Jalur Pendakian Gunung Wilis via Candi Penampihan, Sendang

Gunung Wilis merupakan sebuah gunung non aktif dengan ketinggian 2563 Mdpl. Secara administratif gunung ini berada dalam wilayah 6 kabupaten yakni Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Kediri, Kabupaten Kediri, Kabupaten Madiun, Kabupaten Ponorogo, dan Kabupaten Trenggalek. Menurut beberapa sumber, Gunung Wilis mempunyai 5 puncak. Tiap-tiap puncak dapat didaki dari Kabupaten yang berbeda. Ada 3 puncak yang terkenal yakni Puncak Liman (puncak tertinggi), Puncak Liman dan Puncak Wilis.

Gunung Wilis dapat didaki via beberapa jalur pendakian, salah satunya yakni via jalur Candi Penampihan, Desa Nglurup, Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungangung. Untuk menuju ke Candi Penampihan, dari Terminal Tulungagung kalian bisa naik angkutan desa kemudian turun di pertigaan koramil sendang. Lalu dari pertigaan kalian bisa naik ojek menuju ke Candi Penampihan.

Infografis jalur pendakian Gunung Wilis via Sendang. (Sumber: Youtube.com)

Pos-pos yang dilewati:

Candi Penampihan – Watu Godeg (Estimasi waktu 4-5 jam)

Untuk menuju ke Watu Godeg ini terdapat 2 jalur yakni melewati air terjun dan langsung menuju Watu Godeg. Kedua jalur tersebut akan bertemu di Watu Godeg. Sangat disarankan memilih jalur yang kedua (langsung menuju Watu Godeg) karena memiliki penunjuk arah yang jelas.

Jika melewati jalur pertama, trek awal pendakian dari Candi Penampihan, kalian akan melewati perkebunan sampai dengan batas hutan. Setelah itu kalian akan masuk ke dalam belantara hutan. Pada saat mendaki Gunung Wilis SANGAT disarankan memakai pakaian lengan panjang dan celana panjang karena hutan di gunung ini merupakan hutan basah dan lembab yang berarti di dalam hutan tersebut banyak terdapat pacet (vampir).

Baca juga: Tips menghindari pacet dan cara mengatasinya

Jika melewati jalur kedua nantinya sebelum ladang sayur/perkebunan terdapat persimpangan menuju air terjun. Dalam perjalanan menuju aire terjun, kalian akan menyebrangi 7 anak sungai. Setelah melewati air terjun, trek akan menanjak menuju Watu Godeg dan tergolong berat. Jalur ini tidak di rekomendasikan karena kurangnya penunjuk arah dan di air terjun tersebut merupakan sarangnya pacet.

Sesampainya di Watu Godeg, kalian bisa mendirikan tenda disini untuk beristirahat dan persiapan summit attack keesokan harinya.

Watu Godeg – Puncak Wilis (Estimasi waktu 3 jam)

Dari Watu Godeg jalur sudah bersatu dan hanya ada satu jalur ke puncak. Trek menuju ke puncak ini berupa tanah yang labil dimana mudah bergerak ketika di injak. Kalian juga akan melewati hutan lembab dan basah pada perjalanan menuju puncak.

Sumber: morceaucoeursousetoiles.blogspot.co.id

Ciri ciri akan mendekati puncak adalah banyaknya pohon cemara / pinus dan mulai jarang tumbuhan yang lebat tetapi akan berganti menjadi pinus dan rerumputan dan lumut. Puncak Wilis via Candi Penampihan memiliki ketinggian 2556 Mdpl.  Jika cuaca sedang cerah kalian bisa melihat view Gunung Semeru, Arjuno-Welirang, Kawi-Butak, Kelud, Lawu bahkan Merapi dan Merbabu.

Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa follow IG & Twitter kami di @myparadizee dan like fanspage kami @myparadizee (juga). Share artikel ini jika dirasa memberikan manfaat, terima kasih.

Sumber:

Pendakian Gunung Wilis Via Candi Penampihan (29 – 31 JANUARI 2013)

http://www.catatanhariankeong.com/2013/03/jalur-pendakian-gunung-wilis.html

About Muhammad Iqbal Maulana

Sedikit mengeluh dan banyak berbagi. Follow me on instagram @mhiqbaal. Untuk kepentingan kerjasama, buka halaman Kerjasama dan Review

View all posts by Muhammad Iqbal Maulana →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *