Mari Berkenalan dengan 7 Gunung Tertinggi di Jawa Barat

7 GUNUNG TERTINGGI DI JAWA BARAT

Jawa Barat merupakan provinsi dengan keindahan alam yang melimpah . Kondisi bentang alam di provinsi ini mayoritas adalah pegunungan yang membuat provinsi ini memiliki banyak gunung. Dari beberapa gunung yang ada pastilah ada gunung tertingginya. Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang 7 puncak gunung tertinggi di Jawa barat.

1. Gunung Ciremai (3078 mdpl)

Sumber: www.mountain-forecast.com

Secara administratif, Gunung Ciremai berada dalam wilayah Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan, dan Kabupaten Majalengka. Gunung ini merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat dengan ketinggian 3078 mdpl. Gunung ini memiliki kawah ganda. Kawah barat yang beradius 400 meter terpotong oleh kawah timur yang beradius 600 meter. Pada ketinggian sekitar 2900 mdpl di lereng selatan terdapat bekas titik letusan yang dinamakan Goa Walet. Gunung Ciremai berada dalam pengelolaan TNGC (Taman Nasional Gunung Ciremai).

Gunung Ciremai dapat didaki dengan melewati jalur pendakian:

  • Jalur Linggarjati
  • Jalur Linggasana
  • Jalur Palutungan
  • Jalur Apuy

2. Gunung Panrango (3019 mdpl)

Sumber: wisatacibodas.com

Secara administratif, Gunung Gede berada dalam wilayah kabupaten Bogor, Kabupaten Sukabumi, dan Kabupaten Cianjur. Gunung ini merupakan gunung tertinggi kedua di Provinsi Jawa Barat dengan ketinggian 3019 mdpl yang puncaknya bernama Puncak Mandalawangi. Gunung ini terletak di sebelah Gunung Gede. Gunung ini sering disebut Gunung Gede Pangrango, padahal Gunung Gede dan pangrango merupakan dua gunung yang berbeda. Gunung ini berada dalam pengelolaan TNGGP (Taman Nasional Gunung Gede Pangrango).

Gunung Pangrango dapat didaki dengan melewati jalur pendakian:

  • Jalur Gunung Putri
  • Jalur Cibodas
  • Jalur Selabintama

3. Gunung Gede (2958 mdpl)

Sumber: kompasiana.com

Secara administratif, Gunung Gede berada dalam wilayah Kabupaten Bogor, Kabupaten Sukabumi, dan Kabupaten Cianjur. Gunung ini memiliki ketinggian 2958 mdpl. Gunung Gede terletakdi sebelah Gunung Pangrango. Gunung ini berada dalam pengelolaan TNGGP (Taman Nasional Gunung Gede Pangrango). Gunung Gede dapat didaki dengan melewati jalur perndakian yang sama dengan Gunung Pangrango.

4. Gunung Cikuray (2818 mdpl)

Sumber: jelajahgarut.com

Secara administratif, Gunung Cikuray berada dalam wilayah Kabupaten Garut. Gunung ini memiliki ketinggian 2818 mdpl. Gunung ini merupakan gunung yang penuh tantangan untuk didaki karena menyajika trek terjal selama pendakian.

Gunung Cikuray dapat didaki dengan melewati jalur pendakian:

  • Jalur Cilawu
  • Jalur Bayongbong
  • Jalur Cikajang

5. Gunung Papandayan (2665 mdpl)

Sumber: jelajahgarut.com

Secara administratif, Gunung Papandayan berada dalam wilayah Kabupaten Garut. Gunung ini memiliki ketinggian 2665 mdpl. Gunung Papandayan memiliki beberapa kawah, yakni Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk. Kawah-kawah tersebut mengeluarkan asap dari dalam kawah.

Gunung Papandayan dapat didaki dengan melewati jalur pendakian:

  • Jalur Cisurupan
  • Jalur Pangalengan

6. Gunung Kendang (2617 mdpl)

Sumber: sukumuter.blogspot.co.id

Secara administratif, Gunung Kendang berada dalm wilayah Kabupaten Bandung. Gunung ini memiliki ketinggian 2617 mdpl. Gunung Kendang memiliki hamparan padang savana yang luas dengan panorama yang indah.

7. Gunung Patuha (2386 mdpl)

Sumber: jejakumurku.com

Secara administratif, Gunung Patuha berada dalam wilayah Kabupaten Bandung. Gunung ini memiliki ketinggian 2386 mdpl. Gunung Patuha memiliki kawah yang sangat indah dann sudah terkenal di kalangan masyarakat luas, yakni Kawah Putih. Nama Kawah Putih lebih terkenal daripada nama Gunung Patuha itu sendiri

Nah itu tadi adalah daftar 7 gunung tertinggi di provinsi Jawa Barat. Gunung manakah yang sudah kalian daki? Atau kalian ingin daki?  Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa follow IG & Twitter kami di @myparadizee dan like fanspage kami @myparadizee (juga). Share artikel ini jika dirasa memberikan manfaat, terima kasih.

About Muhammad Iqbal Maulana

Sedikit mengeluh dan banyak berbagi. Untuk kepentingan kerjasama, buka halaman Kerjasama dan Review

View all posts by Muhammad Iqbal Maulana →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *