Pantai Gatra: Cocok Untuk Renang dan Camping Ceria

Pantai Gatra

Pantai gatra adalah salah satu pantai yang ada di sebelah selatan Kabupaten Malang, tepatnya di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Pantai ini berada dalam kawasan konservasi Sendang Biru, dimana kawasan ini terdiri dari tiga pantai yakni Pantai Clungup, Gatra dan Tiga Warna.

Untuk menuju ke lokasi dari jalan lintas selatan, kalian tinggal belok kiri ke arah Pantai Sendang biru. Sebelum Sampai di Pantai Sendang Biru, kalian akan melihat ada penunjuk jalan belok ke kanan (masuk gang) menuju Pantai Clungup, Gatra dan Tiga Warna. Terus ikuti saja jalan tersebut sampai akhirnya kalian tiba di tempat parkir. Dari tempat parkir kalian harus berjalan sejauh 1 Km untuk menuju ke Pantai Gatra. Diperjalanan nanti dapat melihat lokasi Pantai Clungup.

Sama halnya dengan Pantai Clungup, pantai ini letaknya juga sedikit ke dalam (seperti teluk) dan tidak berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Karena letaknya yang sedikit ke dalam, maka pantai ini memiliki ombak yang tenang dan cocok untuk berenang. Tapi setenang-tenangnya ombak jangan sampai kalian berenang waktu gerhana bulan datang karena mendadak ombaknya jadi ‘sedikit ganas’. Eh kok mimin malah curhat hehe.

Pantai Gatra
Ombak tenang

Jika kalian ke pantai dengan tujuan berenang, makan Pantai Gatra adalah tempat yang cocok. Selain karena ombaknya tenang, pantai ini kalau surut kedalamannya itu dangkal. Bayangkan saja, mimin pernah ke mencoba berenang sampai ke pulau karang yang ada pas di depan pantai, kedalamannya cuma sepinggang lo. Asik sekali bukan? Kalau kalian mau bikin kastil-kastilan dari pasir juga bisa kok.

Pantai Gatra
Pulau karang yang mimin maksud

Selain cocok untuk berenang, pantai ini juga cocok sekali untuk berkemah alias camping. Tidur malam anda dijamin pulas karena suara deru ombak tidak terlalu mengganggu disini. Tapi ya gak tau lagi kalau banyak nyamuk yang menyerbu tenda kalian :p. Biasanya kalau weekend dan hari libur, banyak orang berkemah di pantai ini. Oh iya kalau mau berkemah di pantai ini, ada ongkos lapaknya lo!

Pantai Gatra
Bonus foto macro

Pengunjung di Pantai Gatra ini dituntut untuk selalu menjaga kebersihan pantai. Sampah-sampah yang dibawa ketika berangkat, harus dibawa lagi ketika pulang. Kalian tidak bisa menghindar atau menipu perihal sampah karena pada saat membeli tiket, barang bawaan kalian yang berpotensi menghasilkan sampah akan di catat dan ketika pulang daftar itu akan dicek lagi oleh penjaga di loket masuk. Hal ini juga berlaku jika kalian berkunjung ke Pantai Clungup dan Tiga Warna. Yaiyalah wong satu lokasi konservasi hehe.

Informasi Umum:

  • HTM: Rp. 10.000/orang
  • Biaya Parkir: Rp. 3.000 (motor) dan Rp. 5.000 (mobil)
  • Biaya Camping: Rp. 25.000/tenda
  • Fasilitas: Kamar mandi (di dekat loket masuk), tempat parkir

Lokasi:

About Muhammad Iqbal Maulana

Sedikit mengeluh dan banyak berbagi. Untuk kepentingan kerjasama, buka halaman Kerjasama dan Review

View all posts by Muhammad Iqbal Maulana →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *