4 Gunung di Sekitar Kediri yang Bisa Kamu Daki

GUNUNG KELUD

Kediri merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang terletak sekitar 130 km di sebelah barat daya Kota Surabaya. Kota ini memiliki sebutan kota tahu. Selain itu kota ini juga terkenal dengan industri rokoknya (Gudang Garam).

Berbicara soal gunung di Kediri, sudah pasti Gunung Kelud lah yang terlintas di benak kalian. Ya hal itu wajar saja karena wisata Gunung Kelud sudah terkenal dimana-mana. Selain Gunung Kelud, ternyata masih ada beberapa gunung lain yang bisa kamu daki di sekitar Kediri. Berikut ini adalah daftar 4 gunung di sekitar Kediri yang bisa kamu daki:

1. Gunung Kelud

Gunung Kelud memiliki tinggi 1731 Mdpl dan terkenal karena panoramanya yang indah. Jika selama ini kalian hanya mengetahui Gunung Kelud hanya bisa diakses via jalur wisata saja, maka kalian harus mencoba mendaki gunung ini via jalur pendakian yang sebenarnya.

Untuk mendaki Gunung Kelud, kalian bisa melewati jalur:

Disini saya akan membahas jalur pendakian kelud via tulungrejo secara singkat. Saya kasih ancer-ancernya terlebih dahulu untuk menuju ke basecampnya. Dari Kota Wlingi, kalian ambil arah ke utara yakni ke arah selorejo. Ikuti jalan yang ada sampai pertigaan Pasar Semen, nanti di pertigaan itu belok kiri. Terus ikuti jalan sampai masuk ke Desa Tulungrejo. Nanti ada pertigaan, kalian belok kiri lalu belok kanan dan ikuti jalan sampai rumah terakhir. Nah rumah terakhir itu basecampnya.Letaknya sih tidak dalam wilayah Kabupaten Malang tetapi Cuma butuh waktu 2 – 2,5 jam untuk menuju ke baseamp pendakian Gunung Kelud. Gunung ini memiliki ketinggian 1731 Mdpl. Secara administratif gunung ini terletak di Kabupaten Kediri dan Blitar.

Jalur pendakian terdiri dari 3 pos. Trek dari basecamp sampai pos 3 cenderung biasa saja tetapi dengan vegetasi hutan yang lebat. Barulah dari pos 3 menuju puncak/kawah treknya sangat menantang sekali. Sepanjang jalur pendakian ini tidak ada sumber air. Untuk mendaki gunung ini diperlukan waktu 6 jam.

2. Gunung Wilis

Secara administratif Gunung Wilis berada dalam wilayah 6 Kabupaten, salah satunya yakni Kediri. Gunung Wilis mempunyai 5 puncak. Tiap-tiap puncak dapat didaki dari Kabupaten yang berbeda. Ada 3 puncak yang terkenal yakni Puncak Liman (puncak tertinggi), Puncak Liman dan Puncak Wilis.

Untuk mendaki Gunung ini kalian bisa melewati jalur:

3. Gunung Anjasmoro

Untuk mendaki gunung ini kalian bisa melewati jalur Wonosalam dan Jalur Pabrik Jamur Cangar. Gunung Anjasmoro juga sebenarnya tidak berada di Malang, tetapi bisa dijangkau dengan waktu yang bisa dibilang sebentar dari Kota Malang. Gunung Anjasmoro memiliki ketinggian 2277 Mdpl. Secara Administratif, gunung ini terletak dalam wilayah Kabupaten Jombang.

4. Gunung Butak

Gunung Butak memiliki ketinggian 2868 Mdpl yang terkenal dengan sabananya yang indah. Gunung Butak masih dalam satu pegunungan dengan Gunung Panderman. Tepatnya di Pegunungan Putri Tidur (Kawi-Butak-Panderman). Gunung ini terletak bersebelahan dengan Gunung Kawi. Secara administratif, gunung ini terletak di Kabupaten Malang dan Blitar.

Untuk mendaki gunung ini kalian bisa melewati jalur pendakian:

Jika ingin mendaki dari arah barat, kalian bisa melewati jalur pendakian Sirah Kencong dan jika ingin mendaki dari arah timur, kalian bisa melewati jalu pendakian Panderman dan Jalur Princi. Karakter Jalur Sirah Kencong yakni terus-terusan menanjak dengan sedikit bonus jalan datar, hampir sama dengan jalur Princi, Dau. Sedangkan karakteristik Jalur Panderman yakni tidak terlalu nanjak tetapi jalurnya banyak mlipir alias lebih jauh. Jalur Princi dan Jalur Panderman nantinya akan bertemu di satu titik menjelang memasuki kawasan Cemorokandang.

Menurut beberapa catatan perjalanan yang saya baca, banyak yang menganjurkan untuk mendaki Gunung Butak via Panderman karena treknya tidak terlalu susah. Untuk sumber air, kalian bisa menemukan sumber air di Sabana. Untuk mendaki gunung ini diperlukan waktu 8-9 jam dari basecamp – sabana dan 30 menit sabana – puncak.

Itulah daftar gunung di sekitar Malang yang bisa kalian jadikan tujuan pendakian selanjutnya. Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa follow IG & Twitter kami di @myparadizee dan like fanspage kami @myparadizee (juga). Share artikel ini jika dirasa memberikan manfaat, terima kasih.

About Muhammad Iqbal Maulana

Sedikit mengeluh dan banyak berbagi. Follow me on instagram @mhiqbaal. Untuk kepentingan kerjasama, buka halaman Kerjasama dan Review

View all posts by Muhammad Iqbal Maulana →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *