanam pohon di pulau Sarinah, utamanya pohon bakau. Dan hasilnya bisa dilihat pada saat ini dimana Pulau Sarinah menjadi pulau yang hijau.

Pulau Sarinah (2) (Sumber: kompasiana.com)

Keberadaan Pulau Sarinah dimanfaatkan sebagai objek wisata oleh warga sekitar. Pulau ini terkenal oleh pemandangan sunrisenya yang terbilang indah. Pulau ini juga banyak dikunjungi karena menjadi spot memancing oleh wisatawan lokal.

Selain menjadi objek wisata, Pulau sarinah juga sering kunjungi para mahasiswa untuk melakukan penelitian dan para aktivis lingkungan untuk menanam mangrove (pohon bakau) di kawasan tersebut.

Jika kalian tertarik mengunjungi Pulau Sarinah, aksesnya tidaklah sulit. Meski terletak di pesisir timur Sidoarjo, namun jalan masuk menuju pulau tersebut sudah bagus. Dari Sidoarjo kota ikuti saja jalan menuju ke jembatan Porong, kemudian belok kiri kea rah timur sekitar 15 km dan sampailah di Dermaga Tlocor. Setelah itu perjalanan dilanjutkan dengan menyewa perahu untuk menyebrang ke Pulau Sarinah. Oh iya, banyak nelayan di kawasan tersebut yang bersedia menyewakan perahunya.

Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa follow IG & Twitter kami di @myparadizee dan like fanspage kami @myparadizee  (juga). Share artikel ini jika dirasa memberikan manfaat, terima kasih.

About Muhammad Iqbal Maulana

Sedikit mengeluh dan banyak berbagi. Untuk kepentingan kerjasama, buka halaman Kerjasama dan Review

View all posts by Muhammad Iqbal Maulana →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *