Jalur Pendakian Gunung Arjuno-Welirang Via Tretes

JALUR ARJUNO-WELIRANG VIA TRETES

Gunung Arjuno (3339 Mdpl) dan Gunung Welirang (3156 Mdpl) merupakan dua gunung yang berdekatan. Kedua gunung ini dapat didaki via jalur pendakian yang sama, yaitu via jalur Tretes dan Jalur Batu/Selecta/Jurangkwali/Cangar.  Kali ini mimin Paradizee akan membahas tentang jalur pendakian Gunung Arjuno – Welirang via Tretes.

Sekilas tentang Jalur Tretes

Jalur Tretes merupakan jalur pendakian yang berada di sisi utara Gunung Arjuno – Welirang. Jika dilihat dari peta, jalur ini lebih dekat pada Gunung Welirang. Jalur Tretes terkenal dengan trek berbatunya yang siap membuat kaki keder. Selain itu Jalur Tretes ini juga digunakan sebagai jalur penambangan belerang. Jalur pendakiannya juga dijadikan jalur lewatya jeep penambang mulai dari pos 1 (Pet Bocor) s/d Pos 3 (Pondokan).

Basecamp Tretes terletak di depan Hotel Tanjung. Letaknya persis di sebelah kanan jalan (jika kalian dari arah Surabaya/Pandaan. Basecampnya sendiri cukup luas dan ada toko dan warung yang menjual makanan dan minuman.

Pos-pos di jalur pendakian Tretes:

Basecamp Tretes – Pos 1 (Pet Bocor). Estimasi waktu 15-30 menit.

basecamp tretes
Basecamp Tretes
(Sumber: tahura-radensoerjo.org)

Basecamp Tretes merupakan starting point di jalur pendakian Tretes ini. Di basecamp ini kalian bisa melakukan persiapan akhir sebelum mendaki. Jangan lupa untuk mengecek peralatan dan perlengkapan mendaki kalian, siapa tahu ada yang ketinggalan.

Setelah persiapan selesai, kalian akan mulai menyusuri trek berbatu. Trek awal-awal ini lumayan menanjak dan lumayan untuk pemanasan. Sebelum sampai di Pos 1, kalian akan menemui pertigaan. Belok kiri di pertigaan dan berjalan sedikit, kalian akan tiba di Pos 1.

pet bocor
Pos 1 (Pet Bocor)
Sumber: travel.detik.com

Pos 1 ini berupa warung. Di depan warung ini terdapat camping ground yang lumayan luas. Di warung ini kaian bisa melepas lelah sembari ngobrol-ngobrol ataupun minum seteguk air. Di pos ini terdapat sumber air yang berasal dari pipa yang bocor. Kalian bisa mengisi persediaan air disini.

Pos 1 (Pet Bocor) – Pos 2 (Kop-kopan). Estimasi waktu 3-4 jam.

Pada perjalanan menuju pos 2, kalian akan tetap disuguhi trek berbatu. Treknya masih didominasi tanjakan yang tidak begitu curam namun terkesan memutar. Dan ini cukup menguras tenaga. Vegetasi di awal-awal perjalanan masi berupa hutan.

Menjelang sampai di pos 2, vegetasi akan berubah menjadi terbuka dan tanjakan menjadi lumayan curam dan menguras tenaga. Mana ada bro tanjakan gak menguras tenaga!

Pos 2 (Kop-kopan) ini merupakan lahanterbuka yang lumayan luas. Di pos 2 ini terdapat warung yang menjual makanan dan minuman. Lumayan bro irit logistik. Tapi gak setiap hari warung ini buka, biasanya pada hari Sabtu-Minggu atau pas waktu ramai pendaki saja warung ini buka.

Di pos 2 ini terdapat sumber mata air, berupa grojogan kecil yang bisa kalian gunakan untuk mengisi persediaan air. Jika cuaca sedang cerah, kalain bisa melihat view Gunung Penanggungan dari sini.

Pos 2 (Kop-kopan) – Pos 3 (Pondokan). Estimasi waktu 3-4 jam.

Di perjalanan menuju pos 3, kalian masih disuguhi trek berbatu. Di awal-awal perjalanan, tanjakannya lumayan curam dan memutar. Trek ini akan berlanjut sampai kalian melewati tanjakan penyesalan. Tanjakan penyesalan merupakan tanjakan lurus yang memiliki kemiringan curam. Dari bawah kalian bisa melihat ujung tanjakan ini, dijamin bikin mental down kalau gak kuat :p.

trek arjuno welirang via tretes
Trek setelah tanjakan penyesalan

Setelah melewati tanjakan penyesalan, elevasi tanjakan sudah tidak begitu curam dan vegetasi pun mulai tertutup alias masuk ke dalam hutan. Trek selanjutnya ya Cuma gitu-gitu aja sampai pos 3. Menjelang pos 3, kalian akan menemui sebuah tanah lapang (yang sebenarnya juga gak lebar-lebar amat sih). Dari tanah lapang itu ikuti jalur pendakian yang sudah ada untuk menuju pos 3.

pos 3 gunung arjuo via tretes
Pos 3 (Pondokan)

Pos 3 ini merupakan perumahan/perkampungan para penambang belerang. Di pos 3 ini juga terdapat warung yang buka di hari Sabtu-Minggu dan musim rame-ramenya pendaki. Disini juga terdapat sumber air. Sumber airnya disini ditampung di sebuah bak yang lumayan besar. Kalian bisa mengisi persediaan air disini.

Di pos 3 ini terdapat percabangan dimana lurus menuju Gunung Welirang dan belok kiri menuju Lembah Kidang/Gunung Arjuno.

Pos 3 (Pondokan)  – Puncak Welirang. Estimasi waktu 3 jam.

Dari pos 3 menuju Puncak Welirang kalian akan tetap disuguhi trek berbatu. Kali ini tanjakannya lumayan curam. Vegetasi awal yakni masih di dalam hutan. Sekitar 1-1,5 jam berjalan, vegetasi berubah menjadi terbuka. Terus ikuti saja jalur yang ada karena Puncak Welirang sudah dekat.

gunung welirang
Kerucut Gunung Welirang
puncak gunung welirang
Puncak Welirang

Menjelang Puncak Welirang, kerucut Welirang sudah bisa terlihat. Jangan tertipu, Puncak Welirang ada di balik kerucut tersebut. Sebelum mencapai puncak kalian akan melewati kawah yang mengeluarkan asap belerang. Saran mimin, kalau summit ke Puncak Welirang jangan lupa bawa masker.

Pos 3 (Pondokan ) – Puncak Arjuno. Estimasi waktu 5-6 jam.

Ada kabar gembira disini, yaitu mulai trek dari pondokan sampai Puncak Arjuno sudah tidak lagi berupa trek berbatu yang membuat kaki linu tetapi treknya tanah. Sekitar 15-20 menit berjalan kalian akan sampai di Lembah Kidang. Lembah Kidang ini merupakan sabana yang cukup luas dan dari sini kalian bisa melihat Puncak Arjuno yang menjulang tinggi menatap langit.

lembah kidang
Lembah Kidang

Dari Lembah Kidang, kalian akan melanjutkan perjalanan ke Sabana 2. Perjalanan dari Lembah Kidang menuju Sabana 2 yakni 15 menit. Sabana 2 ini cukup luas dan pemandangannya tidak kalah indah dengan Lembah Kidang.

Oh iya trek dari Pos 3 – Lembah Kidang – Sabana 2 ini cenderung datar dan banyak bonusnya. Barulah setelah Sabana 2 ini trek sesungguhnya dimulai. Trek setelah Sabana 2 ini terus menanjak dan minim bonus sampai vegetasi berubah menjadi terbuka. Trek ini akan memakan waktu yang cukup panjang dan menguras tenaga untuk melewatinya.

Puncak gunung arjuno
Puncak Arjuno

Setelah sampai di vegetasi terbuka, trek cenderung naik turun tetapi tidak terlalu curam (berpindah-pindah bukit). Setelah melewati 3-5 bukit, kalian akan sampai di Puncak Arjuno. Puncak Arjuno ini berupa batu-batu yang sangat banyak.

Baca juga: Jalur pendakian Gunung Arjuno via Purwosari

About Muhammad Iqbal Maulana

Sedikit mengeluh dan banyak berbagi. Untuk kepentingan kerjasama, buka halaman Kerjasama dan Review

View all posts by Muhammad Iqbal Maulana →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *