Jalur Pendakian Gunung Arjuno via Lawang

Arjuno via lawang

Gunung Arjuno (3339 Mdpl) merupakan sebuah gunung api istirahat di Jawa Timur. Gunung ini dapat didaki via jalur Tretes, Purwosari, Lawang, dan Cangar. Kali ini saya akan membahas tentang jalur pendakian Gunung Arjuno via Lawang.

Sekilas tentang Jalur Lawang

Gunung Arjuno via Lawang merupakan jalur pendakian yang berada di sisi timur. Jalur ini memiliki jarak tempuh yang lebih pendek ketimbang Jalur Tretes dan Purwosari. Meskipun jarak tempuhnya lebih pendek tetapi Arjuno via Lawang terkenal dengan trek yang tergolong berat, bahkan lebih berat dari Jalur Tretes dan Purwosari. Jalur pendakian ini nantinya akan bertemu dengan Jalur Purwosari di Plawangan.

Untuk menuju Basecamp Lawang, kalian bisa menuju Pasar Lawang terlebih dahulu. Kemudian dilanjutkan dengan naik angkutan umum atau ojek.

Pos-pos di Jalur Lawang:

Basecamp – Pos 1 (Alang-alang). Estimasi waktu 1 jam.

Perjalanan awal dari basecamp, kalian akan menyusuri kebun teh. Disini vegetasi masih teduh. Trek di jalur ini tergolong landai dan tidak menguras tenaga.

Sumber: infopendaki.com

Pos 1 terletak di perbatasan hutan dan kebun teh. Di Pos 1 ini terdapat bangunan kayu yang bisa digunakan untuk beristirahat.

Pos 1 – Pos 2 (Lincing). Estimasi waktu 2 jam.

Pada jalur ini trek mulai menanjak dan menguras tenaga. Jalur yang dilewati berupa tanah keras. Sama dengan pos 1, di pos 2 ini terdapat bangunan kayu.

Sumber: infopendaki.com

Di pos 2 ini kalian juga bisa mendirikan tenda dengan lahan yang cukup untuk menampung 3-4 tenda. Oh iya, di sebelah kiri bangunan kayu tesebut terdapat jalan setapak menuju sumber air. Untuk menuju sumber air ini kalian akan menuruni jurang dan membutuhkan waktu sekitar 15 menit.

Pos 2 – Pos 3 (Mahapena). Estimasi waktu 3 jam.

Sumber: manusialembah.blogspot.co.id

Pada jalur ini trek masih tetap menanjak. Namun kali ini vegetasi berubah menjadi terbuka dimana alian akan melewati sabana perbukitan. Untuk menuju ke pos 3 terdapat dua jalur yakni melewati sabana dan Bukit Lincing. Namun lebih direkomendasikan lewat sabana saja karena jika melewati Bukit Lincing treknya lebih berat. Tanda-tanda kalian sudah dekat dengan pos 3 yakni adanya pohon cemara. Pos 3 ini berupa tanah lapang yang cukup luas. Di pos 3 ini kalian juga bisa mendirikan tenda.

Pos 3 – Pos 4 (Gombes). Estimasi waktu 3,5 – 3,75 jam.

Perjalanan dari pos 3 ke pos 4 ini lumayan jauh. Jalur ini bisa dibilang sebagai trek yang paling melelahkan pada pendakian ini karena trek yang terus menanjak dan panjang. Pos 4 berupa tanah lapang yang cukup luas dan dapat menampung sampai tengan 6 tenda.

Pos 4 – Plawangan. Estimasi waktu 1,5 jam.

Perjalanan kali ini masih tetap didominasi oleh tanjakan. Bersiap-siaplah karena kalian akan melewati alas lali jiwo yang terkenal itu. Tanda-tanda kalian sudah dekat denga plawangan yakni kalian sudah memasuki hutan cemara.

Di Plawangan ini nantinya Jalur Lawang ini akan bertemu dengan Jalur Purwosari.

Plawangan – Puncak. Estimasi waktu 1 jam.

Pada Perjalanan menuju puncak Arjuno, trek sudah tidak terlalu menanjak. Vegetasi berubah menjadi terbuka.

Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa follow IG & Twitter kami di @myparadizee dan like fanspage kami @myparadizee (juga). Share artikel ini jika dirasa memberikan manfaat, terima kasih.

About Muhammad Iqbal Maulana

Sedikit mengeluh dan banyak berbagi. Untuk kepentingan kerjasama, buka halaman Kerjasama dan Review

View all posts by Muhammad Iqbal Maulana →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *