Jalur Pendakian Gunung Anjasmoro Via Pabrik Jamur Cangar

gunung anjasmoro
Sumber: hariharikakiku.blogspot.com

Gunung Anjasmoro ini tergolong gunung yang masih jarang didaki. Wajar saja, karena namanya belum terlalu familiar dikalangan pendaki. Gunung ini sebenarnya mempunyai banyak puncak dan puncak tertingginya yakni Puncak Cemoro Sewu (2282 Mdpl). Selain dapat didaki via jalur Carangwulung , Wonosalam, Gunung Anjasmoro juga dapat didaki via jalur Pabrik Jamur, Cangar.

Untuk mendaki via jalur Pabrik Jamur, Cangar ini kalian harus ijin dulu di pos perijinan Tahura R. Soerjo. Pos ini letaknya di Desa Sumberbrantas, kalau dari Batu/Malang letaknya sebelum Cangar dan kalau dari arah Pacet letaknya sesudah Cangar.

Setelah mengurus perijinan di pos Tahura, kalian bisa menuju rumah Bapak Marsudi untuk menitipkan sepeda dan meminta informasi mengenai jalur pendakian Anjasmoro via Pabrik Jamur, Cangar.

Menurut informasi dari Bapak Marsudi pendakian ke Puncak Anjasmoro hanya memakan waktu 2,5 jam. Start dari ketinggian sekitar 1600 Mdpl menuju Puncak Anjasmoro yang memiliki ketinggian sekitar 2200 Mdpl.

Perjalanan awal dari rumah Bapak Marsudi kalian akan melewati pabrik jamur. Setelah itu, kalian akan masuk hutan. Hutan di jalur pendakian ini masih cukup lebat dan basah. Sangat disarankan untuk berpakaian tertutup (kaos lengan panjang dan celanan panjang). Selain itu karena trek yang cenderung basah memiliki kemungkinan besar menjadi sarang pacet. Oleh karena itu, pakaian tertutup bisa membantu kalian mencegah serangan pacet.

anjasmoro via cangar
Trek pendakian (Sumber: www.adeutomo.com)

Puncak Gunung Anjasmoro via Pandrik Jamur (2554 Mdpl) , cangar ini berbeda dengan puncak yang via Carangwulung , Wonosalam (2282 Mdpl),  karena Pegunungan Anjasmoro ini memiliki 4 puncak.

anjasmoro via cangar
Tanda puncak (Sumber: www.adeutomo.com)

Karena informasi mengenai gunung ini masih sangat minim petunjuk dan informasi, maka sangat disarankan untuk ditemani seseorang yang sudah pernah mendaki gunung ini. Kalian bisa meminta Bapak Marsudi untuk mencarikan warga desa sebagai pemandu pendakian.

Sumber: www.adeutomo.com

About Muhammad Iqbal Maulana

Sedikit mengeluh dan banyak berbagi. Follow me on instagram @mhiqbaal. Untuk kepentingan kerjasama, buka halaman Kerjasama dan Review

View all posts by Muhammad Iqbal Maulana →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *