35 Air Terjun di Malang Yang Indah dan Menunggu Untuk Kamu Jelajahi

AIR TERJUN DI MALANG

Malang raya mempunyai bentang alam yang beragam, mulai pegunungan hingga lautan. Dengan kondisi bentang alam yang beragam tentu saja banyak potensi wisata alam di dalamnya. Salah satu potensi wisata tersebut adalah air terjun atau yang lebih familiar disebut dengan coban.

Coban-coban di Malang raya sangatlah banyak jumlahnya, ada yang letaknya berdekatan satu sama lain dan ‘bertumpuk’. Pada postingan kali ini saya akan mencoba membagikan daftar … coban di Malang Raya yang bisa kamu jelajahi. Berikut ini daftarnya”

1. Coban Rondo
coban rondo
Sumber: wikipedia.org

Coban Rondo terletak di Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Untuk menuju ke air terjun ini, ikuti saja jalan menuju Pujon hingga bertemu patung sapi/ Setelah itu ikuti petunjuk jalan yang mengarahkan ke Coban Rondo.

Berada di ketinggian 1.135 mdpl membuat Coban Rondo memiliki hawa yang sejuk. Akses menuju lokasi air terjun (dari parkiran) cukup mudah, tinggal berjalan sebentar dan sampailah di lokasi air terjun. Coban Rondo termasuk dalam rangkaian air terjun bertingkat yang dimulai dari Coban Manten, Coban Tengah/Dudo dan Coban Rondo.

2. Coban Tengah
coban tengah
Sumber: lifestyle.okezone.com

Coban Tengah terletak di Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Air terjun ini berada dalam satu kawasan dengan Coban Rondo. Rute menuju ke Coban tengah sama dengan menuju ke Coban Rondo. Nantinya sebelum parkiran Coban Rondo terdapat pertigaan, belok ke kiri dan ikuto jalan kurang lebih 2 km untuk sampai ke parkiran Coban Tengah. Setelah  itu perjalanan dilanjut dengan berjalan kaki sampai ke lokasi air terjun.

Berbeda dengan suasana Coban Rondo yang cukup ramai, di coban ini kalian bisa menemukan suasana sunyi dengan hawa yang sejuk. Di sekitar lokasi air terjun juga bisa digunakan untuk camping ceria lo.

Baca juga info Coban Tengah selengkapnya 

3. Coban Manten
coban manten
Sumber: www.maringetrip.com

Coban Manten berada di urutan teratas dalam rangkaian air terjun di kawasan Coban Rondo. Air terjun ini berada pada ketinggian 1.300 mdpl. Coban Manten juga sering disebut dengan Coban Kembar karena memang ada 2 air terjun dalam satu tebing.

Letak air terjun ini sekitar 4 km dari Coban Rondo dengan akses yang bisa dibilang tidak mudah. Namun lelah yang kalian rasakan selama perjalanan akan terbayarkan dengan hawa sejuk, kesunyian dan pemandangan yang indah di lokasi Coban Manten.

4. Coban Sumber Pitu Pujon

coban sumber pitu pujon

Coban Pitu terletak di Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Untuk menuju ke air terjun ini, ikuti saja jalan menuju Pujon hingga bertemu Patung sapi. Setelah itu ikuti jalan yang menuju ke Desa Pujon Kidul hingga sampai dilokasi parkiran Coban Sumber Pitu. Setelah memarkir kendaraan, perjalan dilanjut dengan berjalan kaki selama kurang lebih 1 jam.

Jika Coban Manten terdapat 2 air terjun dalam satu tebing, maka di Coban Sumber Pitu ini ada 7 air terjun dalam satu tebing. Menurut saya coban ini sangat indah sekali dan menawarkan pemandangan yang beda dengan coban-coban yang lain.

5. Coban Grojogan Sewu
coban grojogan sewu
Sumber: iqbalazhari.com

Coban Grojogan Sewu terletak Desa Bendosari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, sekitar 35 km dari Kota Malang. Untuk menuju ke air terjun ini sangatlah mudah karena letaknya yang tidak jauh dari jalan raya Malang-Pujon. Kalian harus berjalan kaki sejauh 300 meter untuk mencapai lokasi air terjunnya. Coba Grojogan Sewu memiliki ketinggian sekitar 50 meter dengan debit air yang deras.

6. Coban Supit Urang
coban supit urang
Sumber: www.malang-guidance.coms

Coban Supit Urang terletak di Desa Madiredo, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Untuk menuju ke iar terjun ini, ikuti jalan ke arah Kediri/Jombang. Kemudian ketika sudah masuk Kecamatan Pujon, cari Masjid Ngroto di kanan jalan. Setelah itu, kamu masuk gang dan lurus saja ke Desa Madiredo.

Perjalanan menuju lokasi air terjun terbilang menantang, pasalnya kalian akan melewati trek yang lumayan curam. Di sekitar lokasi Coban Supit Urang, kalian juga akan menemukan 2 coban lain yakni Coban Undak dan Coban Watu Talang.

7. Coban kethak
coban kethak
Sumber: www.reresepan.com

Coban kethak terletak di Desa Pait, Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang. Lokasinya berada di pinggir jalan raya Malang-Kasembon-Kediri. Untuk menuju ke lokasi air terjunnya hanya dibutuhkan waktu 3 menit saja.

8. Coban Talun
coban talun
Sumber: kompasiana.com

Coban Talun terletak di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Untuk menuju ke air terjun ini, ikuti jalan ke arah Selecta/Cangar. Setelah itu ikuti petunjuk jalan yang mengatah ke Coban Talun.

Berada di ketinggian 950 mdpl membuat air terjun ini memiliki hawa yang sejuk, sangat cocok untuk melepas penat di akhir pekan. Untuk menuju ke lokasi air terjun, kalian harus berjalan kaki sekitar 1 km. Jangan khawatir kelelahan karena banyak pemandangan indah yang siap memanjakan mata di sepanjang perjalanan.

9. Coban Rais
coban rais
Sumber: sharetheenjoyment.blogspot.co.id

Coban Rais terletak di Desa Oro-oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu. Untuk menuju ke air terjun ini, ikuti jalan menuju ke studio Batu TV. Lokasi parkiran Coban Rais berada di dekat studio tersebut.

Setelah sampai diparkiran, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki selama 40 menit. Ditengah-tengah perjalanan, kalian juga bisa mampir ke bukit bulu (Batu Flower Garden). Coban Rais memiliki ketinggian 90 meter dengan debit air yang lumayan deras.

10. Coban Putri
coban putri
Sumber: sabiladam13.wordpress.com

Coban Putri terletak di Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, sekitar 5 km dari alun-alun Kota Batu. Untuk menuju ke air terjun ini, ikuti jalan yang sama seperti ke Coban Rais, karena letak air terjun ini Cuma 1,5 dari Coban Rais. Jika masih bingung, kalian bisa menggunakan GPS.

Coba Putri memang tak seindah coban-coban yang lain, tetapi coban ini memiliki spot foto seperti tangan raksasa dengan pemandangan yang mahal.

11. Coban Parang Tejo
coban parang tejo
Sumber: ngalam.co

Coban Parang Tejo terletak di Desa Gadingkulon, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang,sekitar 20 km Kota Malang. Untuk menuju ke air terjun ini, dari pertigaan sengkaling beloklah ke kiri mentok, kemudian belok kanan sampai ke perempatan Semanding. Kemudian belok ke kiri melewati asrama, ikuti jalan yang ada hingga sampai di Desa Gadingkulon. Ikuti papan petunjuk jalan yang mengarahkanmu menuju ke coban ini.

Agak jauh ya memang, tapi perjalananmu tidak akan sia-sia karena pemandangan di coban ini terbilang indah dan banyak spot-spot foto disini.

12. Coban Glotak
coban glotak
Sumber: malang.merdeka.com

Coban Glotak terletak di Desa Bedalisodo, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang, sekitar 15 km dari Kota Malang. Salah satu petunjuk jalan yang jelas adalah di pertigaan Pabrik Gula Kebon Agung. Itu juga kalau kalian menyadari adanya petunjuk menuju ke air terjun ini. Sebaiknya gunakan GPS untuk menuju ke air terjun ini ditambah dengan warga sekitar jika masih kebingungan. Sesampainya di lokasi parkiran, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 2 km.

Coban Glotak memiliki ketinggian 100 meter dengan debit air yang deras. Konon katanya dinamakan Coban Glotak karena bunyi bebatuan yang jatuh bersama jatuhnya air ke bawah hingga menimbulkan bunyi glotak-glotak.

13. Coban Jahe

Coban Jahe terletak di Desa Pandansari Lor, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang atau sekitar 23 km dari Kota Malang. Untuk menuju ke air terjun ini, ikuti saja jalan menuju tumpang. Nanti sebelum masuk Tumpnag ada pertigaan dengan papan penunjuk arah menuju Coban Jahe, lalu belok kiri dan ikuti jalan yang ada hingga sampai di air terjun ini. Lokasi air terjun ini sangat dekat dengan parkirannya, jadi kita tidak perlu capek-capek jalan kaki dengan jarak yang jauh.

Coban jahe memiliki ketinggian sekitar 45 meter. Meskipun tidak tinggi-tinggi amat, tetapi hawa sejuk bisa kalian rasakan jika berada di air terjun ini dan juga pemandangannya tidak kalah indah dengan coban-coban lain yang lebih tinggi.

Baca juga info Coban Jahe selengkapnya

14. Coban Tangkil
coban tangkil
Sumber: www.photomalang.com

Coban Tangkil terletak di Desa Pandansari Lor, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang. Untuk menuju ke air terjun ini, ikuti saja jalan menuju ke Coban Jahe. Kemudian perjalanan dilanjutan denga berjalan kaki dari Coban Jahe menuju ke Coban Tangkil kurang lebih 3 km atau 1 jam perjalanan.

Lokasi air terjun ini memang berada di atas Coban Jahe, dimana lokasinya terletak di antara pegunungan yang memisahkan Desa Pandansari Lor dan Desa Taji. Siapkan perbekalan dan fisik untuk menuju jika kalian berniat mengunjungi Coban Tangkil karena trek yang dilalui cukup berat dan menguras tenaga.

15. Coban Siuk
coban siuk
Sumber: panoramio.com

Coban Siuk terletak di Desa Taji, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang. Untuk menuju ke air terjun ini ikuti jalan yang sama dengan ke Coban Jahe. Nanti di pertigaan pintu masuk Coban Jahe, belok ke kanan menuju ke Desa Taji.

Jika kalian berwisata ke air terjun ini, kalian bisa sekaligus mengunjungi Coban Sisir karena lokasinya berdekatan. Cuma beda beberapa meter saja. Coban Siuk memiliki ketinggian 90 meter. Pemandangan yang ditawarkan terbilang indah dengan hawa sejuk khas pegunungan.

16. Coban Sisir
coban sisir
Sumber: kompasiana.com

Coban Sisir berada pada lokasi yang sama dengan Coban Siuk dan tentu saja akses menuju ke air terjun ini juga sama dengan ke Coban Siuk. Air terjun ini memiliki ketinggian yang lebih rendah daripada Coban Siuk.

17. Coban Jidor
coban jidor
Sumber: www.maringetrip.com

Coban Jidor terletak di Desa Ngadirejo, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, Jawa Timur . Untuk menuju ke air terjun ini ikuti jalan kea rah Tumpang . Nanti setelah melewati gapura selamat datang ada pertigaan dengan papan penunjuk arah menuju Coban Jahe, lalu belok kiri kemudian di pertigaan pertama belok kanan hingga sampai di Desa Ngadirejo. Selanjutnya tinggal iktui papan penunjuk arah yang akan mengarahkan kalian air terjun ini. Setelah itu perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki selama 1 jam untuk sampai di lokasi air terjunnya.

Coban Jidor memiliki ketinggian sekitar 10 meter saja, namun debit airnya cukup deras. Suasana di Coban Jidor tergolong sunyi dan cocok untuk kalian yang ingin menjauh dari keramaian namun dengan perjalanan yang cukup menantang.

18. Coban Jodo/Cinde
coban jodo cinde
Sumber: dolandolen.com

Coban Jodo terletak di Desa Ngadirejo, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang. Letaknya memang berada satu desa dengan Coban Jidor. Untuk menuju ke air terjun ini ikuti saja jalan yang sama seperti ke Coban Jidor. Nanti di Desa Ngadirejo terdapat pertigaan ambil jalan lurus yang menanjak untuk menuju ke Coban Jodo. Selanjutnya, kalian harus berjalan kaki sekitar 1-1,5 jam untuk sampai di lokasi air terjun. Perjalanannya bisa dibilang menantang karena kita harus menuruni bukit dan menyusuri aliran sungai.

Di kawasan Coban Jodo ini terdapat 4 coban yang bisa kamu nikmati keindahannya, antara lain Coban Kricik, Coban Arema, Coban Suko, dan juga Coban Jodo itu sendiri.

19. Coban Pelangi
Coban Pelangi
Sumber: www.tabloidwisata.com

Coban Pelangi terletak di Desa Gubug Klakah, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, sekitar 32 km dari Kota Malang. Untuk menuju ke air terjun ini ikuti saja jalan menuju ke Ranu Pani/Ngadas/Bromo via Tumpang. Lokasi pintu masuknya berada di pinggir jalan tersebut. Selanjutnya perjalanandilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 1 km untuk sampai dilokasi air terjun.

Coban Pelangi memiliki ketinggian 110 meter dengan debit air yang deras sehingga menimbulkan suara gemuruh. Jika cuaca sedang cerah makan akan muncul bias pelangi di sekitar air terjun.

Baca juga info Coban Pelangi selengkapnya

20. Coban Sumber Pitu Tumpang
Sumber: dolandolen.com

Coban Sumber Pitu terletak di Desa Duwetkrajan, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Ikuti saja jalan menuju ke Desa Gubug Klakah. Nantinya di Gubug Klakah terdapat pertigaan lalu belok kiri kea rah Desa Duwet Krajan. Carilah Balai Desa Duwet Krajan untuk menitipkan kendaraanmu kemudian perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 2 km menuruni bukit.

Hal yang unik di sumber pitu ini adalah aliran airnya yang langsungmenyembur dari dalam tebing. Dengan Debit sumber air di Sumber Pitu mencapai 1.600 L/detik sehingga banyak orang percaya bahwa sumber dan debit air yang keluar tersebut adalah sebuah sungai di bawah tanah. Masyarakat setempat percaya bahwa Sumber Pitu masih ada hubungannya dengan Gunung Bromo. Di sekitar lokasi air terjun ini juga terdapat sebuah air terjun yang bernaman Coban Ringin Gantung.

21. Coban Ringin Gantung

Coban Ringin Gantung letaknya hanya beda beberapa meter saja dari Coban sumber pitu. Rute dan akses untuk menuju ke air terjun ini sama dengan ke Coban Sumber Pitu.

22. Coban Bidadari
coban bidadari
Sumber: travelingyuk.com

Coban Bidadari terletak di Desa Desa Gubugklakah, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Untuk menuju ke air terjun ini ikuti saja jalan menuju ke Ranu Pani/Ngadas/Bromo via Tumpang. Jika kamu menemukan gerbang TNBTS berarti kamu sudah sampai di lokasi coban bidadari malang.

Coban Bidadari lebih terkenal karena spot fotonya (gardu pandang) yang memiliki pemandangan indah ketimbang air terjunnya itu sendiri.

23. Coban Trisula
coban trisula
Sumber: malang.merdeka.com

Coban Trisula terletak di Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Untuk menuju ke air terjun ini ikuti saja jalan menuju ke Ranu Pani/Ngadas/Bromo via Tumpang. Lokasi pintu masuknya berada di pinggir jalan tersebut. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 700 meter.

Mengapa disebut dengan Coban Trisula? Karena air terjun tersebut jatuh kesungai sebanyak tiga tingkat, yaitu Coban Atas ( Air Terjun Pertama dari curahan sungai/kali lajing), dibawahnya berupa Coban Tengah ( Air Terjun Kedua yang bersumber dari aliran air terjun pertama dengan kolam penampungan air dibawahnya ). Coban Bawah ( Air Terjun Ketiga yang bersumber dari aliran coban tengah). Coban Bagian terakhir ini memiliki ketinggian sekitar 11 m dan posisinya agak tersembunyi.

24. Coban Ciblungan
coban ciblungan
Sumber: www.kanalmalang.net

Coban Ciblungan terletak di Desa Purwoharjo, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang. Untuk menuju ke air terjun ini, ikuti saja jalan raya Malang-Dampit-Ampelgading-Lumajang. Nanti sebelum gapura perbatasan Malang-Lumajang terdapat papan petunjuk yang mengarahkan kalian menuju air terjun ini.

Aliran ir dari Coban Ciblungan bisa dibilang unik karena terdapat satu aliran utama yang jatuh dari atas tebing sementara di sekelilingnya terdapat beberapa aliran air yang keluar dari dalam tebing/tanah.

25. Coban Telaga Warna (Panca Warna)
coban telaga warna
Sumber: malang.merdeka.com

Coban Telaga Warna terletak di Desa Sidorenggo, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang. Untuk menuju ke air terjun ini ikuti saja rute yang sama dengan ke Coban Ciblungan. Nanti sebelum sampai di Coban Ciblungan terdapat persimpangan. Nah dipersimpangan itu kalaian akan menemukan papan penunjuk arah menuju ke Coban Telaga Warna. Jalan setapak menuju ke lokasi air terjun bisa dibilang cukup curam. Maka dari itu kalian harus tetap berhati-hati .

26. Coban Gintung
coban gintung
Sumber: cobanmalangraya.blogspot.co.id

Coban Gintung terletak di Desa Sidorenggo, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang. Lokasi air terjun ini tidak jauh dari Coban Telaga Warna, jadi jika kalian berkunjung ke Coban Telaga Warna ya kenapa tidak sekalian saja ke air terjun ini?

27. Coban Goa Naga
coban goa naga
Sumber: phinemo.com

Coban Goa Naga berada dalam satu kawasan dengan Coban Gintung. Lokasinya berada di atas Coban Gintung itu sendiri.

28. Coban Tundo
coban tundo
Sumber: asliindonesia.net

Coban Tundo terletak di Desa Sidoasri, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Untuk menuju ke air terjun ini, ikuti saja jalan menuju ke Pantai Sendang Biru. Nanti jika sudah sampai di Kantor Kelurahan Sukodono, terdapat papan penunjuk arah menuju ke Coban Tundo.

Ada 3 air terjun di Kawasan Coban Tundo ini, antara lain Coban Tundo 1, Coban Tundo 2 dan Coban Tundo 3. Masing-masing letaknya berdekatan.

29. Coban Nirwana/Coban Mbok Karimah
coban nirwana
Sumber: tempatwisatapantai.com

Coban Nirwana terletak di Desa Gedangan, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. Air terjun ini letaknya tidak jauh dari Pasar Gedangan, kalian bisa bertanya kepada warga sekitar jika sudah sampai di pasar tersebut.

Coban Nirwana merupakan air terjun berundak yang terdiri dari 2 tingkatan. Aliran air di Coban Nirwana cukup deras terlebih jika di musim penghujan.

30. Coban Baung
Sumber: www.keluyuranbertiga.com

Coban Baung terletak di Desa Balesari, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang. Lokasi air terjun ini hanya beberapa kilometer saja dari Pesaren Gunung Kawi. Jadi kalau kebetulan sedang main di daerah Pesarean, taka da salahnya untuk mampir ke coban ini.

*Bonus! Berikut ini coban-coban yang letaknya dekat dengan Malang raya namun berada di Kabupaten lain.

31. Air Terjun Tumpak Sewu/Coban Sewu
coban sewu
Sumber: kabarwisata.com

Coban Sewu terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang. Untuk menuju ke air terjun ini, kalian harus menempuh rute Malang-Bululawang –Dampit-Pronojiwo. Sekitar 100 meter setelah tugu perbatasan Malang dan Lumajang , ada gang menurun di kanan jalan. Ikuti jalan tersebut dan kamu akan sampai di lokasi air terjun tumpak sewu. Jika ingin turun ke lokasi air terjun, maka kalian harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Tetaplah berhati-hati karena treknya tergolong ekstrim.

32. Air Terjun Goa Tetes
goa tetes
Sumber: www.tabloidwisata.com

Goa Tetes terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang. Untuk menuju ke air terjun ini, ikuti rute yang sama dengan ke Coban Sewu. Terdapat papan penunjuk arah dipinggir jalan raya menjelang sampai di lokasi. Untuk mencapai lokasi air terjun, kalian harus berjalan kaki terlebih dahulu. Oh iya, kalian juga bisa ke Coban Sewu lewat Goa Tetes ini.

33. Air Terjun Kapas Biru
kapas biru
Sumber: www.vemine.com

Kapas Biru terletak di Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang. Untuk menuju ke air terjun ini, ikuti jalan menuju ke Pronojiwo. Setelah sampai di Polsek Pronojiwo, ikuti banner penunjuk arah menuju ke parkiran air terjun. Selanjutnya perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 1,5 km.

Air terjun Kapas Biru berada di ketinggian 500 mdpl dan memiliki tinggi sekitar  100 meter  dengan debit air yang deras.

34. Coban Watu Ondo
watu ondo
Sumber: wisataa.com

Coban Watu Ondo terletak di Desa Pacet, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Untuk menuju ke air terjun ini, ikuti saja jalan menuju ke Cangar/Pacet. Letaknya berada di pinggir jalan raya sesudah Cangar.

Untuk mencapai lokasi air terjun, kalian harus berjalan kaki sejauh 200 meter. Kawasan ini terdiri dari 2 air terjun. Yang pertama memiliki ketinggian sekitar 69 meter sedangkan yang kedua memiliki ketinggian sekitar 15 meter.

35. Coban Baung Pasuruan
coban baung pasuruan
Sumber: www.indonesia-tourism.com

Coban Baung Pasuruan terletak di Desa Cowek, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan. Lokasi air terjun ini berada di belakang Kebun Raya Purwodadi.

Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa follow IG & Twitter kami di @myparadizee dan like fanspage kami @myparadizee  (juga). Share artikel ini jika dirasa memberikan manfaat, terima kasih.

About Muhammad Iqbal Maulana

Sedikit mengeluh dan banyak berbagi. Untuk kepentingan kerjasama, buka halaman Kerjasama dan Review

View all posts by Muhammad Iqbal Maulana →

3 Comments on “35 Air Terjun di Malang Yang Indah dan Menunggu Untuk Kamu Jelajahi”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *