Jalur Pendakian Kawah Ijen, Lengkap dengan Panduan Transportasi dan Tips

Gunung Ijen atau yang lebih dikenal dengan kawah Ijen merupakan sebuah gunung berapi aktif yang berada di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Gunung ini mempunyai ketinggian 2.443 mdpl. Letak gunung ini bersebelahan dengan Gunung Merapi. FYI, di Pulau Jawa terdapat 2 Gunung Merapi, yang pertama terletak di Yogyakarta dan yang kedua terletak di Bondowoso.

Di kalangan para travelers, Gunung Ijen lebih populer dengan sebutan Kawah Ijen. Hal tersebut dikarenakan keindahan kawah gunung ini memang menjadi magnet bagi para travelers. Kawah Ijen merupakan sebuah danau kawah yang bersifat asam dengan luas 5.466 hektar da kedalaman mencapai 200 meter.  Setiap dini hari sekitar pukul 02.00 hingga 04.00, di sekitar kawah dapat dijumpai fenomena blue fire atau api biru, yang merupakan keunikan tempat ini, karena pemandangan alami ini hanya terjadi di dua tempat di dunia yaitu Islandia dan Ijen.

Adakah kalian yang belum pernah mengunjungi dan berencana mengunjungi Kawah Ijen dalam waktu dekat? Jika ada, maka kalian datang pada artikel yang tepat karena pada postingan kali ini saya akan membahas tentang jalur pendakian Kawah/Gunung Ijen beserta tips dan panduan transportasinya.

Panduan Transportasi

Kawah Ijen dapat diakses dari Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi, nantinya kedua rute tersebut akan bertemu di pos Paltuding yang merupakan pos untuk memulai pendakian ke Kawah Ijen.

peta wisata kawah ijen
Peta wisata Kawah Ijen
(Sumber: kherexmine.blogspot.co.id)

Jika kalian menggunakan kendaraan pribadi, dari (kota) Banyuwangi ikuti petunjuk jalan yang mengarahkan ke Kawah Ijen. Rute tersebut akan bersatu di Kecamatan Glagah, kemudian ikuti saja jalan yang ada hingga sampai di Pos Paltuding. Waktu tempuh dari (kota) Banyuwangi ke Pos paltuding sekitar 1 jam.

Jika kalian naik kereta api, turunah di Stasiun Karangasem. Di stasiun tersebut terdapat penyewaan sepeda motor. Nah kalian bisa menyewa sepeda motor untuk melanjutkan perjalanan menuju Pos Paltuding. Untuk rute menuju ke Pos Paltuding, tinggal ikuti penunjuk jalan yang ada.

Jalur Pendakian Kawah Ijen

Pendakian Kawah Ijen dimulai dari Pos Paltuding. Umumnya para travelers melakukan pendakian pada dini hari agar bisa melihat blue fire dan sunrise di atas. Trek pendakian didominasi oleh tanah padat. 2/3 perjalanan awal (mulai dari Paltuding s/d Pos Bunder) trek didominasi oleh tanjakan yang cukup menguras tenaga dan vegetasi berupa hutan. Jika kalian merasa kecapekan, maka kalian bisa mencoba menyewa jasa ‘taksi’ denga biaya 200-300k. Selepas Pos Bunder s/d puncak trek tergolong landai dan vegetasi menjadi terbuka. Sesampainya di atas, kalian bisa memilih untuk melanjutkan perjalanan ke puncak (sejati) atau turun ke kawah untuk melihat blue fire. Waktu tempuh pendakian dari Pos Paltuding s/d puncak sekitar 2-3 jam.

bluefire ijen
Bluefire
(Sumber”: travel.kompas.com)
kawah ijen
Sunrise di puncak
kawah ijen
View Kawah Ijen

Selain menuyuguhkan pemandangan kawahnya, di puncak Gunung Ijen kalian juga dapat melihat pemandangan Gunung Raung, Gunung Suket, Gunung Ranti, Gunung Baluran, Gunung Merapi hingga Laut Jawa. Dengan catatan jika cuaca sedang cerah.

Kawah ijen
View Gunung Ranti

Tips Mendaki Kawah Ijen

  • Gunakan jaket yang tebal karena suhu di puncak terbilang cukup dingin dan terkadang angina berhembus kencang
  • Gunakan sarung tangan dan kaos kaki untuk menghangatkan tangan dan kakimu
  • Gunakan masker karena bau belerang lumayan menyengat jika kalian turun ke kawah
  • Waktu ideal mulai mendaki sekitar pukul 01.00 – 02.00 agar bisa melihat bluefire dan sunrise
  • Bawalah perbekalan makanan dan air yang sekiranya mencukupi
  • Jika ingin membeli belerang dari penambang , cobalah untuk menawar terlebih dahulu
  • JANGAN coba-coba melanjutkan perjalanan ke Kawah Bulan Sabit karena merupakan daerah terlarang

Informasi umum

  • HTM wisatawan domestik : Rp. 5.000,- (weekday) dan Rp. 7.500,- (weekend)
  • HTM wisatawan mancanegara: Rp. 100.000,- (weekday) dan Rp. 150.000 (weekend)

Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa follow IG & Twitter kami di @myparadizee dan like fanspage kami @myparadizee  (juga). Share artikel ini jika dirasa memberikan manfaat, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!