Pantai Clungup: Keindahan yang Menjorok

Malang memang terkenal dengan keindahan barisan pantai selatannya. Salah satunya adalah Pantai Clungup. Pantai ini terletak di di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pantai ini berada dalam kawasan konservasi Sendang Biru, dimana kawasan ini terdiri dari tiga pantai yakni Pantai Clungup, Gatra dan Tiga Warna.

Untuk menuju ke lokasi dari jalan lintas selatan, kalian tinggal belok kiri ke arah Pantai Sendang biru. Sebelum Sampai di Pantai Sendang Biru, kalian akan melihat ada penunjuk jalan belok ke kanan (masuk gang) menuju Pantai Clungup, Gatra dan Tiga Warna. Terus ikuti saja jalan tersebut sampai akhirnya kalian tiba di tempat parkir. Dari tempat parkir kalian harus berjalan sejauh 500 Meter untuk menuju ke Pantai Clungup.

pantai clungup
Pantai Clungup di siang hari

 

pantai clungup
Pantai Clungup di siang hari (2)

Pantai Clungup ini letaknya sedikit ke dalam (seperti teluk) dimana tidak berhadapan langsung dengan Samudra Hindia sehingga pantai ini memiliki ombak yang tenang. Di siang hari, pantai ini lebih sering surut (pengaruh gravitasi bulan), namun menjelang sore hari pantai ini akan kembali pasang. Meskipun tidak berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, pantai ini tetap menawarkan panorama yang indah dimana keadaan pantai ini masih bersih, asri dan alami. Kalian bisa melihat pulau-pulau kecil yang berada di bibir Samudera Hindia dan yang paradizee suka ialah panorama sore hari dipantai ini (menjelang sunset).

pantai clungup
Sunset Pantai Clungup

 

pantai clungup
Suset-an di Pantai Clungup

Pengunjung di Pantai Clungup ini dituntut untuk selalu menjaga kebersihan pantai. Sampah-sampah yang dibawa ketika berangkat, harus dibawa lagi ketika pulang. Kalian tidak bisa menghindar atau menipu perihal sampah karena pada saat membeli tiket, barang bawaan kalian yang berpotensi menghasilkan sampah akan di catat dan ketika pulang daftar itu akan dicek lagi oleh penjaga di loket masuk. Hal ini juga berlaku jika kalian berkunjung ke Pantai Gatra dan Tiga Warna. Yaiyalah wong satu lokasi konservasi hehe.

Pantai ini juga bisa dijadikan lokasi camping atau berkemah. Namun tentu saja ada biaya tambahan per tenda.

Informasi Umum:

  • HTM: Rp. 10.000/orang
  • Biaya Parkir: Rp. 3.000 (motor) dan Rp. 5.000 (mobil)
  • Biaya Camping: Rp. 25.000/tenda
  • Fasilitas: Kamar mandi (di dekat loket masuk), tempat parkir

Lokasi:

About Muhammad Iqbal Maulana

Sedikit mengeluh dan banyak berbagi. Untuk kepentingan kerjasama, buka halaman Kerjasama dan Review

View all posts by Muhammad Iqbal Maulana →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *