Tendapedia #2: Perbedaan Tenda Single Layer dan Double Layer

perbedaan tenda single layer dan double layer
Sumber: Vecteezy Editor

Tenda merupakan perlatan vital yang digunakan dalam kegiatan outdoor. Tenda biasa digunakan dalam pendakian gunung ataupun hanya sekedar berkemah. Tenda digunakan sebagai tempat berlindung ketika berada di alam bebas atau bisa dibilang tenda ini merupakan rumah kita ketika berada di alam bebas.

Menurut jumlah lapisannya (layer), tenda dibagi menjadi dua yakni tenda single layer dan tenda double layer. Kedua jenis tenda tersebut memiliki perbedaan, kelebihan serta kekurangan masing-masing. Pada artikel ini saya akan membahas tentang perbedaan, kelebihan dan kekurangan tenda single layer dan double layer.

Tenda Single Layer

Mulai dari tenda single layer terlebih dahulu. Tenda single layer merupakan tenda yang hanya terdiri dari satu lapisan saja. Tenda ini umumnya digunakan untuk kegiatan berkemah saja dan kurang cocok jika digunakan untuk mendaki gunung. Mengapa demikian? Pada tenda single layer, kemungkinan terjadinya kondensasi atau pengembunan itu lebih besar karena sirkulasi udara yang kurang lancar di dalam tenda.

Tenda single layer
Contoh tenda single layeri

Flysheet tenda single layer umumnya terbuat dari bahan non-breathable dan dilengkapi satu atau dua ventilasi. Ini berarti jika kita berada di dalam tenda dalam kondisi tertutup maka sirkulasi udara hanya terjadi lewat ventilasi tersebut. Uap air akan terperangkap di dalam tenda, terlebih lagi jika tenda tersebut diisi oleh 3-4 orang.

Selain itu, tenda single layer kurang cocok digunakan pada musim hujan karena air mudah sekali merembes lewat celah-celah jahitan dan potensi terjadinya kondensasi pada saat turun hujan pun semakin tinggi. Tingkat kerapatan waterproof yang dimiliki tenda single layer umumnya tergolong rendah. Hal itu pula yang menjadi penyebab tenda jenis ini tidak cocok digunakan ketika musim hujan.

Tenda single layer umumnya menggunakan alas berbahan terpal dan frame/pole berbahan fiber. Tenda jenis ini juga umumnya dibanderol dengan harga yang lebih murah daripada tenda double layer.

Berdasarkan penjelasan di atas, kelebihan dan kekurangan tenda single layer antara lain:

Kelebihan:

  • Ukuran packing lebih ringkas
  • Berat umumnya lebih ringan
  • Mudah untuk didirikan
  • Harganya relatif lebih murah

Kekurangan:

  • Kurang cocok dipakai ketika musim hujan
  • Kurang cocok dipakai mendaki gunung
  • Mudah terjadi kondensasi

Tenda Double Layer

Lanjut ke pembahasan yang kedua mengenai tenda double layer. Tenda double layer merupakan tenda yang terdiri dari 2 lapisan yakni inner dan outer. Inner tenda biasanya terbuat dari bahan breathable seperti mesh. Sedangkan bahan outer tenda terbuat dari bahan non-breathable dan memiliki tingkat kerapatan waterproof yang lumayan tinggi.

tenda double layer
Contoh tenda double layer

Antara inner dan outer pada tenda double layer ini memiliki jarak yang berguna untuk sirkulasi udara sehingga resiko terjadinya kondensasi pada tenda jenis ini terbilang kecil. Seperti yang telah disinggung di atas bahwasanya tenda double layer ini memiliki tingkat kerapatn waterproof yang lumayan tinggi, hal ini membuat tenda jenis ini cocok digunakan saat musim hujan dan tidak rawan rembesan air. Ketika berada di dalam tenda dengan kondisi pintu tertutup, tenda jenis ini akan terasa lebih nyaman Karena sirkulasi udara yang lancar. Berbeda dengan tenda single layer yang terasa ‘pengap’.

Pada umumnya tenda double layer menggunakan alas berbahan terpal yang dikombinasika ndengan fram/pole berbahan fiber atau alas berbahan nylon yang dikombinasikan dengan frame/pole berbahan aluminium. Biasanya tenda dengan kombinasi alas terpal dan frame fiber memiliki bobot yang yang lebih berat dari tenda single layer dan ukuran packing yang lebih besar daripada tenda single layer. Sedangkan tenda dengan kombinasi alas nylon dan frame aluminium biasanya memiliki bobot yang tergolong ringan dan ukuran packing yang kecil. Tetapi tentu saja tenda dengan kombinasi alas nylon dan frame aluminium harganya lebih mahal.

Berdasarkan penjelasan di atas, kelebihan dan kekurangan tenda double layer antara lain:

Kelebihan:

  • Lebih badak
  • Cocok digunakan untuk mendaki gunung
  • Cocok digunakan ketika musim hujan
  • Banyak varian yang tersedia di pasaran

Kekurangan:

  • Harganya relatif lebih mahal dari tenda single layer

Baca juga seri #Tendapedia lainnya:

Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa follow IG & Twitter kami di @myparadizee dan like fanspage kami @myparadizee (juga). Share artikel ini jika dirasa memberikan manfaat, terima kasih.

About Muhammad Iqbal Maulana

Sedikit mengeluh dan banyak berbagi. Follow me on instagram @mhiqbaal. Untuk kepentingan kerjasama, buka halaman Kerjasama dan Review

View all posts by Muhammad Iqbal Maulana →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *