20 Fakta Gunung Semeru yang Harus Kalian Ketahui

GUNUNG SEMERU

Siapa yang tidak kenal dengan Gunung Semeru? Gunung ini merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa. Namun siapa sangka dibalik megahnya Gunung Semeru, ternyata ada beberapa fakta unik dan menarik di dalamnya yang perlu kalian ketahui. Berikut ini … fakta Gunung Semeru.

1 . Gunung Tertinggi di Pulau Jawa

Seperti yang sudah disinggun di awal artikel, Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian 3676 mdpl.

2. Masuk ke dalam jajaran ‘seven summits of Indonesia
Sumber: mongabay.co.id

Karena menyandang predikat sebagai gunung tertinggi di Pulau Jawa, gunung ini masuk ke dalam jajaran seven summit of Indonesia atau 7 puncak tertinggi di Indonesia yang diambil dari pulau atau kepulauan utama di Indonesia. Gunung Semeru menduduki peringkat ke empat dari 7 puncak tertinggi di Indonesia setelah Gunung Rinjani (3726 mdpl).

3. Masih berstatus gunung berapi aktif

Hingga saat ini, Gunung Semeru masih menunjukkan aktivitas vulkanik dan termasuk gunung berapi tipe A. Setiap 10-15 menit sekali, terjadi letusan awan panas (wedhus gembel) di puncak gunung ini. Selain itu para pendaki tidak disarankan untuk mendekat ke kawah jonggring saloko dan dilarang untuk mendaki dari sisi selatan karena bahaya aliran lahar dan gas beracun yang terbawa angin.

4. Berada dalam wilayah dua kabupaten

Secara administratif, Gunung Semeru berada dalam wilayah Kabupaten Malang dan Lumajang Jawa Timur. Biasanya para pendaki yang hendak mendaki gunung ini umumnya transit terlebih dahulu di Malang.

Baca juga: 9 gunung yang di sekitar Malang yang bisa kamu daki

5. Berada dalam pengelolaan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS)

Gunung Semeru berada dalam kawasan TNBTS dan dikelola oleh pihak tersebut. FYI, total luas TNBTS sebesar 50.273,3 Hektar.

6. Orang yang pertama kali mendaki Gunung Semeru

Menurut catatan Wikipedia, orang yang pertama kali mendaki Gunung Semeru ialah seorang ahli geologi berkebangsaan Belanda yang bernama Clignet. Beliau melakukan pendakian pada tahun 1883.

7. Jika ingin mendaki, harus booking online terlebih dahulu

Pada awalnya sistem kuota diterapkan untuk membatasi jumlah pendaki per harinya, dimana para pendaki harus melakukan booking kuota terlebih dahulu. Sistem tersebut diterapkan pada tahun 2014, dengan rincian 300 booking online dan 200 on the spot (mohon dikoreksi). Pada Oktober 2017, sistem booking diubah menjadi full online.

Baca juga: Tutorial/cara booking online pendakian Gunung Semeru

8. Ada syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk mendaki Semeru

Untuk melakukan booking kuota secara online, ada syarat pendakian yang harus dipenuhi. Syarat-syarat tersebut antara lain: (1) Membawa bukti pembayaran; (2) Membawa surat keterangan sehat; (3) Membawa Fotocopy KTP/KTM/Paspor yang masih berlaku; (4) Bagi yang belum memiliki KTP, membawa surat ijin dari orang tua/ bermaterai dan FotoCopy KTP orang tua; (6) Melengkapi peralatan/perlengkapan standart minimal mendaki gunung.

9. Pendakian hanya dibatasi sampai Kalimati

Sebenarnya pendakian Gunung Semeru hanya dibatasi sampai daerah Kalimati saja. Hal tersebut dikarenakan trek menuju ke puncak yang cukup berbahaya dan aktivitas vulkanik dari Gunung Semeru itu sendiri. Jika mendaki lebih dari itu, maka pihak TNBTS tidak bertanggung jawab atas hal-hal yang terjadi.

10. Hanya ada satu jalur pendakian resmi
Sumber: aksaloka.com

Semua orang pasti tahu untuk mendaki Gunung Semeru hanya ada satu jalur resmi, yakni via jalur Ranupani. Selain jalur resmi tersebut, terdapat jalur Ayek-ayek (tidak resmi) yang nantinya bertemu di daerah Ranu Kumbolo (mohon koreksi).

11. Total jarak tempuh pendakian 20 km
Sumber: islamreligius.blogspot.com

Untuk mendaki Gunung Semeru,kalian haru menempuh jarak 20 km dari Ranupani hingga sampai ke Puncak.

12. Keindahan Ranu Kumbolo

ranu kumbolo

Salah satu daya tarik Gunung Semeru adalah sebuah danau cantik yang bernama Ranu Kumbolo. Danau ini menyajikan pemandangan yang sangat indah, terutama pada saat sunrise (pagi hari).

13. Diabadikan dalam sebuah lagu

Pada tahun 1994, Dewa merilis sebuah album ‘format masa depan’. Dalam album tersebut, terdapat sebuah lagu berjudul Mahameru yang mendeskripsikan Gunung Semeru. Berikut ini cuplikan liriknya.

Mendaki melintas bukit
Berjalan letih menahan menahan berat beban
Bertahan didalam dingin
Berselimut kabut `Ranu Kumbolo`

……..

Mahameru berikan damainya
Didalam beku `Arcapada`
Mahameru sebuah legenda tersisa
Puncak abadi para dewa

14. Mitos tanjakan cinta
Sumber: travel.tribunnews.com

Mitos yang beredar tentang tanjakan ini yaitu barang siapa yang bisa melewati tanjakan ini tanpa menoleh ke belakang maka keinginannya yang berkaitan dengan cinta akan terkabulkan. Percaya kah?

15. Bunga yang dikira lavender

Di beberapa tempat di Gunung Semeru terdapat bunga berwarna ungu yang sekilas mirip lavender, yakni verbena  brasiliensis. Bunga ini boleh dipetik oleh para pendaki karena sifatnya yang dapat mengancam ekosistem di sekitar.

16. Dipindahkan dari India

Menurut kepercayaan orang Jawa yang ditulis dalam kitab Tantu Pagelaran, dulunya Pulau Jawa terombang-ambing di atas lautan. Oleh karena itu, dipindahkanlah Gunung Meru dari India menuju Pulau Jawa oleh para dewa.

Baca juga: Legenda Gunung Semeru benarkah dipindahkan dari India?

17. Puncaknya dipotong

Setelah berhasil dipindahkan, ternyata Pulau Jawa masih saja miring. Maka dari itu, para dewa memutuskan untuk memotong sebagian puncak gunung ini dan memindahkannya ke bagian barat laut. Potongan puncak Gunung Semeru kini dikenal dengan nama Gunung Penanggungan.

18. Gunung Semeru seorang bapak?

Masyarakat Hindu di Bali percaya bahwa Gunung Semeru adalah bapak dari Gunung Agung yang merupakan salah satu gunung yang disucikan di Bali. Beberapa tahun sekali, masyarakat Hindu di Bali melaksanakan upacara adat tertentu di Gunung Semeru.

19. Misteri Arcopodo

Arcopodo dalam bahasa Indonesia berarti arca kembar. Konon  pendirinya adalah prajurit dari jaman Kerajaan Majapahit. Wujud dari arca kembar tersebut yang yang satu masih utuh dan yang satunya tidak berkepala. Hanya saja keberadaan arca tersebut tidak dapat dilihat oleh sembarang orang. Hanya orang tertentu yang memiliki kelebihan yang bisa mengetahui keberadaan arca kembar tersebut.

20. Bahaya ‘blank 75
blank 75
Ilustrasi blank 75. (sumber: www.janu-jalanjalan.com)

Blank 75 adalah nama dari sebuah jurang sedalam 75 meter yang terletak di sebelah timur laut dari puncak Mahameru ,diluar jalur di sebelah kanan Arcopodo / Kelik ( dari arah puncak ). Gambaran medannya adalah lereng berpasir yang jalurnya putus (blank) karena dipisahkan oleh jurang hingga mencapai kedalaman 200 meter-an.

Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa follow IG & Twitter kami di @myparadizee dan like fanspage kami @myparadizee  (juga). Share artikel ini jika dirasa memberikan manfaat, terima kasih.

About Muhammad Iqbal Maulana

Sedikit mengeluh dan banyak berbagi. Untuk kepentingan kerjasama, buka halaman Kerjasama dan Review

View all posts by Muhammad Iqbal Maulana →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *