Monumen Simpang Lima Gumul: Ikon Kota yang Cocok Untuk Berfoto Ria

Simpang Lima Gumul (SLG) merupakan tempat yang cukup terkenal di Kediri. Tidak hanya di Kediri saja, bahkan masyarakat dari kota/kabupaten lain juga mengenal tempat ini. SLG terletak di  di Desa Tugurejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Monumen ini menjadi titik temu jalan dari Kecamatan Gampengrejo, Pagu, Pare, Pesantren dan Plosoklaten, Kediri.

monumen simpang lima gumul
Monumen SLG

Yang menjadi daya tarik dari tempat ini ialah sebuah monumen yang berada di tengah simpang lima. Sekilah monumennya mirip seperti Monumen Arc de Triomphe  yang ada di Prancis. Monumen SLG didirikan karena teinspirasi oleh Jangka Joyoboyo untuk menyatukan 5 daerah di Kediri. Monumen SLG memiliki tinggi mencapai 25 Meter yang terdiri dari 6 lantai, serta ditumpu 3 tangga setinggi 3 meter dari lantai dasar. Luasnya sekitar 804 Meter persegi. Angka-angka tersebut mewakili hari jadi Kota Kediri, yakni 25 Maret tahun 804 M.

Selain menjadi ikon dari Kediri, SLG juga dijadikan sentra (pusat) ekonomi dan perdagangan baru (Central Business District) di Kabupaten Kediri, sehingga diharapkan dapat membuat perekonomian Kediri semakin bertambah maju. Tempatnya yang strategis dan dilengkapi dengan beragam sarana umum, seperti gedung pertemuan, gedung serbaguna, Bank daerah, terminal bus antar kota dan MPU (Mobil Penumpang Umum), pasar temporer (buka pada waktu-waktu tertentu) Sabtu-Minggu dan sarana rekreasi seperti wisata air Water Park Gumul Paradise Island.

monumen simpang lima gumul
SLG diwaktu siang

 

SLG diwaktu malam

Jika kalian berkunjung kesini membawa kendaraan pribadi, tempat parkirnya ada di seberang monumen ini. Tepatnya di setiap sela tiap ruas jalan ang menuju SLG. Dari tempat parkir, kalian tidak perlu menyebrang jalan untuk menuju monumen. Kalian bisa lewat lorong bawah tanah yang menghubungkan monumen dengan tempat parkir. Tiap tempat parkir mempunyai sebuah lorong bawah tanah yang menghubungkannya dengan monumen. Setelah sampai monumen kalian bisa berfoto-foto ria disini dan tentunya instagramable. Di dinding monumen ini terdapat relief gambaran masyarakat Kediri pada zaman dahulu, di sudut bangunan terdapat arca yang cukup besar yakni  Arca Ganesha.

Monumen ini cocok untuk tempat transit sementara /sebentar bagi kalian yang berpergian melewati atau menuju Kota Kediri.

Informasi umum:

  • HTM : Gratis
  • Biaya parkir : Rp. 2000
  • Fasilitas : Toilet
Lokasi:

About Muhammad Iqbal Maulana

Sedikit mengeluh dan banyak berbagi. Untuk kepentingan kerjasama, buka halaman Kerjasama dan Review

View all posts by Muhammad Iqbal Maulana →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *