Inilah 8 Pegunungan yang Ada di Jawa Timur

Jawa Timur merupakan provinsi dengan keindahan alam yang beraneka ragam, salah satunya adalah gunung. Ada banyak gunung yang berada di provinsi ini. Dari beberapa gunung yang ada membentuk gugusan yang kita kenal dengan sebutan pegunungan. Kali ini saya akan berbagi artikel tentang …. pegunungan yang ada di Jawa Timur. Berikut ini daftarnya, dimulai dari timur terlebih dahulu.

1. Pegunungan Ijen

Sumber: wendykenafiana.wordpress.com

Pegunungan Ijen merupakan egunungan yang berada dalam wilayah 3 kabupaten yakni Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Bondowoso, dan Kabupaten Jember. Beberapa gunung di pegunungan ini antara lain Gunung Ijen, Gunung Rante, Gunung Merapi, Gunung Suket dan Gunung Raung. Punca tertinggi dari pegunungan ini adalah Gunung Raung (3344 Mdpl).

2. Pegunungan Iyang

Pegununga Iyang merupakan pegunungan yang berada dalam wilayah 5 Kabupaten yakni yaitu Kabupaten Jember, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Situbondo serta sebagian kecil Kabupaten Lumajang. Beberapa gunung di pegunungan ini antara lain Gunung Argopuro, Gunung Iyang, Gunung Krincing, Gunung Cemarapanjang, Gunung Panggung, Gunung Sahing, Gunung Siluman, Gunung Malang dan lainnya. Serta Gunung Gambir dan Gunung Lemongan yang terpaut jarak cukup jauh dengan gunung-gunung lainnya di sebelah barat Pegunungan Iyang. Puncak tertinggi dari Pegunungan Iyang adalah Gunung Argopuro (3088 Mdpl).

3. Pegunungan Tengger

Sumber: surabaya.panduanwisata.id

Pegunungan Tengger merupakan pegunungan yang berada dalam wilayah 4 Kabupaten, yakni Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, dan Kabupaten Lumajang. Beberapa gunung yang berada dalam pegunungan ini yakni:

  • Gunung Semeru (3676 Mdpl)
  • Gunung Bromo (2329 Mdpl)
  • Gunung Batok (2470 Mdpl)
  • Gunung Kursi (2581 Mdpl)
  • Gunung Watangan (2601 Mdpl)
  • Gunung Widodaren (2650 Mdpl)
  • Gunung Linggo
  • Gunung Penanjakan
  • Gunung Pundak Lembu
  • Gunung Gandera
  • Gunung Ringgit
  • Gunung Widangan
  • Gunung Sumbersenami
  • Gunung Pranten
  • Gunung Bajangan

Puncak tertinggi pegunungan ini adalah Gunung Semeru (3676 Mdpl). Pegunungan ini berada dalam pengelolaan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

4. Pegunungan Putri Tidur (Kawi-Butak)

Sumber: armandfrezh.wordpress.com

Pegunungan Putri Tidur merupakan pegunungan yang berada dalam wilayah 2 Kabupaten dan 1 Kota yakni Kabupaten Malang, Kabupaten Blitar dan Kota Batu. Beberapa gunung di pegunungan ini antara lain Gunung Kawi, Gunung Butak, dan Gunung Panderman. Susunan dari Gunung Kawi, Butak dan Panderman ini jika dilihat dari arah timur akan terlihat seperti seorang putri yang sedang tidur. Puncak tertinggi dari pegunungan ini adalah Gunung Butak (2868 Mdpl).

5. Pegunungan Wilis

Sumber: ngliman.com

Pegunungan Wilis merupakan pegunungan yang berada dalama wilayah 6 Kabupaten, yakni Kabupaten Kediri, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Madiun, Kabupaten Ponorogo, dan Kabupaten Trenggalek. Beberapa gunung di pegunungan ini antara lain Gunung Liman, Gunung Limas, Gunung Dorowati, Gunung Wilis, dll. Puncak tertinggi dari pegunungan ini adalah Gunung Liman (2563 Mdpl).

6. Pegunungan Kendeng

Pegunungan Kendeng merupakan pegunungan kapur yang mencaku wilayah 2 provinsi. Di Jawa Timur, Pegunungan Kendeng masuk ke dalam wilayah Kabupaten Ngawi, Kabupaten Madiun, Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Jombang, Kabupaten Mojokerto. Puncak tertinggi dari pegunungan ini adalah Gunung Pandan (897 Mdpl).

7. Pegunungan Kapur Utara

Pegunungan Kapur Utara merupakan pegunungan kapur yang membentang di pesisir utara Pulau Jawa. Pegunungan ini membentang mulai dari Kabupaten Pati, Jawa Tengah hingga Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Sebagian masyarakat sering menyebut pegunungan ini dnegan sebutan Pegunungan Kendeng Utara karena letaknya yang sejajar dengan Pegunungan Kendeng.

8. Pegunungan Sewu

Pegunungan Sewu merupakan pegunungan kapur yang membentang sepanjang pantai selatan Gunung Kidul sampai dengan Kabupaten Tulungagung. Pegunungan ini membentang di 3 provinsi yakni Jawa Timur, Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

Daftar pegunungan di atas merupakan versi saya, jika ada yang kurang atau salah mohon koreksinya di kolom komentar.

Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa follow IG & Twitter kami di @myparadizee dan like fanspage kami @myparadizee (juga). Share artikel ini jika dirasa memberikan manfaat, terima kasih.

 

 

About Muhammad Iqbal Maulana

Sedikit mengeluh dan banyak berbagi. Follow me on instagram @mhiqbaal. Untuk kepentingan kerjasama, buka halaman Kerjasama dan Review

View all posts by Muhammad Iqbal Maulana →

3 Comments on “Inilah 8 Pegunungan yang Ada di Jawa Timur”

    1. Bener banget mas, pemandangannya bagus + ada fenomena blue firenya yg langka. Waktu pendakiannya juga singkat sekitar 2-3 jam saja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *