Pantai Paseban: Si Pasir Hitam Berombak Tenang

Kabupaten Jember memiliki banyak potensi wisata, salah satunya adalah pantai. Banyak pantai-pantai di Jember yang sudah terkenal karena keindahannya, antara lain Pantai Watu Ulo, Payangan, Papuma, dll. Selain pantai-pantai tersebut, ada sebuah pantai yang tak kalah indahnya yakni Pantai Paseban.

Pantai Paseban berada di sebelah barat laut Kota Jember. Tepatnya pantai ini berada di Desa Paseban, Kecamatan Kencong, Kabupaten Jember. Jika dari Kota Jember, kawan paradizee harus menempuh jarak 52 km untuk menuju ke pantai ini atau sekitar 1,5 jam perjalanan.

Kalian bisa melewati jalur Balung – Puger ataupun melewati jalur Tanggul lalu belok ke arah selatan. Kedua jalur ini akan bertemu di pertigaan setelah pasar Kencong. Dari pasar Kencong, terus ikuti jalan ke arah barat, sampai bertemu dengan pertigaan yang ada petunjuk jalan berbentuk arah panah yang bertuliskan “Pantai Paseban …. Km” (maaf lupa). Di pertigaan tersebut, belok ke kiri ke arah selatan. Terus ikuti jalan ke arah selatan dan kalian akan sampai di Pantai Paseban.

Pantai Paseban
Jalan setapak

Sesampainya diparkiran, kalian harus berjalan sekitar 300 – 500 meter untuk sampai ke lokasi pantai. Tenang saja, jalannya sudah berpaving kok. Pada akhir pekan atau hari libur, biasanya banyak penjual makanan dan souvenir di sepanjang jalan setapak ini.

Pantai Paseban memiliki pasir berwarna hitam. Pantai ini memiliki garis pantai sepanjang 2 km, jadi bisa dibayangkan pantai ini luasnya seperti apa. Tidak seperti kebanyakan pantai selatan yang terkenal memiliki ombak yang ‘ganas’, di pantai ini ombaknya tergolong tenang dan tidak ada karangnya. Namun begitu, disekitar pantai banyak tertulis larangan mandi di area pantai/laut. Tetapi masih ada sebagian orang yang nekad mandi di pantai.

Pantai Paseban
Suasana di Pantai Paseban

Suasana disini sangatlah enak, menikmati deburan ombak yang tenang ditemani semilir angin sepoi-sepoi. Di tepi pantai ini juga ada warung penjual makanan lo, jadi jangan khawatir kelaparan ataupun kehausan. Di tepi pantai ini juga terdapat beberapa kapal neayan yang sedang bersandar.

Pantai Paseban
View Pulau Nusa Barong di seberang

Oh iya ada satu hal yang hamper lupa disampaikan, di seberang pantai ini terdapat Pulau Nusa Barong. Pulau tersebut tidak berpenghuni dan masuk ke dalam wilayah Kecamatan Puger. Jadi dari pantai Paseban ini kalian bisa melihat pemandangan/view Pulau Nusa Barong.

Min kalau mau nyebrang kesana gimana? Menurut informasi yang saya dapat, kalua mau nyebrang harus ke Puger dulu.

Informasi Umum:

  • HTM: Rp. 7.500,-
  • Tiket parkir: Rp. 5.000/motor dan Rp. 10.000/mobil
  • Fasilitas: Warung makanan, kamar mandi, mushola

Sekian artikel tentang Pantai Paseban ini, sampai bertemu di artikel selanjutnya kawan. Follow juga ya Instagram blog ini @myparadizee. Terimakasih.

 

 

About Muhammad Iqbal Maulana

Sedikit mengeluh dan banyak berbagi. Untuk kepentingan kerjasama, buka halaman Kerjasama dan Review

View all posts by Muhammad Iqbal Maulana →

4 Comments on “Pantai Paseban: Si Pasir Hitam Berombak Tenang”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *