Coban Tengah: Sedikit Ke Atas Mencari Kesunyian

coban tengah

Coban tengah merupakan salah satu dari ratusan bahkan ribuan coban yang ada di sekitar Malang Raya. Coban ini terletak di Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Untuk menuju ke coban ini kita tinggal mengikuti arah ke Coban Rondo.

Coban Tengah berada dalam satu kawasan dengan Coban Rondo. Di atas air terjun Coban Rondo masih ada 2 air terjun lagi yakni Coban Dudo/Coban Tengah dan Coban Manten. Konon Katanya Coban Rondo berada di tingkatan paling bawah, Coban Dudo berada di tengah (oleh karena itu coban ini juga sering disebut dengan Coban Tengah) dan Coban Manten berada pada tingkatan paling atas.

Setelah melewati loket awal kawasan Coban Rondo, kalian tinggal ikuti saja jalan yang ada sampai kalian menemui pertigaan dengan belokan ke kiri. Selanjutnya kalian belok ke kiri dan ikuti jalan yang ada sampai ke parkiran Coban Tengah. Sesampainya di parkiran, kalian harus berjalan sekitar 500 meter-an/sekitar 5-10 menit untuk sampai ke Coban ini. Treknya cenderung biasa-biasa saja kok, jangan khawatir capek.

Sesampainya di air terjun, kalian akan disambut dengan keindahannya yang bersatu dengan suasana lingkungan yang masih asri. Coban Tengah ini memang tidak seramai, setinggi dan debit airnya tidak sebesar Coban Rondo, tapi justru suasana yang tidak seramai Coban Rondo ini menjadi nilai plus tersendiri. Coban ini cocok bagi kalian yang ingin melepas penat dari hiruk ikuk kehidupan perkotaan, bagi kalian yang ingin mencari kesunyian dan  bagi kalian yang ingin berefreshing.

coban tengah
Credit: halomalang.com

Coban ini juga bisa dijadikan tempat camping lo, cocok banget kan buat kalian yang ingin camping dengan hawa dingin khas pengunungan.

Informasi umum: 
HTM: Rp. 10.000
Fasilitas: Tempat Parkir, Toilet,

Lokasi:

About Muhammad Iqbal Maulana

Sedikit mengeluh dan banyak berbagi. Untuk kepentingan kerjasama, buka halaman Kerjasama dan Review

View all posts by Muhammad Iqbal Maulana →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *