Coban Pelangi : Air Terjun Cantik Nan Eksotis

Coban Pelangi terletak di sebelah timur Kota Malang, tepatnya di Desa Gubugklakah, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Jaraknya dari Kota Malang sekitar 30 km dan dapat ditempuh selama 45 menit – 1 jam perjalanan dari Kota Malang. Untuk menuju ke tempat ini, ada baiknya jika menggunakan kendaraan pribadi (mobil atau sepeda motor) karena tidak ada angkot menuju kesini. Dari Kota Malang, kita tinggal mengikuti jalan yang menuju ke Kecamatan Tumpang, sesampainya di Kecamatan Tumpang kalian tinggal mengikuti jalan menuju Bromo. Letak pintu masuk Coban pelangi terletak di pinggir jalan menuju ke Bromo. Terdapat papan besar bertuliskan “Wanawisata Coban Pelangi” di pinggir jalan. FYI, air terjun ini dikelola oleh Perum Perhutani.

coban pelangi
Coban Pelangi

Dari Pintu masuk, kalian harus berjalan sekitar 1 Km atau 30-45 menit untuk menuju ke air terjun. Disini jalannya tidak naik ataupun datar tetapi berupa turunan terus menerus sampai lokasi dimana air terjun berada. Jangan khawatir kelelahan karena rasa lelah itu akan sirna ketika kalian melihat pemandangan yang masih asri dan sejuknya hawa pegunungan. FYI lagi, air terjun ini terletak di ketinggian +/- 1400 Mdpl. Di perjalanan kalian akan menemui sebuah mushola dan orang yang berjualan makanan dan minuman. Tanda jika kalian sudah dekat dengan air terjun ialah jika kalian telah sampai atau melewati sebuah jembatan kayu.

coban pelangi
Pemandagan selama perjalanan

 

coban pelangi
Jembatan kayu (narsis)

Sesampainya di lokasi air terjun, kalian akan disambut oleh derasnya air yang jatuh dari atas tebing dengan ketinggian 110 Meter. Suaranya cukup keras karena air langsung membentur batuan yang ada di bawahnya, terlebih lagi jika musim penghujan. Udara di sekitar air terjun ini terasa sejuk sekali.  Mengapa disebut Coban Pelangi? Jika cuaca sedang cerah, air yang mengalir deras akan membiaskan cahaya pelangi. Dijamin kalian tidak akan rugi ke air terjun ini karena selain alamnya masih asri, hawanya yang sejuk, kalian juga bisa melihat pelangi disini.

Coban Pelangi
Bias pelangi (Credit: www.tabloidwisata.com)

Informasi Singkat:

  • Harga Tiket Masuk: Rp. 6.000/orang
  • Harga Camping: 10.000/orang
  • Harga naik kuda: Rp. 10.000/orang
  • Parkir sepeda motor: Rp. 2.000/motor
  • Parkir mobil: Rp. 5.000/mobil
  • Fasilitas: Camping ground, kamar mandi, kantin makanan, mushola, tempat parkir, penyewaan kuda
Lokasi:

About Muhammad Iqbal Maulana

Sedikit mengeluh dan banyak berbagi. Untuk kepentingan kerjasama, buka halaman Kerjasama dan Review

View all posts by Muhammad Iqbal Maulana →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *