Jalur Pendakian Gunung Butak via Sirah Kencong

Gunung Butak merupakan gunung tidak aktif dengan ketinggian 2868 Mdpl. Secara administratif gunung ini terletak dalam 2 wilayah kabupaten yakni Kabupaten Malang dan Kabupaten Blitar. Gunung Butak termasuk dalam gugusan Pegunungan Putri Tidur yang didalamnya juga ada Gunung Kawi dan Gunung Panderman.

Sumber: armandfrezh.wordpress.com

Jika dilihat dari jauh di sisi timur (Malang & Batu), maka gunung pegunungan ini akan terlihat seperti seorang putri yang sedang tidur. Oleh karena itu pegunungan tersebut diberi nama Putri Tidur. Dalam pegunungan ini, Gunung Butak merupakan kepala sang putri, Gunung Kawi merupakan dada sang putri dan Gunung Panderman merupakan kaki sang putri.

Gunung Butak memiliki beberapa jalur pendakian, antara lain:

  • Jalur Sirah Kencong, Blitar
  • Jalur Panderman
  • Jalur Prici, Dau
  • Jalur Pesarean Gunung Kawi (Kraton)
  • Jalur Precet

Pada artikel ini, saya akan membahas tentang jalur pendakian Gunung Butak via Sirahkencong, Kabupaten Blitar. Jalur pendakian ini memiliki karakter yang berbeda jika dibandingkan Butak via Panderman. Jika pada jalur Panderman treknya ‘agak santai’ maka di jalur Sirah Kencong ini kalian akan disuguhi tanjakan secara terus menerus yang tentu saja akan menguras tenaga.

Akses menuju basecamp/pos perijinan

Untuk menuju kepos perijinan, dari Wlingi ambil jalan ke arah utara (Semen/Gandusari/Batu/Ngantang). Ikuti jalan tersebut sampai ke pertigaan Pasar Semen, kemudian belok ke kanan dan ikuti jalan yang ada sampai menuju ke Perkebunan Teh Sirah Kencong. Pos perijinan berada di kebun teh tersebut. Kalian bisa melakukan registrasi di pos perijinan sekaligus menitipkan kendaraan.

Pos-pos yang dilewati

Pos perijinan – Wukir ( Estimasi waktu 1-1,5 jam)

Pada trek awal pendakian, kalian akan melewati hamparan perkebunan the yang membentang luas dan menyejukkan mata. Ikuti jalur yang ada sampai menuju wukir (pintu masuk hutan).

Wukir – Pos 1 (Estimasi waktu 2-2,5 jam)

Pada perjalanan menuju pos 1, kalian akan mulai memasuki hutan yang lumayan rapat. Dari Wukir inilah pendakian yang sebenarnya dimulai karena kalian akan dihajar oleh tanjakan demi tanjakan yang tentunya menguras tenaga dan dengkul. Karena kondisi hutan yang cukup rapat, maka waspadai pacet yang siap menghisap darah di sepanjang perjalanan. Pos 1 merupakan tempat yang cukup lapang dan dapat menampung sekitar 3-5 tenda.

Pos 1 – Pos 2 (Estimasi waktu 1,5 – 2 jam)

Pada perjalanan menuju pos 2, kalian masih berkutat dengan rapatnya hutan Gunung Butak. Trek pada perjalanan kali ini lebih berat daripada sebelumnya karena tanjakan yang semakin curam. Jangan lupa untuk tetap waspada akan serangan pacet di sepanjang perjalanan. Pos 2 merupakan tempat tempat terbuka yang cukup sempit dan terdapat 2 pohon besar. Keadaan tanah di pos 2 yakni bergelombang.

Pos 2 – Pos 3 (Estimasi waktu 2 jam)

Pada perjalanan menuju pos 3, vegetasi sudah tidak begitu rapat seperti sebelumnya. Seiring dengan terbukanya vegetasi maka trek yang dihadapi juga semakin berat. Tanjakan yang kalian lewati akan semakin curam dan pada musim penghujan tanjakan-tanjakan tersebut menjadi licin. Pos 3 merupakan area terbuka yang cukup luas dan cocok untuk ngecamp.

Pos 3 – Pos 4 (Estimasi waktu 45 menit)

Pada perjalanan menuju pos 4, vegetasi masih sama dengan sebelumnya, namu tanjakan yang dilewati akan semakin curam, berat dan menguras tenaga. Pos 4 merupakan area yang cukup luas untuk mendirikan tenda.

Pos 4 – Pos 5 (Estimasi waktu 1,5 – 2 jam)

Perjalanan menuju pos 5 bisa dibilang perjalanan yang paling berat dan menguras tenaga pada jalur ini, karena melewati tanjakan yang semakin curam ditengah hutan pinus dan rimbunnya semak-semak tinggi. Jika mendaki pada musim penghujan maka berhati-hatilah karena trek akan sangat licin. Menjelang sampai pos 5, vegetasi hutan pinus akan berganti menjadi hutan lumut. Pos 5 merupakan area datar yang tidak cukup luas. Pos 5 juga merupakan pos terakhir dalam jalur pendakian ini.

Pos 5 – Puncak Butak (Estimasi waktu 1 jam)

Kelima pos sudah terlewati, kini tinggal menyisakan perjalanan menuju punjak. Pada perjalanan menuju puncak Butak didominasi oleh hutan lumut namun tidak terlalu rapat.

gunung butak
Suasana Puncak Butak

Di puncak Butak, kalian bisa melihat view Gunung ArjunoWelirang di sebelah utara, Gunung Semeru di sebelah timur, dan Gunung Kelud, Lawu, Wilis di sebelah barat. Hamparan Sabana juga telihat dari puncak Butak ini. Jika kalian ingin turun ke sabana, waktu yang dibutuhkan sekitar  15 – 30 menit saja.

gunung butak
View sabana dari puncak
gunung butak
Plakat puncak

Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa follow IG & Twitter kami di @myparadizee dan like fanspage kami @myparadizee  (juga). Share artikel ini jika dirasa memberikan manfaat, terima kasih.

About Muhammad Iqbal Maulana

Sedikit mengeluh dan banyak berbagi. Untuk kepentingan kerjasama, buka halaman Kerjasama dan Review

View all posts by Muhammad Iqbal Maulana →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *