3 Jenis Kompor Outdoor yang Harus Kamu Ketahui!

kompor outdoor

Mendaki gunung merupakan kegiatan yang menantang namun juga menyenangkan. Mendaki gunung memerlukan persiapan yang matang baik dari fisik, mental sampai ke peralatan. Ada banyak peralatan mendaki gunung, salah satunya adalah kompor. Benda ini sangatlah penting karena menyangkut urusan perut. Coba kalian bayangkan jika tidak ada kompor, mau masak pakai apa coba? Hehe. Untung-untung kalau membawa makanan yang sudah siap makan.

Menurut jenis bahan bakarnya, kompor outdoor terdiri dari 3 jenis yaitu kompor berbahan bakar padat, cair dan gas. Berikut ini penjelasannya.

1. Kompor berbahan bakar padat
kompor outdoor
Sumber: backpackingsamurai.com

Jenis kompor ini umumnya menggunakan bahan bakar parafin.  Bentuk dari kompor paraffin bias terbilang cukup ringkas, hanya terdiri dari parafinnya itu sendiri dan tungku kecil yang bias dilipat. Cara menyalakannya pun cukup mudah yakni dengan menyulut ujung parafin dengan korek api dan perlahan api akan menyebar dengan sendirinya. Jika kalian tertarik, kompor parafin bias dibeli di toko-toko yang menjual peralatan tentara. Harganya pun cukup murah, tidak sampai 50k (dapat parafin + tungku).

2. Kompor berbahan bakar cair
kompor spiritus
Sumber: outdooraustralia.com

Jenis kompor ini umunya menggunakan bahan bakar alcohol dan spiritus. Kompor jenis ini biasanya dijual satu paket dengan cooking setnya, contoh Trangia, dll. Kompor jenis ini juga bisa dibuat dari kaleng bekas minuman jika kalian memiliki budget terbatas dan suka bereksperimen.

Kelebihan kompor jenis ini yakni bisa dinyalakan dalam suhu rendah sekalipun dan perawatannya yang mudah. Sedangkan kelemahan kompor jenis ini yakni bahan bakarnya yang berat, waktu memasak yang lebih lama daripada kompor gas, dan ada beberapa kompor yang tidak bisa dikontrol apinya (kalua tidak ada simmer ring-nya).

3. Kompor berbahan bakar gas
kompor outdoor
Sumber: theadventurejunkies.com

Jenis kompor mungkin paling banyak digunakan karena kepraktisannya. Tinggal pasang gas dan kemudian nyalakan apinya. Waktu memasak menggunakan kompor ini lumayan cepat jika dibandingkan dengan kompor berbahan bakar cair. Namun kompor gas juga memiliki kelemahan, yakni jika suhu bahan bakarnya (gas) terlalu rendah maka nyala api akan tersendat-sendat. Jadi ada baiknya tidak meninggalkan kompor berada diluar tenda. Untuk mengatasi hal tersebut, kalian bisa mengocok-ngocoknya sampai terasa agak hangat kemudian pasangkan dan nyalakan apinya.

Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa follow IG & Twitter kami di @myparadizee dan like fanspage kami @myparadizee  (juga). Share artikel ini jika dirasa memberikan manfaat, terima kasih.

About Muhammad Iqbal Maulana

Sedikit mengeluh dan banyak berbagi. Untuk kepentingan kerjasama, buka halaman Kerjasama dan Review

View all posts by Muhammad Iqbal Maulana →

One Comment on “3 Jenis Kompor Outdoor yang Harus Kamu Ketahui!”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *