11 Gunung di Indonesia yang Terkenal Angker dan Bikin Merinding

gunung angker

Gunung merupakan salah satu bentang alam yang mempunyai keindahan tersendiri. Keindahannya menjadi magnet bagi para pendaki untuk mengunjunginya. Dibalik sisi keindahannya, setiap gunung mempunyai sisi mistis tersendiri. Banyak mitos-mitos yang berkembang di beberapa gunung di Indonesia sehingga menimbulkan kesan angker.

Hal tersebut memang tak terdengar aneh, karena pada dasarnya setiap tempat pasti dihuni oleh makhluk halus. Namun ada yang sering menampakkan diri dan ada yang tidak. Selain itu keberadaan mitos-mitos tersebut juga didukung oleh pandangan masyarakat sekitar gunung yang seringkali menganggap gunung sebagai tempat yang suci.

Pada artikel kali ini, saya akan coba merangkum daftar 11 gunung yang terkenal angker di Indonesia. Tanpa basa-basi lagi, berikut ini daftarnya:

1. Gunung Kerinci

Gunung Kerinci menyimpan misteri tentang keberadaan Uhang Pandak. Uhang Pandak merupakan sebutan penduduk Sumatera untuk Orang Pendek yang sering muncul dalam kisah paling menarik di antara masyarakat Sumatera. Sejak awal kemunculannya pada tahun 1900 an, hingga saat ini, makhluk kecil itu masih menjadi sebuah misteri yang belum pernah terpecahkan.

Pada tahun 1994, peneliti bernama Debbie Martyr, asal Inggris dari badan peneliti National Geographic Society, melakukan ekspedisi pencarian Uhang Pandak. Debbie Martyr juga mengumpulkan informasi dari orang-orang yang mengaku pernah melihat Uhang Pandak.

2. Gunung Halimun-Salak

Masih ingatkah dengan kejadian jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet 100 pada tanggal 9 Mei 2012 silam yang menewaskan seluruh penumpang dan awak kapalnya? Itu hanyalah salah satu dari beberapa kecelakaan maut pesawat yang meintasi gunung ini. Sejatinya Kawasan Gunung Salak merupakan kawasan yang harus dihindari bagi penerbangan. Namun banyak pihak yang mengaitkan kecelakaan tersebut dengan keangkeran Gunung Salak.

Gunung Salak memang terkenal dengan keangkerannya. Banyak fenomena-fenomena mistis yang terjadi di gunung ini antara lain mimpi basah berjamaah, penampakan nenek-nenek, penampakan binatang gaib, adanya kawasan kampong setan hingga misteri pendaki yang hilang.

3. Gunung Ciremai

Berdiri gagah sebagai gunung tertinggi di Provinsi Jawa Barat, tidak membuat gunung ini luput dari keangkeran. Terdapat beberapa tempat di gunung ini yang diyakini angker.

Yang pertama Batu Lingga, di tempat ini Nyi Lingga sering menampakkan diri dengan 2 macan tutulnya dan juga di tempat ini juga diyakini sebagai tempat persemedian Sunan Gunung Jati. Yang kedua tanjakan Bapa Tere, Nama tanjakan ini berasal dari kisah seorang bapak/ayah yang membunuh anak tirinya dan membuang jasadnya di area ini.

Selain beberapa tempat yang diyakini memiliki keangkeran, terdapat beberapa mitos yang berkembang di gunung ini antara lain sering terdengar suara gamelan, tradisi menghentakkan kaki ke bumi sebanyak tiga kali dan mengucapkan salam agar bisa terhindar dari makhluk gaib, penampakan jalak dan tawon hitam.

4. Gunung Slamet

Keberadaan Gunung slamet seringkali dihubung-hubungkan dengan ramalan Ki Jayabaya yang menyebut suatu saat Pulau Jawa akan terbelah dua. Menurut Jayabaya hal tersebut terjadi jika  Gunung Slamet meletus besar maka akan membuat parit besar atau selat yang menyatukan laut selatan dan utara. Mitos tersebut semakin kuat lantaran letak Gunung Slamet yang berada di tenga-tengah Pulau Jawa.

Jika kalian mendaki Gunung Slamet via Jalur Guci, maka kalian akan mendengar mitos tentang manusia kerdil. Konon katanya, makhluk tersebut dulunya merupakan pendaki yang tersesat dan mencoba bertahan hidup dengan memakan daun-daunan.

5. Gunung Lawu

Gunung Lawu terkenal sebagai tempat peristirahatan terakhir Prabu Brawijaya V, tak ayal gunung ini menjadi tempat yang penuh dengan mitos. Adapun mitos-mitos itu antara lain burung jalak yang memandu pendaki, keberadaan kupu-kupu khas Gunung Lawu, larangan memakai baju warna hijau, larangan mendaki dengan jumlah ganjil, dan kepercayaan bahwa Gunung Lawu memiliki nyawa.  Selain itu, Gunung Lawu juga memiliki lokasi yang dipercaya sebagai tempatnya pasar setan. Untuk informasi yang lebih detail, kalian bisa membaca artikel dibawah ini.

Baca juga: 8 Mitos dan Misteri Gunung Lawu yang Patut Kalian Ketahui

6. Gunung Arjuno

Gunung Arjuno terkenal angker karena mitos-mitosnya, antara lain larangan memakai baju warna merah, larangan mendaki dengan jumlah ganjil, dan suara gamelan yang erat denan ritual ngunduh mantu.

Selain mitos-mitos tersebut, di gunung ini terdapat lokasi yang bernama Alas Lali Jiwo yang seringkali menyesatkan pendaki dengan niatan yang buruk. Gunung Arjuno juga memiliki pasar setan yang terkenal dengan nama Pasar Dieng. Untuk informasi yang lebih detail seputar mitos dan misteri Gunung Arjuno, kalian bisa membaca artikel di bawah ini.

Baca juga: 5 Mitos dan Misteri Gunung Arjuno yang Wajib Kamu Ketahui

7. Gunung Argopuro

Gunung Argopuro diyakini sebagai tempat sebuah kerajaan yang dipimpin oleh seorang perempuan cantik yang bernama Dewi Rengganis. Beliau merupakan putri Prabu Brawijaya yang diasingan karena buah hubungan gelap dengan salah satu selirnya.

Di gunung ini terdapat sebuah sabana bernama Cikasur yang menyimpan kisah berdarah pada masa penjajahan. Sabana tersebut dulunya merupakan sebuah bandara yang dibangun oleh kaum pribumi. Setelah bandara tersebut selesai dibangun, para penjajah membantai kaum pribumi dan menguburnya di tempat tersebut.

Selain Cikasur, terdpat sebuah tempat penuh misteri yang bernama Danau taman Hidup. Danau ini merupakan tempat favorit Dewi Rengganis.

8. Gunung Raung

Lokasi Gunung Raung dipercaya sebagai tempat berdirinya kerajaan Macan Putih yang dipimpin oleh Prabu Tawang Alun. Beliau merupakan salah satu suami dari Nyi Roro Kidul sang penguasa pantai selatan. Masyarakat sekitar Gunung Raung percaya bahwa Kerajaan Macan Putih masih ada hingga saat ini. Keberadaan Kerajaan Macan Putih sesekali terlihat oleh warga, terutama pada malam Jum’at Kliwon. Kemunculan Kerajaan Macan Putih ke alam nyata diyakini mempunyai maksud dan tujuan tertentu, salah satunya kunjungan Nyi Roro Kidul kepada sang suami, Prabu Tawang Alun.

Tak hanya sampai disitu, Kerajaan Macan Putih diyakini beberapa kali melangsungkan upacara pernikahan. Ketika upacara pernikahan berlangsung, hewan milik warga banyak  yang mati secara mendadak. Kematian hewan-hewan tersebut bukanlah tanpa penyebab, warga percaya bahwa kematian hewan-hewan tersebut sebagai upeti kepada para penguasa kerajaan yang moksa (menghilang tanpa jejak/bekas).

Selain itu, nama-nama pos di jalur pendakian Sumber Wringin menyimpan kisah yang menyeramkan. Untuk informasi lebih detail, kalian bisa membaca artikel di bawah ini.

Baca juga: Kisah Seram Dibalik Nama-nama Pos Pendakian Gunung Raung Via Sumber Wringin

9. Gunung Semeru

Gunung Semeru terkenal dengan sebuah tempat arcopodo. Nama tempat itu berasal dari kata arca pada yang berarti arca kembar. Konon katanya di sekitar arcopodo terdapat 2 buah arca kembar, namun tidak sembarang orang dapat melihatnya.

Selain itu dibalik keindahan Ranu Kumbolo, terdapat penunggu seorang wanita memakai baju kebaya kuning yang sering muncul pada saat bulan purnama.

10. Gunung Agung

Gunung Agung adalah gunung yang dikeramatkan oleh masyarakat Pulau Bali, karena mereka percaya bahwasanya di puncak Gunung Agung merupakan tempat bersemayamnya para dewa. Untuk mendaki gunung ini, para pendaki harus mematuhi aturan adat yang berlaku. Jika aturan tersebut dilanggar, maka kejadian mistis diluar nalar akan datang kepada kita. Maka dari itu mendaki gunung ini wajib didampingi oleh guide/pemandu.

11. Gunung Rinjani

Dibalik keindahannya, Gunung Rinjani menyimpan beberapa misteri yang patut kami ketahui. Gunung Rinjani diyakini masyarakat Lombok sebagai tempat bersemayamnya ratu jin, penguasa gunung Rinjani bernama Dewi Anjani. Pengikutnya adalah golongan jin yang baik-baik. Menurut kisah masyarakat Lombok Dewi Anjani adalah seorang putri raja yang tidak diijinkan oleh ayahnya menikah dengan kekasih pilihannya, maka ia pun menghilang di sebuah mata air yang bernama Mandala, dan akhirnya dia menjadi penguasa dunia gaib.

Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa follow IG & Twitter kami di @myparadizee dan like fanspage kami @myparadizee  (juga). Share artikel ini jika dirasa memberikan manfaat, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!