Mari Berkenalan dengan 7 Gunung Tertinggi di Jawa Timur!

Provinsi Jawa Timur seringkali dijuluki sebagai surganya para pendaki. Tidak aneh memang, karena di provinsi ini terdapat banyak gunung-gunung yang siap untuk didaki dan menyuguhkan panorama yang indah. Salah satu gunung yang terkenal di Jawa Timur adalah Gunung Semeru. Yaps gunung ini memang sangat ikonik karena gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa. Nah selai Gunung Semeru, Beberapa gunung lain juga memiliki ketinggian yang bisa dikatakan ‘tinggi’.

Berikut ini adalah daftar 7 gunung tertinggi di Jawa Timur:

1. Gunung Semeru (3676 mdpl)

Sumber: news.liputan6.com

Secara administratif, Gunung Semeru berada dalam wilayah Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang. Gunung ini berada dalam kawasan TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru). Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian 3676 mdpl. Untuk mendaki gunung ini bisa melewati jalur pendakian Ranupane.

Baca juga: Info lengkap Gunung Semeru

2. Gunung Raung (3344 mdpl)

Sumber: adventurewisata.blogspot.com

Secara administratif, Gunung Raung berada dalam wilayah Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Bondowoso, dan Kabupaten Jember. Gunung Raung merupakan puncak tertinggi di Pegunungan Ijen dengan ketinggian 3344 mdpl.

Gunung Raung dapat didaki dengan melewati jalur pendakian Kalibaru dan Jalur pendakian Sumber Waringin. Untuk mencapai puncak sejati/tertingginya harus melewati Jalur Kalibaru. FYI, Gunung Raung adalah gunung dengan trek pendakian ter-ekstrim di pulau Jawa.

3. Gunung Arjuno (3339 mdpl)

Sumber: dolandolen.com

Secara administratif, Gunung Arjuno berada dalam wilayah Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan dan Kota Batu. Gunung Arjuno terletak bersebelahan dengan Gunung Welirang. Gunung ini memiliki ketinggian 3339 mdpl yang menjadikannya gunung tertinggi ketiga di Jawa Timur.

Gunung Arjuno dapat didaki dengan melewati jalur pendakian:

Baca juga: Info lengkap Gunung Arjuno

4. Gunung Lawu (3265 mdpl)

Sumber: bintang.com

Secara administratif, Gunung Lawu berada dalam wilayah Kabupaten Magetan, Kabupaten Ngawi, dan Kabupaten Karanganyar. Jika dilihat di peta, gunung ini terletak di perbatasan Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah. Gunung Lawu memiliki 3 puncak yakni Hargo Dalem, Hargo Dumilah, dan Hargo Dumiling. Puncak tertingginya adalah Puncak Hargo Dumilah.

Gunung Lawu dapat didaki dengan melewati jalur pendakian:

  • Jalur Cemoro Sewu
  • Jalur Cemoro Kandang
  • Jalur Candi Cetho
  • Jalur Jogorogo (tidak resmi)

Baca juga: 8 mitos dan misteri Gunung Lawu yang patut kalian ketahui

5. Gunung Welirang (3156 mdpl)

Sumber: jijihans.com

Secara administratif, Gunung Welirang berada dalam wilayah Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Pasuruan, dan Kota Batu. Gunung Welirang terletak bersebelahan dengan Gunung Arjuno. Gunung Welirang memiliki ketinggian 3156 mdpl dan berada dalam pengelolaan Tahura R. Soerjo.

Gunung Welirang dapat didaki dengan melewati jalur pendakian:

6. Gunung Argopuro (3088 mdpl)

Sumber: www.catatanhariankeong.com

Secara administratif, Gunung Argopuro berada dalam wilayah Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Jember, Kabupaten Bondowoso, dan Kabupaten Situbondo. Gunung Argopuro merupakan puncak tertinggi dari Pegunungan Iyang dengan ketinggian 3088 mdpl.

Gunung Argopuro dapat didaki dengan melewati jalur pendakian:

  • Jalur Bremi, Probolinggo
  • Jalur Baderan, Situbondo
  • Jalur Badean, Jember

FYI, Gunung Argopuro adalah gunung dengan trek pendakian terpanjang di Pulau Jawa.

7. Gunung Suket (2950 mdpl)

Gunung Raung (kiri) dan Gunung Suket (kanan). Sumber: wikipedia

Secara administratif, gunung suket berada dalam wilayah Kabupaten Bodowoso, Jember, dan Banyuwangi. Gunung Suket ini letaknya berada di sebelah Gunung Raung dan merupakan salah satu gunung dalam gugusan Pegunungan Ijen. Gunung ini memliki ketinggian 2950 mdpl.

Gunung Suket juga dapat didaki, yakni melewati jalur sumberwaringin (jalur yang sama dengan pendakian Gunung Raung).

*Eittssss ada bonus

8. Gunung Butak (2868 mdpl)

Secara administratif, Gunung Butak berada dalam wilayah Kabupaten Malang dan Kaupaten Blitar. Gunung Butak merupakan puncak tertinggi dari Pegunungan ‘Putri Tidur’ (Kawi-Butak-Panderman) dengan ketinggian 2868 mdpl. Gunung ini terkenal karena sabananya yang indah.

Gunung Butak  dapat didaki dengan melewati jalur pendakian:

9. Gunung Ngliman/Wilis (2563 mdpl)

Secara administratif, Gunung Ngliman berada dalam wilayah Kabupaten Nganjuk dan Kabupaten Ponorogo. Gunung Ngiman merupakan puncak tertinggi dari gugusan Pegunungan Wilis dengan ketinggian 2563 mdpl. Gunung Ngliman dapat didaki lewat jalur pendakian Desa Sawahan, Kabupaten Nganjuk dan Jalur Kare, Kabupaten Madiun.

10. Gunung Kawi (2551 mdpl)

Secara administratif, Gunung Kawi berada dalam wilayah Kabupaten Malang. Gunung ini tereletak bersebelahan dengan Gunung Butak. Gunung Kawi memiliki ketinggian 2551 mdpl.

Itulah 7 gunung tertinggi di Jawa Timur, apakah kalian sudah mendaki beberapa diantaranya?

Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa follow IG & Twitter kami di @myparadizee dan like fanspage kami @myparadizee (juga). Share artikel ini jika dirasa memberikan manfaat, terima kasih.

About Muhammad Iqbal Maulana

Sedikit mengeluh dan banyak berbagi. Untuk kepentingan kerjasama, buka halaman Kerjasama dan Review

View all posts by Muhammad Iqbal Maulana →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *