Bukit Budug Asu : Indah, Keren dan Cocok Untuk Pemanasan Mendaki!

budug asu

Malang memang punya banyak bukit untuk dijelajahi. Beberapa diantaranya sudah dijadikan dikelola dan dijadikan objek wisata yang menarik dan indah tentunya. Salah satunya adalah Bukit Budug Asu.

Bukit Budug Asu berada di lereng Gunung Arjuno dengan ketinggian 1400 mdpl. Bukit ini dapat diakses dari kebun teh Wonosari dan Desa Sumberawan, Singosari. Jika lewat kebun teh, kalian bisa menitipkan kendaraan disana dan kemudian dilanjutkan dengan jalan kaki. Dari kebun teh, butuh waktu 2 jam untuk mendaki ke bukit Budug Asu. Di kebun teh, terdapat petunjuk untuk menuju kesana, kalua masih masih bingung bisa tanya ke petugas di kebun teh.

Perjalanan awal dari kebun teh, treknya tidak terlalu menanjak dan melewati perkebunan teh. Sekitar 10-15 menit berjalan, kalian akan sampai di percabangan dari kebun teh dan Desa Sumberawan. Di dekat percabangan ini terdapat warung dan juga penitipan sepeda motor.

Setelah melewati percabangan, trek berubah menjadi turunan kemudian menanjak dan masuk ke dalam hutan. Hutan disini bagus lo dan instagramable! Trek setelah masuk hutan ini berbatu (mirip seperti jalur arjuno via tretes) dengan tanjakan yang tidak terlalu menguras tenaga. Kalau menurut saya, jalan ke Budug Asu ini tidak nanjak-nanjak amat tapi lumayan jauh. Cocok untuk pemanasan sebelum mendaki gunung sungguhan.

budug asu
View puncak

Setelah menyusuri hutan, kalian akan menemukan loket untuk. Disini kalian akan ditarik biaya sebesar Rp. 5000,- per orang. Dari loket ini terdapat dua jalur menuju ke puncak, yakni jalur langsung menanjak curam tetapi dengan waktu tempuh yang singkat dan jalur memutar yang landau dengan waktu tempuh yang lebih lama. Di puncak Budug Asu, rasa lelah selama perjalanan akan terbayar dengan keindahan panorama yang disuguhkan. Puncak Budug Asu (1400 mdpl) merupakan tempat terbuka, view yang dapat dilihat jadi cukup luas. Jika cuaca sedang cerah, kalian bisa melihat puncak Gunung Arjuno dari sini. Oh iya di puncak juga terdapat warung lo, jadi jangan khawatir kehausan dan kelaparan.

Informasi umum:

  • HTM                      : Rp. 5.000,-
  • Fasilitas               : Warung

Tips ke Budug Asu:

  • Pakailah sepatu atau sandal gunung
  • Jangan lupa membawa mantel kalau musim penghujan
  • Bawa bekal air minum

Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa follow IG & Twitter kami di @myparadizee dan like fanspage kami @myparadizee (juga). Share artikel ini jika dirasa memberikan manfaat, terima kasih.

 

About Muhammad Iqbal Maulana

Sedikit mengeluh dan banyak berbagi. Untuk kepentingan kerjasama, buka halaman Kerjasama dan Review

View all posts by Muhammad Iqbal Maulana →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *