Kampung Warna Jodipan: Rame Warnanya!

Kampung warna jodipan
View dari jembatan Brantas

Kampung Warna Jodipan merupakan sebuah kampung yang berada di tepian sungai Brantas. Yang memuat kampung inidinamakan kampung warna yakkni tembok-tembok rumah di kampung tersebut diberi warna yang beraneka ragam sehingga terlihat mencolok dan menarik perhatian. Sedangkan Jodipan sendiri merupakan nama kelurahan dimana kampung tersebut berada.

Jika kalian ke Kota Malang dan melewati jembatan Brantas, kalian bisa melihat kampung ini. Yap, kampung ini bisa dilihat dari jembatan Brantas. Dan tentunya dari jembatan Brantas ini kalian juga bisa foto-foto dengan background kampung warna.  Sekilas Kampung Warna Jodipan terlihat seperti kampung warna di tepian Kali Code yang ada di Jogjakarta.

Kampung Warna Jodipan awalnya hanyalah pemukiman kumuh yang berada di tepian Sungai Brantas. Ide untuk menyulap perkampungan kumuh menjadi sebuah objek wisata muncul dari gagasan 8 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang diketuai oleh Nabila Firdausiyah.  Gagasan yang mereka buat berawal dari tugas mata kuliah Public Relations II untuk melaksanakan event besar. Akhirnya mereka menggandeng sebuah perusahaan cat untuk merealisasikan gagasan yang telah dibuat.

Kampung warna Jodipan diresmikan langsung oleh Walikota Malang, H. Mochamad Anton didampingi Forkopimda Kota Malang, Ketua TP PKK Kota Malang dan Sekretaris Daerah Kota Malang. Selain itu hadir juga Vice President PT Indana Paint, Steven A Sugiharto serta GuysPro selaku pencetus kampung warna-warni ini. Peresmian dilakukan pada tanggal 4 September 2016. Keberadaaan kampung warna Jodipan ini menjadi ikon baru Kota Malang.

Kampung warna jodipan
View dari salah satu spot

Untuk masuk ke kampung warna ini kalian hanya perlu membayar retribusi sebesar  Rp. 2000/orang dan ongkos parkir sebesar Rp. 2000/sepeda motor. Di kampung Warna Jodipan kalian bisa hunting foto diberbagai spot yang ada. Spotnya umayan banyak kok, tetapi spot yang paling populer yaitu di lapangan yang berada di tepi sungai Brantas. Di lapangan ini juga terdapat penjual makanan dan minuman serta fasilitas toilet yang tentunya harus mbayar untuk menggunakannya :p.

Selain spot di lapangan, kalian juga bisa mencari spot yang agak tinggi untuk memotret kampung warna dari atas. Cukup banyak spot yang agak tinggi disini, terutama yang didekat gang masuk kek kampung ini.

Informasi umum:

  • HTM : Rp. 2000/orang
  • Ongkos parkir: Sepeda motor Rp. 2000
  • Fasilitas: Toilet, penjual makanan dan minuman

Lokasi:

About Muhammad Iqbal Maulana

Sedikit mengeluh dan banyak berbagi. Untuk kepentingan kerjasama, buka halaman Kerjasama dan Review

View all posts by Muhammad Iqbal Maulana →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *