Tendapedia #4: Mengenal 4 Jenis Tenda Menurut Musim Penggunaannya

 

Sumber: wintercampers.com

Hai Kawan Paradizee. Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang jenis tenda menurut penggunaannya (musim). Bisa dibilang artikel ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya yang membahas tentang jenis tenda menurut bentuk desain dan konstruksinya.  Langsung saja simak pembahasan di bawah ini.

Jenis tenda menurut penggunaannya (musim):

1. Tenda dua musim (Two season tent)

Tenda dua musim dirancang untuk digunakan pada cuaca yang baik. Cuaca yang baik disini berarti cerah. Meskipun dirancang untuk cuaca yang baik, tenda ini bisa digunakan untuk menghadapi hujan ringan serta angin ringan yang tidak terlalu kencang.

2. Tenda tiga musim (Three season tent)

Tenda tiga musim merupakan tenda yang banyak digunakan oleh para pendaki di Indonesia. Tenda jenis ini juga banyak beredar di pasaran saat ini. Umumnya tenda tiga musim memiliki bentuk konstruksi yang simpel dan berat yang tergolong ringan. Jika dibandingkan dengan tenda dua musim. tenda jenis ini lebih kuat dari tenda dua musim.

3. Tenda tiga musim plus (Extended season tent)

Tenda tiga musim plus merupakan perpanjangan atau pengembangan dari tenda 3 season, cocok digunakan untuk musim panas, awal penghujan dan untuk musim salju. Yang fungsinya menawarkan dalam hal keseimbangan ventilasi, kekuatan dan kehangatan. Biasanya memiliki 1 atau lebih dari 2 tiang dan panel jaring tambahan dari tenda 3 season. Yang membuat tenda extended season ini lebih kuat dan lebih hangat dari tenda 3 season. Namun tenda extended season memiliki berat yang lebih dibanding tenda 3 season.

4. Tenda empat musim (Four season tent)

Tenda empat musim dirancang untuk digunakan mendaki gunung dengan iklim bersalju. Jadi tenda ini dapat diandalkan untuk menghadapi iklim bersalju tersebut. Tenda empat musim memiliki bentuk konstruksi yang lebih ‘ribet’ dari pada tenda tiga musim namun nenda jenis ini memiliki konstruksi yang lebih tahan terhadap angin dan terbuat dari material yang baik daripada jenis tenda tiga musim.

Baca juga seri #Tendapedia lainnya:

Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa follow IG & Twitter kami di @myparadizee dan like fanspage kami @myparadizee (juga). Share artikel ini jika dirasa memberikan manfaat, terima kasih.

Sumber:

About Muhammad Iqbal Maulana

Sedikit mengeluh dan banyak berbagi. Untuk kepentingan kerjasama, buka halaman Kerjasama dan Review

View all posts by Muhammad Iqbal Maulana →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *