8 Mitos dan Misteri Gunung Lawu yang Patut Kalian Ketahui

MITOS DAN MISTERI GUNUNG LAWU

Gunung Lawu merupakan salah satu gunung berapi di Pulau Jawa, tepatnya berada dalam wilayah 3 kabupaten yakni Kabupaten Karanganyar (Jawa Tengah), Kabupaten Ngawi dan Magetan (Jawa Timur).  Gunung ini memiliki 3 puncak, antara lain Hargo Dalem, Hargo Dumiling, dan Hargo Dumilah (puncak tertinggi 3265 mdpl). Dengan ketinggian 3265 mdpl, membuat gunung lawu masuk ke dalam 7 puncak tertinggi di Pulau Jawa.

Selain terkenal karena keindahan alamnya, Gunung Lawu juga terkenal dengan mitos dan misteri yang menyelemutinya. Pada waktu-waktu tertentu, Gunung Lawu ramai dikunjungi para peziarah untuk tujuan spiritual. Penasaran dengan mitos dan misteri tersebut? Berikut ini daftar 8 mitos dan misteri yang ada di Gunung Lawu:

1. Tempat peristirahatan terakhir Prabu Brawijaya V

Diakhir masa kejayaannya, Kerajaan Majapahit dipimpin oleh seorang raja yang bernama Prabu Brawijaya V. Beliau mempunyai anak yang bernama Raden Fatah.

Menginjak usia dewasa, Raden Fatah membelot dari ayahnya dengan memeluk agama Islam dan kemudian mendirikan Kerajaan Demak. Tak hanya itu, Raden Fatah juga mengajak ayahnya untuk memeluk agama Islam tetapi sayangnya sang ayah menolak ajakan tersebut.

Karena tidak ingin terus berdebat dengan sang anak hingga menimbulkan peperangan, Prabu Brawijaya V bersama pengikutnya menepikan diri menuju ke Gunung Lawu. Pada akhirnya Prabu Brawijaya moksa di Gunung Lawu.

Catatan: moksa adalah meninggal dunia tanpa meninggalkan bekas atau singkatnya menghilang tanpa jejak.

2. Pantangan orang Cepu mendaki Gunung Lawu

Kesal karena  terus dikejar oleh pasukan cepu, Prabu Brawijaya V mengeluarkan sumpah kepada Adipati Cepu:

“Sawijining ono anggone wong cepu utawi turunane adipati cepu pinarak sajroning gunung lawu bakale kengeng nasib ciloko lan agawe biso lungo ing gunung lawu”

Artinya:

“Jika ada orang cepu atau keturunan adipati cepu datang ke gunung lawu, maka akan bernasib celaka atau mati di gunung lawu”

3. Burung Jalak sang pemandu pendaki

Kehadiran burung jalak di Gunung Lawu dipercaya sebagai pemandu para pendaki untuk memberikan petunjuk jalan menuju puncak.

4. Kupu-kupu hitam dengan bulatan biru di sayapnya

Menurut kepercayaan yang ada, apabila pendaki melihat atau menemukan kehadiran kupu-kupu dengan bulatan biru disayapnya maka itu adalah sebuah pertanda ia diterima dengan baik di Gunung Lawu. Selain itu, ada juga yang mempercayai jika meihat atau menemui kupu-kupu tersebut maka sepulang mendaki Gunung Lawu akan mendapatkan berkah.

Namun, jika melihat atau menemui kupu-kupu tersebut jangan sampai menangka, mengusir, mengganggu atau bahkan membunuhnya karena hal tersebut akan membuat penunggu Gunung Lawu menjadi marah.

5. Larangan menggunakan baju berwarna hijau

Sama halnya dengan laranga yang ada di Pantai Parangtritis, di Gunung Lawu juga terdapat larangan menggunakan baju berwarna hijau. Konon baju berwarna hijau merupakan busana yang dipakai oleh sag ratu pantai selatan, Nyi Roro Kidul.

6. Larangan mendaki dengan jumlah personil ganjil

Mendaki Gunung Lawu dengan jumlah personil ganjil dipercaya dapat mendatangkan kesialan bagi para pendaki. Sebenarnya mitos tentang larangan tersebut juga sering di gunung lain.

7. Pasar Setan Gunung Lawu

Pasar setan bukan merupakan hal yang baru didunia pendakian. Banyak gunung di Indonesia khususnya Pulau Jawa yang memiliki pasar setan. Salah satunya ada di Gunung Lawu. Pasar setan merupakan pasar gaib dimana penjual dan pembelinya merupakan makhluk tak kasat mata yang berada di lokasi tertentu. Lokasi pasar setan bisa kalian temui jika mendaki via jalur candi cetho.

Fenomena ini terjadi ketika kalian berada di dalam tenda namun diluar terdengar suara gaduh layaknya berada di pasar.

8. Gunung Lawu memiliki nyawa

Layaknya seorang manusia yang bernyawa, Gunung Lawu dipercaya memiliki nyawa sehingga bisa mendengar setiap kata-kata yang diucapkan. Apa yang kita ucapkan saat berada di Gunung Lawu biasanya akan terwujud.

NB: Percaya atau tidak percaya dengan mitos-mitos di atas tergantung pada kepercayaan kalian masing-masing!

Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa follow IG & Twitter kami di @myparadizee dan like fanspage kami @myparadizee  (juga). Share artikel ini jika dirasa memberikan manfaat, terima kasih.

About Muhammad Iqbal Maulana

Sedikit mengeluh dan banyak berbagi. Untuk kepentingan kerjasama, buka halaman Kerjasama dan Review

View all posts by Muhammad Iqbal Maulana →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *