6 Gunung dengan Sabana yang Indah di Jawa Timur

Sabana/savana merupakan hamparan padang rumput yang diselingi oleh pohon-pohon.  Sabana dapat kita jumpai di beberapa tempat, salah satunya di gunung. Berbicara mengenai sabana dan gunung, ternyata di Jawa Timur terdapat beberapa gunung dengan sabana yang indah dan memukau. Gunung apa sajakah itu? Berikut ini daftarnya.

Gunung Argopuro

sabana argopuro
Sabana Argopuro. (Sumber: tigatitik.wordpress.com)

Gunung Argopuro merupakan sebuah gunung berapi di Jawa Timur dengan ketinggian 3088 Mdpl. Gunung ini terkenal karena memiliki jalur pendakian terpanjang di Pulau Jawa. Eitsss tapi jangan salah, dibalik panjangnya  jalur yang dilewati, terdapat beberapa sabana cantik yang bisa ditemui sepanjang perjalanan. Tak hanya cantic tetapi juga memanjakan mata para pendaki.

Salah satu sabana di Gunung Argopuro adalah Cikasur. Tempat ini merupakan sabana yang luas. Konon katanya  tempat ini merupakan bekas lapangan terbang pada zaman penjajahan Belanda. Sisa-sisa pondasi landasan dan bangunan pada zaman itu masih ada hingga sekarang.

Gunung Arjuno

Lembah Kidang. (Sumber: infopendaki.com)

Dibalik kemistisan dan keangkeran yang menyelimutinya, Gunung Arjuno memiliki sabana yang indah. Sabana itu bernama Lembah Kidang. Lembah ini akan dilewati pendaki apabila melewati jalur Tretes. Letaknya tidak jauh dari pos 3 (pondokan), Cuma 15 menit saja.

Dari Lembah Kidang ini kita tidak hanya melihat hampara padang rumput yang luas tetapi kita juga bisa melihat puncak Arjuno yang berdiri gagah menatap langit. Tempat ini juga sering digunakan berkemah oleh para pendaki.

Gunung Buthak

View Sabana Buthak dari puncak. (sumber: undick.wordpress.com)

Nama gunung ini mungkin masih terdengar asing di kalangan pendaki, masih lebih tenar nama gunung tetangganya yakni Gunung Kawi yang dijadikan objek wisata spiritual. Namun ternyata gunung ini memiliki sabana yang sangat indah. Sabana tersebut dapat kita lihat dengan jelas ketika sudah berada di puncaknya.

Sabana Gunung Buthak ini akan dilewati jika kalian mendaki lewat jalur Panderman dan Prici. Di sabana ini terdapat sebuah mata air dan letaknya tidak jauh dari puncak. Oleh karena itu, tempat ini sering dijadikan tempat berkemah para pendaki.

Gunung Lawu

sabana lawu
Sabana Bulak Peperangan. (Sumber: kripala.blogspot.com)

Gunung ini merupakan gunung yang cukup terkenal di kalangan para pendaki. Gunung Lawu terkenal karena keindahannya dan kemistisan yang menyelimutinya. Salah satu keindahann Gunung Lawu yakni sabananya. Sabana Gunung Lawu dapat ditemui jika kita mendaki lewat Jalur Candi Cetho. Tepatnya dalam perjalanan dari pos 5 menuju Pasar Dieng.

Ada sebuah sabana yang bernama Bulak Peperangan. Konon katanya tempat tersebut merupakan tempat terjadinya peperangan antara Kerajaan Majapahit di bawah pimpinan Brawijaya V dengan Kerajaan Demak di bawah pimpinan Raden Patah. Mitos yang berkembang, jika kita berkemah di Bulak Peperangan ini kita bisa mendengar suara pertempuran.

Gunung Semeru

Oro-oro Ombo Semeru. (Sumber: www.pecintaalam.org)

Bukan sebuah rahasia lagi jika Gunung Semeru menyimpan pesona keindahan. Selain Ranu Kumbolo, sabana di gunung ini juga tidak kalah indahnya. Sabana tersebut bernama Oro-oro Ombo. Jika mendaki pada bulan April s/d Juni, kalian akan melihat hamparan bunga Verbena Brasiliensis.

Bunga Verbena Brasiliensis ini berwarna ungu dan sekilas Nampak seperti lavender. Bunga ini juga boleh dipetik lo, karena ternyata bunga ini merupakan tanaman yang mengganggu ekosistem di sekitarnya. Mengapa demikian? Karena karena bunga ini menyerap air sangat banyak dan cepat membuat daerah di sekitarnya kekeringan. Oleh karena itu banyak para pendaki yang memetiknya da menjadikannya objek foto.

Gunung Bromo

sabana bromo
Sabana Bromo. (Sumber: ragamtempatwisata.com)

Gunung Bromo memang terkenal dengan keindahan sunrise dan kalderanya. Tetapi sabana di gunung ini juga tidak kalah indahnya. Sabana Bromo ini terletak di sebelah selatan Gunung Bromo, bisa ditempuh dalam waktu 20 menit dari lokasi Gunung Bromo. Di sabana Bromo ini terdapat hamparan rumput yang luas, dan terdapat bukit-bukit yang mirip dalam serial Teletubies. Oleh karena itu bukit-bukit disini sering disebut dengan Bukit Teletubies.

Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa follow IG & Twitter kami di @myparadizee dan like fanspage kami @myparadizee (juga). Share artikel ini jika dirasa memberikan manfaat, terima kasih.

About Muhammad Iqbal Maulana

Sedikit mengeluh dan banyak berbagi. Follow me on instagram @mhiqbaal. Untuk kepentingan kerjasama, buka halaman Kerjasama dan Review

View all posts by Muhammad Iqbal Maulana →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *