Perhatian 5W + 2H Ini Sebelum Berwisata!

Berwisata adalah kegiatan yang menyenangkan dan hampir semua orang menyukainya. Dengan berwisata , kita bisa meyegarkan pikiran , mencari inspirasi, menemukan hal baru dan mendapatkan pengalaman yang berkesan (baik baik maupun buruk).  Agar kalian terhindar dari kesan buruk saat berwisata, ada baiknya kalian memperhatikan 5W + 1H dalam berwisata. Selain itu dengan memperhatikan 5W+1H, budget yang kalian keluarkan akan terasa worthed dengan apa yang didapat. Berikut ini penjelasannya:

1. Why = Mengapa 

Mengapa saya berwisata?

Dalam hal ini kita perlu mencari alasan untuk berwisata, entah itu untuk melepas penat, mencari stok foto untuk diupload di instagram sampai alasan yang mungkin tidak masuk akal.

2. Where = Dimana 

Dimana saya akan berwisata?

Dalam hal ini kita perlu menentukan tujuan sebelum berwisata. Nggak lucu dong kalau mau berwisata tapi tidak tahu tujuannya hehe.

3. Who = Siapa? 

Dengan siapa saya akan berwisata?

Kita perlu menentukan dengan siapa kita berwisata. Bisa dengan dengan teman, sahabat, pacar, saak saudara, sampai dengan orang yang tidak kita kenal (jika kalian ikut open trip). Sebenarnya poin ini bisa diabaikan jika kalian adalah seorang solo traveller.

4. When = Kapan 

Kapan saya akan berwisata?

Kita perlu menentukan waktu yang tepat untuk berwisata. Kalian bisa memanfaatkan akhir pekan, hari libur nasional, hari cuti bersama sampai mengambal jatah cuti kerja. Kalau ambil jatah cuti kuliah buat berwisata ya jangan, mending jatahnya diambil buat nikah aja!

5. What = Apa 

Apa yang akan saya lakukan ketika berwisata?

Dalam hal ini paradizee menganjurkan kalian menentukan atau berangan-angan kegiatan apa saja yang akan dilakukan selama berwisata. Dengan ini, kegiatan berwisata kalian akan jadi lebih menyenangkan dan bermakna.

6. How Much = Berapa 

Berapa budget/biaya yang diperlukan?

Ketika berwisata pasti kita akan mempersiapkan budget yang harus dikeluarkan. Pilihlah destinasi yang sesuai dengan budgetmu, jangan sampai destinasimu tidak sesuai dengan budgetmu!

7. How = Bagaimana 

Bagaimana cara saya menuju ke tempat wisata?

Dalam hal ini kalian perlu memikirkan dengan apa kalian menuju ke tempat wisata. Kalian bisa naik kendaraan pribadi, maupun transportasi umum (angkot, angdes, bison, kereta api, bus antar kota, kapal laut hingga pesawat)

Nah ada baiknya poin-poin di atas kalian jadikan bahan pertimbangan sebelum berwisata, agar kegiatan wisata kalian lebih bermakna.

About Muhammad Iqbal Maulana

Sedikit mengeluh dan banyak berbagi. Untuk kepentingan kerjasama, buka halaman Kerjasama dan Review

View all posts by Muhammad Iqbal Maulana →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *