Jalur Pendakian Gunung Butak via Panderman

Gunung Butak merupakan gunung tidak aktif dengan ketinggian 2868 Mdpl. Secara administratif gunung ini terletak dalam 2 wilayah kabupaten yakni Kabupaten Malang dan Kabupaten Blitar. Gunung Butak termasuk dalam gugusan Pegunungan Putri Tidur yang didalamnya juga ada Gunung Kawi dan Gunung Panderman.

Pegunungan Putri Tidur. (Sumber: armandfrezh.wordpress.com)

Jika dilihat dari jauh di sisi timur (Malang & Batu), maka gunung pegunungan ini akan terlihat seperti seorang putri yang sedang tidur. Oleh karena itu pegunungan tersebut diberi nama Putri Tidur. Dalam pegunungan ini, Gunung Butak merupakan kepala sang putri, Gunung Kawi merupakan dada sang putri dan Gunung Panderman merupakan kaki sang putri.

Gunung Butak memiliki beberapa jalur pendakian, antara lain:

Pada artikel ini, saya akan membahas tentang jalur pendakian Gunung Butak via Panderman. Pendakian via jalur ini kita tidak harus mendaki Gunung Panderman terlebih dahulu, tetapi kita berangkat dari basecamp yang sama dengan basecamp Gununng Panderman dan dalam perjalanan kita akan memutari Gunung Panderman. Berikut rincian jalur pendakian Gunung Butak via Panderman.

Akses menuju Basecamp

Untuk menuju ke basecamp pendakian Dukuh Toyomerto (Panderman) ini aksesnya cukup mudah. Dari alun-alun Kota Batu ikuti saja jalan ke arah barat, sampai di perempatan yang kedua belok kiri, lalu ikuti jalan sampai bertemu perempatan lagi kemudian belok ke kanan ke jalan yang ada gapura “Wisata Gunung Panderman”. Setelah belok kanan lalu ikuti jalan yang ada sampai habis dan kalian akan sampai di basecamp pendakian.

Disarankan untuk membawa kendaraan pribadi ke basecamp karena tidak ada angkot yang menuju kesana. Jika tidak membawa kendaraan pribadi, kalian bisa jalan kaki dari gapura atau naik ojek yang biasa mangkal di dekat gapura tersebut.

Kendaraan pribadi bisa kalian titipkan di basecamp. Di basecamp ini kalian akan ditarik retribusi pendakian sebesar Rp. 7.500,- (kalau tidak salah).

NB: Motor matic tidak boleh naik sampai basecamp dengan alasan keselamatan sehingga parkirnya di kampung bawah. Untuk menlanjutkan ke basecamp kalian bisa berjalan kaki, numpang pick up warga atau naik ojek dengan tarif Rp. 10.000,-

Pos-pos yang dilewati

Basecamp – sabana (Estimasi waktu 6 – 8 jam)

Dari basecamp kita akan melewati ikuti jalan lurus (jalan sama dengan menuju panderman) samai bertemu percabangan dimana ke kiri dengan jalan menanjak itu menuju Gunung Panderman. Ikuti terus jalan yang ada. Berhati-hatilah pada trek awal-awal ini banyak sekali percabangan. Silahkan lihat peta di atas untuk mengetahui jalur menuju Gunung Butak. Nantinya jalur ini akan melewati belakang Gunung Panderman.

peta percabangan gunung butak
Peta percabangan. (Sumber: http://akhdanmp.blogspot.com)

Setelah melewati jalur dengan banyak percabangan, kalian akan mulai memasuki hutan. Sebelum memasuki hutan kalian akan disambut dengan tanjakan PHP, kemudian kalian akan melewati hutan lumut dan akhirnya sampai di pos capingan.

gunung butak
Awal tanjakan PHP

Kalian tidak akan menemuan percabangan sampai pos Capingan. Di pos ini merupakan pertemuan antara jalur Princi dan Jalur Panderman. Dari pos Capingan beloklah ke kanan untuk menuju ke sabana.  Oh iya trek dari basecamp s/d Pos Capingan ini bisa bisa dibilang landai dan banyak bonusnya. Barulah dari Pos Capingan s/d Sabana ini jalannya lebih menanjak daripada sebelumnya.

Sesampainya di sabana kalian bisa mendirikan tenda untuk beristirahat. Di sabana ini juga terdapat mata air untuk mengisi persediaan air kalian. Sabana Butak ini indah sekali, terlebih pada saat pagi hari.

Sabana – Puncak Butak (Estimasi waktu 30 – 60 menit)
gunung butak
Barisan tenda di sabana. (Sumber: www.pendaki.info)

Dari sabana ikuti jalur yang ada sampai bertemu pertigaan. Terdapat dua jalur yang dapat kalian pilih yakni belok kanan dengan jalur yang curam tapi cepat atau pilih jalur lurus yang landai tapi agak memutar. Trek dalam perjalanan menuju puncak ini  menanjak dan cukup menguras tenaga. Jangan lupa membawa bekal saat muncak ya!

gunung butak
Petunjuk ke arah puncak

Di puncak Butak, kalian bisa melihat view Gunung ArjunoWelirang di sebelah utara, Gunung Semeru di sebelah timur, dan Gunung Kelud, Lawu, Wilis di sebelah barat. Sabana juga telihat dari puncak Butak ini.

gunung butak
View sabana dari puncak
gunung butak
Suasana Puncak Butak
gunung butak
Plakat puncak

Tips mendaki Gunung Butak:

  • Pakailah pakaian tertutup (baju lengan panjang dan celana panjang) karena di beberapa titik vegetasinya cukup lebat dan akan melewati hutan lumut. Pakaian tertutup akan mlindungi kalian dari ‘gesekan’ daun/ranting dan pacet
  • Lebih baik menggunakan sepatu, karena di beberapa titik banyak terdapat potongan akar yang bisa menyebabkan kesandung
  • Jika mendaki pada musim penghujan sangat disarankan menggunakan sepatu karena ketika musim penghujan tanahnya becek (penuh ledog)
  • Jika mendaki pada musim kemarau, jangan lupa membawa masker karena tanahnya sangat berdebu
  • Jika mendirikan tenda di sabana, usahakan dekat dengan sumber air agar tidak kerepotan saat membutuhkan air

Baca juga: 10 Galeri Foto Gunung Butak yang Akan Memanjakan Mata

FAQ (Frequently Asked Question)

Q : Di awal perjalanan kan banyak percabangan, ada papan petunjuknya gak? Jelas?
A : Ada dan jelas kok

Q : Tanjakan PHP itu nanjaknya panjang gak?
A : Lumayan panjang, anggap saja tanjakan PHP sebagai pemanasan memasuki trek butak yang sebenarnya. Setelah tanjakan PHP banyak bonusnya kok

Q : Hutan lumutnya panjang?
A : Lumayan panjang, tapi enaknya treknya mayoritas bonus (jalan datar)

Q : Trek yang paling menguras tenaga?
A : Mulai pertigaan s/d sabana

Q : Gunungnya rame? 
A : kalo malam minggu/liburan ya lumayan tapi kalau hari biasa insyaAllah enggak

Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa follow IG & Twitter kami di @myparadizee dan like fanspage kami @myparadizee (juga). Share artikel ini jika dirasa memberikan manfaat, terima kasih.

4 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!