6 Gunung yang Cocok Untuk Pendaki Pemula

Mendaki gunung merupakan aktivitas yang menantang dan menyenangkan. Saat ini kegiatan tersebut banyak digandrungi oleh banyak orang dari hamper seluruh kalangan usia. Banyak hal indah yang bisa ditemui pada saat mendaki gunung, seperti pemandangan lautan awan, sunrise, hamparan rumput dan pepohonan dan masih banyak lagi.

Bagi kalian yang ingin mencoba mendaki gunung, taka da salahnya mencoba …. Gunung di bawah ini yang dijamin cocok untuk pemula (orang yang pertama kali mendaki gunung). Berikut ini daftar …..

1. Gunung Andong (1726 mdpl)
Gunung andong
View Gunung Andong. (Sumber: piknikasik.com)

Gunung Andong terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Gunung ini mempunyai ketinggian 1762 mdpl dengan waktu pendakian hanya 1,5 – 2 jam. Dengan waktu pendakian yang singkat tentu saja gunung ini sangat cocok sekali untuk pemula.

Gunung Andong memiliki 3 puncak, yakni puncak makam, puncak alap-alap dan puncak andong (puncak tertinggi). Puncak gunung ini berupa lahan terbuka dimana kalian bisa melihat pemandangan Gunung Merapi, Merbabu, Telomoyo, Ungaran, Prau hingga Sumbing dan Sindoro.

2. Gunung Prau (2565 mpdl)
View Gunung Prau. (Sumber: phinemo.com)

Gunung Prau berada di kawasan Dataran Tinggi Dieng dan merupakan tapal batas antara tiga kabupaten yaitu Kabupaten Batang, Kabupaten Kendal dan Kabupaten Wonosobo. Gunung ini mempunyai ketinggian 2565 mpdl dan dapat ditempuh dengan waktu pendakian 3-5 jam dari basecamp jalur Patak Banteng.

Puncak Gunung Prau berupa lahan terbuka dimana kalian dapat melihat pemandangan Gunung Sindoro dan Sumbing di seberang yang tampak seperti gunung kembar, serta Gunung Merbabu, Merapi hingga Lawu.

3. Gunung Panderman (2000 mpdl)
gunung panderman
View Gunung Panderman. (Sumber: kimtamlombok.blogspot.com)

Gunung Panderman terletak di Kota Batu, Jawa Timur. Gunung ini memliki ketinggian 2000 mpdl dengan waktu pendakian sekitar 2-3 jam saja. Cukup singkat kan? Sangat cocok untuk pemula!

Di puncak gunung ini mayoritas tertutup oleh pepohonan, namun ada sedikit lahan terbuka dimana kita bisa melihat pemandangan Gunung Arjuno-Welirang, Pegunungan Anjasmoro dan Gunung Semeru. Selain itu di puncak gunung ini juga bayak dijumpai kera liar yang berkeliaran.

Baca juga: Jalur pendakian Gunung Panderman via Dukuh Toyomerto

4. Gunung Penanggungan (1653 mpdl)
GUNUNG PENANGGUNGAN 2
View Gunung Arjuno-Welirang

Gunung Penanggungan berada dalam wilayah Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Pasuruan. Gunung ini ketinggian 1653 mpdl dengan waktu pendakian sekitar 4-6 jam via jalur trawas. Gunung ini juga sering disebut dengan Gunung Pawitra dan anak Gunung Semeru. Konon katanya Gunung Penanggungan merupakan puncak dari Gunung Semeru yang dipotong.

Puncak gunung ini merupakan lahan terbuka dimana kita dapat melihat pemandangan Gunung Arjuno-Welirang, Pegunungan Anjasmoro dan Gunung Semeru.

Baca juga: Jalur pendakian Gunung Penanggungan via Tamiajeng, Trawas

5. Gunung Pundak (1547 mdpl)
View Gunung Pundak. (sumber: manusialembah.com)

Gunung Pundak terletak di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Gunung ini memliki ketinggian 1547 mpdl dengan waktu pendakian sekitar 2-3 jam saja. Gunung Pundak dapat didaki via jalur puthuk siwur dan jalur tahura.

Di puncak gunung ini, kalian dapat melihat gagahnya Gunung Welirang yang menjulang tinggi serta Gunung Penanggunga yang berdiri di seberang.

6. Gunung Ijen (2443 mdpl)

GUNUNG IJEN

Gunung ijen berada dalam wilayah Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Gunung ini mempunyai ketinggian 2443 mdpl dengan waktu pendakian 2-3 jam.

Puncak Gunung Ijen terkenal karena keindahan kawahnya, oleh karena itu banyak orang menyebut gunung ini dengan sebutan Kawah Ijen. Jika kalian tiba di puncak ketika langit masih gelap, maka kalian bisa menyaksikan fenomena api biru (blue fire).

Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa follow IG & Twitter kami di @myparadizee dan like fanspage kami @myparadizee  (juga). Share artikel ini jika dirasa memberikan manfaat, terima kasih.

About Muhammad Iqbal Maulana

Sedikit mengeluh dan banyak berbagi. Untuk kepentingan kerjasama, buka halaman Kerjasama dan Review

View all posts by Muhammad Iqbal Maulana →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *