7 Gunung Tertinggi di Bali yang Bisa Kalian Daki

Bali merupakan pulau sekaligus provinsi yang terkenal akan keindahan alamnya. Pulau ini sudah sejak lama menjadi tujuan wisata favorit bagi wisatawan domestic maupun mancanegara. Selain pantai dan kebudayaannya, Bali juga menyimpan potensi dari gunung-gunungnya. Meskipun tak setenar gunung-gunung di Pulau Jawa, namun gunung di Bali tetap menyimpan tantangan dan keindahan tersendiri.

Pada artikel kali ini saya akan mengulas 7 gunung tertinggi di Bali yang mungkin bisa kaian jadikan tujuan pendakian selanjutnya. Okelah langsung saja saya mulai daftarnya.

1. Gunung Agung
gunung agung
Sumber: awaspala.com

Gunung Agung merupakan gunung tertinggi di Pulau Bali dengan ketinggian 3.031 mdpl. Gunung ini berada di Kabupaten Karangasem, Bali. Masyarakat Bali percaya bahwasanya puncak Gunung Agung merupakan tempat bersemayamnya para dewa, oleh karena itu gunung ini dianggap suci oleh masyarakat. Sejatinya Gunung Agung tergolong sebagai gunung berapi aktif berbentuk stratovolcano. Pada akhir tahun 2017 kemarin, gunung ini mengalami erupsi.

Gunung Agung dapat didaki lewat jalur Pura Besakih dan Pura Pasar Agung. Titik awal pendakian jalur Pura Besakih berada di ketinggian 1.250 mdpl, sedangkan jalur Pura Pasar Agung berada di ketinggian 1.850 mdpl. Jalur Pura Besakih relatif lebih panjang ketimbang jalur Pura Pasar Agung, tetapi jalur Pura Besakih akan melewati trek berbatu yang lebih pendek.

Dari puncak gunung Agung kita dapat melihat puncak Gunung Rinjani yang berada di pulau Lombok di sebelah timur, meskipun kedua gunung tertutup awan karena kedua puncak gunung tersebut berada di atas awan, kepulauan Nusa Penida di sebelah selatan beserta pantai-pantainya, termasuk pantai Sanur serta gunung dan danau Batur di sebelah barat laut.

2. Gunung Batukaru
gunung batukaru
Sumber: inbali.org

Secara administratif, Gunung Batukaru berada dalam wilayah Kabupaten Tabanan. Gunung ini memiliki ketinggian 2.276 mdpl dan buka merupakan gunung berapi aktif. Nama Batukaru berasal dari kata Bali “Batu / Watu” berarti “batu”, dan “Karu / Kau” berarti “tempurung kelapa”.

Gunung ini merupakan puncak tertinggi dari kaldera Bratan purba. Untuk mendaki gunung Batukaru, terdapat 3 jalur pendakian yakni jalur Desa Jatiluwih, jalur Wongaya  Gede/Pura Batukaru, dan Jalur Desa Pujungan, Pupuan. Estimasi waktu pendakian sekitar 5-6 jam. Di puncak Gunung Batukaru terdapat Pura Pucak Kedaton yang merupakan pura tertinggi di Pulau Bali dan diyakini sebagai penjaga kesakralan seiisi pulau.

3. Gunung Abang
gunung abang
Sumber: news.klikpositif.com

Secara administratif, Gunung Abang berada dalam wilayah Kabupaten Bangli, Bali. Gunung ini merupakan puncak tertinggi dari kaldera Batur dan letaknya berhadapan dengan Gunung Batur. Diantara Gunung Abang dan Gunung Batur terdapat sebuah danau yang bernama Danau Batur. Terdapat 2 jalur pendakian untuk mendaki gunung ini, yakni jalur Desa Suter dan jalur Desa Songan.

4. Gunung Catur/Pucak Mangu
gunung pucak mangu
Sumber: keranjang2.wordpress.com

Secara administratif, Gunung Catur berada di Kabupaten Badung, Bali. Gunung ini mempunyai ketinggian 2.096 mdpl dan letaknya tepat berada di tengah sirkum Pegunungan Bali.

Untuk mendaki gunung ini, terdapat 2 jalur yang dapat dilewati yakni jalur Bedugul dan jalur Petang. Di puncak Gunung Catur terdapat sebuah pura yang bernama Pura Pucak Mangu.

5. Gunung Sangiyang

Gunung Sangiyang memiliki ketinggian 2.087 mdpl dan terletak diantara Gunung Batukaru dan Pucak Adeng. Secara administratif, gunung ini berada dalam wilayah Kaupaten Tabanan. Untuk kalian yang berniat mendaki gunung ini, tampaknya harus mengurungkan niat karena belum ada jalur pendakian untuk mencapai puncak gunung ini.

6. Gunung Pohen

Secara administratif, Gunung Pohen berada di Kabupaten Tabanan, Bali. Gunung ini memiliki ketinggian 2.063 mdpl dan terletak di sebelah barat daya Danau Beratan/Bedugul. Untuk mendaki gunung ini, kalian bisa melewati jalur pendakian Geothermal dengan karakter jalur lurus tanpa zigzag.

7. Gunung Tapak

Secara administratif, Gunung Tapak berada di Kabupaten Tabanan, Bali. Gunung ini memiliki ketinggian 1.909 mdpl dan terletak di sebelah barat Danau Beratan/Bedugul. Untuk mendaki gunung ini, terdapat 2 jalur pendakian yakni jalur Desa Pancasari dan jalur kebun raya. Nantinya kedua jalur tersebut akan bertemu di puncak yang biasa disebut Pucak Keramat, dimana di tempat tersebut berdiri Makam Wali Islam Bali dan Pura Pesimpangan Pucak Terate Bang.

Bonus! Meskipun tidak termasuk dalam 7 puncak gunung tertinggi di Bali namun gunung ini menjadi tujuan favorit para pendaki.

Gunung Batur
Sumber: samanthasiahaan.com

Gunung Batur terletak di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Gunung ini terkenal karena kalderanya yang sangat luas. Namun siapa sangka ternyata gunung ini tidak terlalu tinggi, ketinggiannya sekitar 1717 mdpl. Terdapat 2 jalur pendakian di Gunung Batur yakni Toya Bungkah dan Pura Jati. Waktu tempuhnya hanya sekitar 1,5 – 2 jam saja. Bagi kalian yang belum pernah mendaki Gunung Batur, sangat disarankan untuk menggunakan jasa guide demi keselamatan.

Hal yang unik di Puncak Gunung Batur adalah kita dapat merebus telur secara alami dengan cara mencari tanah yang mengeluarkan asap, kemudian kuburlah telur di tanah tersebut dan tunggu hingga matang.

Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa follow IG & Twitter kami di @myparadizee dan like fanspage kami @myparadizee  (juga). Share artikel ini jika dirasa memberikan manfaat, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!