8 Gadget yang Bisa Kamu Bawa Saat Mendaki Gunung

gadget

Di era digital seperti sekarang ini, gadget seolah menjadi perangkat yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita. Gadget menawarkan fungsionalitas yang beragam untuk memudahkan kita. Kemanapun kita pergi, pasti kita lupa untuk membawa gadget, salah satunya ketika mendaki gunung. Lantas gadget apa saja ya yang bisa dibawa mendaki gunung? Berikut ini adalah 8 gadget yang bisa kamu bawa saat mendaki gunung.

1. Headlamp/Senter

headlamp

Gadget yang satu ini bisa dibilang sangat penting karena berfungsi sebagai penerangan ketika kita melakukan pendakian pada kondisi gelap (malam/dini hari).  Headlamp umumnya menggunakan tenaga baterai AA dan AAA. Harga headlamp bervariasi mulai dari 20 ribuan sampai ratusan ribu, tentunya semakin mahal juga semakin bagus.

Untuk fungsi yang sama, terdapat alternatif lain yakni senter. Harga senter sendiri ‘biasanya’ lebih murah ketimbang headlamp. Senter yang beredar di pasaran saat ini umunya bisa diisi ulang dan multifungsi, dalam hal ini bisa dijadikan sebagai lampu tenda juga.

2. Lampu Tenda

lampu tenda

Sama-sama berfungsi sebagai penerangan, namun gadget yang satu ini digunakan untuk menerangi tenda pada saat keadaan gelap.

3. Smartphone

smartphone

Pada jaman sekarang, setiap orang memiliki ketergantungan yang tinggi terhadap smartphone. Kemana pun kita pergi pasti kita membawa gadget yang satu ini, begitu juga pada saat mendaki gunung. Selain untuk berkomunikasi, smartphone juga bisa berfungsi sebagai GPS, mengambil gambar, merekam video, mendengarkan lagu, senter, dll.  Agar lebih aman membawanya mendaki gunung jangan lupa membawa kantong plastik kecil untuk berjaga-jaga jika nantinya turun hujan, tinggal masukkan saja smartphone ke dalam kantung tersebut agar tidak basah.

4. Powerbank

powerbank

Untuk berjaga-jaga jika nantinya smartphonemu kehabisan daya, maka taka da salahnya membawa powerbank. Dengan demikian kamu tidak perlu khawatir ketika smartphonemu kehabisan daya.

5. Kabel USB/data

kabel data usb

Jangan lupa membawa kabel data sebagai penghubung dari powerbank (sumber daya) ke gadget. Gak lucu dong kalau kalian sudah membawa powerbank tapi tidak membawa kabel data, kecuali jika powerbank milikmu sudah built in kabel datanya. Pastikan kabel yang kamu bawa memiliki tipe konektor yang sesuai dengan gadgetmu (misal: USB type C, micro USB, lightning cable, dll)

6. GPS

GPS

GPS berfungsi sebagai pemandu jalan untuk mencapai tujuan yang diinginkan dan menghindarkan kita dari kejadian nyasar. Ada beberapa aspek yang harus diperhatikan dalam memilih sebuah GPS, antara lain tahan air, akurasi, daya tahan baterai, dan jenis antenna.

7. Kamera

action cam go pro

Untuk mendokumentasikan pendakian gunung, maka membawa kamera wajib hukumnya. Lagian siapa juga yang tidak ingin foto-foto ketika mendaki? Lumayan lo buat stok foto Instagram. Kamera yang bisa kamu bawa ada bermacam-macam jenisnya. Namun yang paling praktis dibawa yakni action cam. Untuk jenis-jenis kamera yang lain kamu bisa membaca pada artikel di bawah ini.

Baca juga: 7 Jenis Kamera yang Bisa Kamu Bawa Travelling

8. Penjernih air

lifetraw

Sesuai dengan namanya, gadget ini berguna untuk menjernihkan air yang kita ambil. Meskipun air yang kita ambil berasal dari sumber yang jernih, kita tidak tahu apa yang terkandung dalam air tersebut. Nah agar lebih aman, mungkin kamu bisa mencoba alat ini.

Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa follow IG & Twitter kami di @myparadizee dan like fanspage kami @myparadizee  (juga). Share artikel ini jika dirasa memberikan manfaat, terima kasih.

About Muhammad Iqbal Maulana

Sedikit mengeluh dan banyak berbagi. Untuk kepentingan kerjasama, buka halaman Kerjasama dan Review

View all posts by Muhammad Iqbal Maulana →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *