Gunung Everest Bukan Gunung Tertinggi di Dunia!

Apakah yang ada dalam pikiran kalian ketika mendengar nama Gunung Everest? Tentu saja gunung tertinggi di dunia bukan? Selama ini kita memang mengenal Gunung Everest sebagai gunung tertinggi di dunia. Hal tersebut memang benar, Gunung Everest merupakan gunung tertinggi di dunia jika diukur dari atas permukaan laut. Puncak Everest adalah titik di mana permukaan bumi mencapai jarak tertinggi di atas permukaan laut.

Sumber: aura-ilmu.com

Namun tahukah kalian, sejatinya Gunung Everest bukanlah gunung tertinggi di bumi jika diukur dengan menggunakan metode  pengukuran lain. Berikut ini adalah 2 ‘gunung yang lebih tinggi’ dari Everest:

1. Gunung Mauna Kea (10.200 Meter)

Ilustrasi. (Sumber: aura-ilmu.com)

Gunung Mauna Kea merupakan gunung berapi tidak aktif yang terletak di Kepulauan Hawai, Amerika Serikat. Sejatinya Gunung Mauna Kea merupakan gunung tertinggi di dunia jika diukur dari dasar laut dengan ketinggian mencapai 10.200 Meter. Namun ‘hanya’ 4.205 Meter yang berada di atas permukaan laut dan sisanya berada di bawah permukaan laut.

2. Gunung Chimborazo (6.268 Meter)

Ilustrasi. (Sumber: aura-ilmu.com)

Sejatinya Gunung Chimborazo juga merupakan gunung tertinggi di dunia jika diukur dari pusat bumi, dimana letak gunung ini berada 1o di sebelah selatan garis khatulistiwa atau 2 km dari pusat bumi. Mengapa demikian?Hal ini dikarenakan bentuk bumi tidak bulat sempurna. Dari pusat bumi menuju khatulistiwa lebih panjang 21 km dibandingkan dengan dari pusat bumi menuju kutub.

Bentuk itu memberikan keuntungan bagi semua gunung yang berada di sepanjang garis khatulistiwa. Chimbarazo merupakan salah satu yang mendapatkan keuntungan itu karena terletak dekat sekali dengan bagian tengah Bumi yang menonjol. Sementara itu, Everest berada sekitar sepertiga bagian di atasnya.

Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa follow IG & Twitter kami di @myparadizee dan like fanspage kami @myparadizee (juga). Share artikel ini jika dirasa memberikan manfaat, terima kasih.

Sumber:

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!