Coban Jahe: Air Terjun Menawan di Dusun Begawan

coban jahe

Coban Jahe adalah sebuah air terjun yang terletak di Dusun Begawan, Desa Pandansari Lor, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Air terjun ini berjarak sekitar 23 Km dari Kota Malang. Untuk menuju kesini, kalian ikuti saja jalan raya Pakis-Tumpang, nanti sebelum gapura ‘selamat datang di kota tumpang’, kalian belok kiri. Nah setelah belok kiri, kalian ikuti saja jalan hingga perkampungan terakhir. Terdapat penunjuk jalan yang siap memandu kita. Jika kalian masih bingung, silahkan lihat google maps yang saya sertakan di akhir postingan.

Coban Jahe juga dikenal dengan nama Air Terjun Begawan. Lantas dari mana nama Coban Jahe berasal? Nama tersebut berasal dari Bahasa Jawa ‘Pejahe’ yang artinya meninggal dunia.  Nama tersebut muncul karena sekitar satu regu tentara (yang sekarang bernama TNI) di bawah komando Ali Murtopo melakukan perlawanan terhadap pemerintah Belanda. Mereka gugur dibombardir Belanda di daerah tersebut saat akan melanjutkan perjalanan ke Lumajang. Kejadian tersebut berlangsung sekitar tahun 1947.  Seiring bergantinya waktu, nama ‘Pejahe’ pun lama-kelamaan berganti Jahe. Begitu juga nama makam, mereka yang dikebumikan pun dibuatkan tempat peristirahatan terakhir bernama Makam Pahlawan Kali Jahe. Makam tersebut bisa kalian temui menjelang pintu masuk Coban Jahe. Jadi dinamakan Coban Jahe bukan karena di sekitar air terjunnya banyak ditumbuhi tanaman jahe ya!

Untuk menuju ke air terjun ini kalian tidak perlu capek berjalan jauh karena dari tempat parkir air terjun sudah terlihat. Kalian hanya perlu berjalan sekitar 100 Meter untuk menuju lokasi air terjun. Sesampainya di lokasi, kalian akan disambut air yang jatuh dari ketinggian 45 Meter. Tidak terlalu tinggi memang, tapi air terjun ini menurut Paradizee indah kok. Banyak spot-spot yang instagramable disini. Pokoknya jangan khawatir masalah stok foto deh!

Informasi singkat:

  • HTM: Rp. 10.000
  • Tiket Parkir Sepeda Motor: Rp. 2000
  • Fasilitas: Camping ground, kamar mandi, tempat parkir

Lokasi:

About Muhammad Iqbal Maulana

Sedikit mengeluh dan banyak berbagi. Untuk kepentingan kerjasama, buka halaman Kerjasama dan Review

View all posts by Muhammad Iqbal Maulana →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *