Mulai Tanggal 1 Oktober 2017 Pendaftaran Pendakian Gunung Semeru Wajib Online

Sumber: http://bromotenggersemeru.org/

Halo Kawan Paradizee! Kali ini saya akan membagikan sebuah berita tentang pendakian Gunung Semeru. Penasaran  dengan beritanya? Simak baik-baik artikel di bawah ini!

Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru akan mengganti seluruh tata cara pengajuan Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi (Simaksi) dari manual menjadi online per tanggal 1 Oktober 2017. Hal itu dilakukan demi meningkatkan pelayanan kepada pendaki Gunung Semeru.

Mengutip dari pesan singkat Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Humas TNBTS, Sarif Hidayat kepada KompasTravel “Mulai tanggal 1 Oktober 2017 untuk pendakian Semeru akan diberlakukan full booking online. Kami tidak melayani (pendaftaran) pendakian secara manual, kecuali untuk pendaki mancanegara atau luar negeri masih ada kebijakan atau dispensasi pendaftaran manual,”

Menurut beliau, Gunung Semeru telah menjadi ikon pendakian nasional bahkan dunia internasional. Beliau menyebut pemberlakuan pengajuan Simaksi hanya dengan sistem online akan memudahkan pendaki baik dari segi pendaftaran dan waktu pendakian.

Untuk masalah kesiapan infrastruktur untuk pendaftaran full online, pihak TNBTS mengklaim telah menyiapkan tim Information Technology untuk menangani masalah tersebut. Nantinya calon pendaki cukup mengunjungi website resmi TNBTS untuk melakukan registrasi Simaksi secara online.

Urutan prosedurnya pendaftaran online secara singkat yakni:

  1. Login
  2. Daftar
  3. Isi data diri
  4. Melakukan pembayaran via bank
  5. Konfirmasi pendakian

Setelah sampai di Basecamp Ranu Pani, para pendaki tinggal menyerahkan bukti pembayaran beserta berkas persyaratan lain (surat keterangan sehat, FC identitas diri dan surat izin orang tua bagi pendaki di bawah umur).

Disarankan untuk melakukan booking jauh-jauh hari agar tidak kehabisan kuota pendakian emngingat per harinya jumlah pendaki yang diperbolehkan mendaki Gunung Semeru ‘hanya’ 600 orang/hari. Sebelum sistem full online berlaku, para pendaki bisa mengurus simaksi secara langsung/go show engan mendatangi basecamp Ranu Pani.

Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa follow IG & Twitter kami di @myparadizee dan like fanspage kami @myparadizee (juga). Share artikel ini jika dirasa memberikan manfaat, terima kasih.

Sumber:

About Muhammad Iqbal Maulana

Sedikit mengeluh dan banyak berbagi. Untuk kepentingan kerjasama, buka halaman Kerjasama dan Review

View all posts by Muhammad Iqbal Maulana →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *